Asyiknya Mengunjungi Labuan Bajo

Nama Labuan Bajo mulai kondang sebagai salah satu destinasi wisata di Indonesia. Labuan Bajo merupakan kota nelayan yang terletak di ujung barat Flores, Nusa Tenggara Timur. Selain sebagai kota nelayan kecil, Labuan Bajo saat ini juga telah menjadi salah satu pusat pariwisata teramai di Flores. Kota ini adalah titik singgah bagi para traveler yang ingin melakukan perjalanan ke Pulau Komodo.

Sunset dramatis Labuan Bajo

Pemandangan alamnya menjadi modal yang menarik pengunjung, baik lokal maupun asing. Salah satu yang tidak boleh dilewatkan adalah pemandangan saat sunset di Labuan Bajo, yang mulai mengubah warna langit biru menjadi jingga. Matahari yang mulai tenggelam menciptakan siluet dramatis pulau-pulau kecil yang dekat dengan pelabuhan. Selain menikmati panorama sunset yang menakjubkan, ada beberapa hal yang dapat traveler lakukan ketika berkunjung ke Labuan Bajo.

Air terjun Cunca Wulang

Buat kamu yang suka menikmati keindahan alam dari dekat, kunjungi air terjun Cunca Wulang yang berlokasi sekitar 300 meter ke arah timur kota Labuan Bajo. Terdapat 3 air terjun di Cunca Wulang, namun untuk mencapai keindahan air terjun ini, kamu harus melakukan trekking melalui hutan selama kurang lebih 30 menit.

Traveler akan disuguhi pemandangan tebing-tebing tinggi dan air sungai berwarna biru yang jernih, menggodamu untuk menceburkan diri ke dalam air yang sejuk. Untuk traveler sejati yang menyukai tantangan dapat mencoba melompat dari tebing dengan ketinggian 3 sampai 10 meter. Kalahkan rasa takut dan rasakan sensasinya ketika meloncat.

Trekking di Taman Nasional Loh Liang

Jangan lewatkan kesempatan untuk trekking di Taman Nasional Loh Liang, yang mengajak traveler menikmati habitat asli dari hewan khas Indonesia. Di Taman Nasional Loh Liang yang terletak di Pulau Rinca, Manggarai Barat, Labuan Bajo, Flores, kamu bisa melihat dari dekat bagaimana kehidupan Komodo sesungguhnya. Untuk mencapai area ini, kamu harus menempuh perjalanan selama 3-4 jam dengan kapal.

Baca Juga: Wisatawan Bisa Lakukan Hal Menarik Ini Di Labuan Bajo

Perjalanan yang panjang itu akan terbayar dengan pemandangan savana yang indah. Di sini nantinya kamu akan dipandu oleh para ranger untuk menyusuri savana ke beberapa lokasi yang banyak disinggahi oleh komodo. Merupakan pengalaman yang tidak terlupakan saat kamu bisa melihat komodo dengan jarak sangat dekat, yaitu sekitar antara 2 sampai 3 meter. Karena cukup melelahkan, maka kamu wajib menyiapkan fisik dan stamina sebaik-baiknya ya.

Scuba diving dan snorkeling di Labuan bajo

Berkunjung ke Labuan Bajo tidak akan lengkap tanpa mencoba melakukan scuba diving dan snorkeling. Di sini dapat ditemui keragaman biota laut yang masih alami dan sayang untuk dilewatkan. Selama menyelam, traveler dapat menemukan banyak makhluk laut yang menarik. Mulai dari ikan pari manta, hiu, tuna, ikan kerapu, napoleon wrasse, ikan pari tutul biru, belut, ular laut, gurita, cumi-cumi, nudibranch, kepiting orangutan, dan masih banyak lagi.

Keindahan bawah laut juga dapat dinikmati menggunakan kapal yang ditawarkan oleh tempat-tempat pelatihan dan persewaan alat selam. Dari atas kapal, kamu bisa melihat jernihnya air laut serta terumbu karang yang tumbuh di dalamnya dengan mata telanjang.

Pulau Kanawa

Kini saatnya mengunjungi Pulau Kanawa. Bagi kamu yang tidak ingin berdiam diri di pulau, cobalah untuk melakukan snorkeling. Pulau ini merupakan habitat alami bagi terumbu karang, dengan beragam warna dan ikan-ikan kecil yang hidup di dalamnya.

Lelah mengeksplorasi keindahan bawah lautnya? Rilekskan pikiranmu dengan menyusuri tepi pantai yang memiliki pasir seputih susu, dengan perpaduan air laut jernih bergradasi biru hingga hijau toska. Kamu juga bisa mencoba hiking di bukit yang ada di pulau ini.

Bagi traveler yang ingin bersantai, gunakan kesempatan ini untuk menikmati keindahan pulau ini sambil memesan makanan yang ada di restoran. Menutup hari di Labuan Bajo tentu belumlah lengkap tanpa menyaksikan keindahan kaki langit pada saat senja menyongsong malam.

Pulau kalong

Untuk pengalaman menyaksikan matahari tenggelam yang seru, traveler bisa mengunjungi Pulau Kalong dengan menggunakan perahu sewaan. Berkunjung ke pulau ini, traveler akan disuguhi populasi kelelawar yang super besar. Waktu terbaik saat mengunjungi pulau ini adalah saat matahari mulai terbenam. Sambil merebahkan diri di atas kapal kita bisa memandangi pemandangan kelelawar bertebangan di langit yang berwarna jingga.

Lengkap ya kunjungan ke Labuan Bajo ini. Jangan ketinggalan memasukkannya ke agenda liburan selanjutnya ya. (jari adventure-det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *