Arsitektur Menawan dan Hanya Dibangun Semalam, 7 Masjid Terindah untuk Isi Liburan Religi

Berwisata tidak melulu soal pantai, gunung, atau aktivitas ekstrem. Ada kalanya kita yang beragama Islam melakukan wisata religi agar bisa memperdalam pengetahuan tentang Islam.

Sambil mengisi waktu liburan, wisata religi akan memberikan pandangan yang lebih luas tentang agama dan memperkuat iman.

Untuk melakukan wisata religi, Anda tidak perlu jauh-jauh singgah ke negeri lain. Sebagai negara dengan penduduk mayoritas muslim, Indonesia memiliki banyak masjid yang memiliki arsitektur menawan dengan ukuran yang sangat megah. Setiap daerah umumnya memiliki masjid sebagai landmarknya masing-masing. Mari kita simak destinasi wisata religi masjid terbaik di Indonesia :

1.       Masjid Al-Irsyad, Padalarang – Jawa Barat

Tempat ibadah  kaum Muslim yang satu ini sudah cukup populer terutama di kalangan masyarakat Jawa Barat. Masjid ini juga menjadi latar belakang siaran azan maghrib di salah satu stasiun TV.

Lokasinya berada di Jalan Parahyangan JM 2,7, Kota Baru Parahyangan. Masjid Al-Irsyad telah diresmikan di tanggal 27 Agustus 2010 lalu.

Masjid yang berbentuk segi empat dengan luas mencapai 1817 meter persegi ini ternyata hasil desain dari Wali Kota Bandung sendiri, Ridwan Kamil.

Anda tidak akan menemukan AC atau kipas angin di dalamnya, namun hawanya sangat sejuk dengan sirkulasi udara yang baik.

Dengan konsep bangunan yang ramah lingkungan, masjid Al-Irsyad sempat mendapatkan banyak penghargaan internasional, lho!

2.       Masjid Agung Jawa Tengah, Semarang – Jawa Tengah

Salah satu masjid ternama lainnya di Indonesia adalah Masjid Agung yang membawa arsitetur bergaya Jawa, Romawi dan Islam.

Masjid ini didesain oleh Pt Atelier Enam dengan kubah besar berdiameter 20 meter serta empat Menara dengan tinggi 62 meter pada bangunan utamanya.

Anda bisa melihat 25 pilar di kawsan pelataran masjid yang membawa gaya romawinya. Sekilas, terlihat kayaknya koloseum Athena. Lengkap dengan 6 payung raksasa mirip seperti Masjid Nabawi.

Ada juga Menara museum tentang Perkembangan Islam Jawa Tengah. Menara ini mencakup 19 lantai yang buka tiap hari Selasa-Minggu di jam 8 pagi hingga 3 sore hari.

3.       Masjid Agung Madani, Kabupaten Rokan Hulu – Riau

Kawasan Riau tepatnya di Kabupaten Rokan Hulu memiliki masjid yang sangat megah dengan daya tamping mencapai 20 ribu jamaah.

Ada 5 menara dimana salah satunya bisa digunakan. Masjid Agung Madani menjadi Islamic centre di Kabupaten Rokan Hulu.

Ada banyak sarana dan prasarana bahkan Anda bisa menemukan pohon kurma di sini, lho! Arsitektur dari masjid ini yaitu adanya sentuhan ornament batu hias serta lampu gantung dari bahan kuningan.

4.       Masjid Baitul Muttaqin, Samarinda – Kalimantan Timur

Menjadi masjid termegah kedua di kawasan Asia Tenggara, Masjid Baitul Muttaqin wajib untuk Anda kunjungi. Luas bangunan utama mencapai 43,5 ribu meter persegi serta latar depannya merupakan tepian Sungai Mahakam.

Masjid ini memiliki 15 lantai serta 7 menara yang mengelilinginya. Bangunannya memang terinspirasi dari Masjid Nabawi, namun kubahnya terinspirasi dari masjid Haghia Sophia, Turki. Sungguh keren, bukan?

Baca juga:

Masjid Raya Sultan Riau, Kemegahan Tempat Ibadah Sultan Riau Tertua di Pulau Penyengat

 

5.       Masjid Dian Al Mahri, Depok – Jawa Barat

Keunikan dari masjid yang satu ini adalah lima kubah yang dilapisi emas dengan ketebalan 2-3 milimeter serta mozaik kristal.

Masjid Dian Al Mahri juga sering disebut dengan nama Masjid Kubah Emas. Kubahnya terinspirasi dari bentuk Taj Mahal, India yang berdiameter 20 meter setinggi 25 meter. Di atas tempat imam terdapat relief hiasan yang juga terpahat dari emas 18 karat.

6.       Masjid Tiban, Turen – Malang, Jawa Timur

Arsitekturnya yang sangat menarik menjadikan Masjid Tiban sebagai lokasi wisata religi yang sering dikunjungi.

Kabarnya, masjid ini dibangun oleh pasukan jin selama semalam saja, lho! Mitos ini dipatahkan oleh fakta pembangunan masjid di tahun 1968 serta diresmikan pada tahun 1978.

Masjid Tiban memiliki 10 lantai dan luasnya mencapai 7 hektare. Ornamen masjidnya sekilas mirip dengan gaya arsitektur Spanyo, Antoni Gaudi. Kawasannya dilengkapi dengan area parkir, toilet, hingga tempat istirahat bagi pelancong.

7.       Masjid Rahmatan Lil-Alamin, Indramayu – Jawa Tengah

Masjid ini memiliki luas yang bisa menampung 100 ribu Jemaah di dalamnya. Terdapat 7 lantai dengan 5 buah kubah serta 1 menara.

Filosofi dari masjid ini sangat kuat. Ada bagunan yang berukuran 99×99 melambangkan jumlah Asmaul Husna, 4 kubah kecil melambangkan mazhab besar di dunia, serta 1 kubah besar melambangkan petuah Nabi Muhammad SAW yang menaungi 4 mahzab.

***

yuk, jangan ragu untuk memesan paket wisata tour religi ke berbagai destinasi wisata religi di Nusantara. Hubungi agen travel wisata terpercaya, Jari Adventure:

HP : 0812-22279979

WA : 0877-78906999

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.