Arsitektur 5 Gereja Terbesar se-Jagad, Bangunan Masa Lalu Terjaga Hingga Kini

Ada banyak gereja yang memukau di dunia ini. Mulai dari arsitektur yang unik khas tiap negaranya, hingga kemegahan bangunan yang bisa menampung ribuan umat yang beribadah.

Bangunan yang berasal dari masa lalu masih banyak yang terawat baik hingga kini. Salah satunya adalah gereja bersejarah yang arsitekturnya menawan dengan bangunan yang megah dan luas.

Peninggalan gereja dari masa lalu dibawah ini masih sangat terawatt hingga kini. Bahkan, gereja-gereja ini telah menjadi salah satu wisata favorit bagi umat Kristiani.

Keindahan arsitektur dan kemegahan bangunannya menjadi salah satu daya tarik turis untuk berkunjung sekaligus beribadah. Oleh karena itu, mari kita simak 7 gereja terbesar di Dunia yang patut Anda ketahui.

1.  Peter’s Basilica

wikimedia

Lokasi gereja yang pertama yaitu di Vatican City, Roma, Italy. Bangunan gereja ini sangat sangatlah megah. Tak heran jika gereja ini menjadi gereja terbesar nomer 1 di dunia!.

Sungguh keren, bukan? Bangunannya mencapai panjang 220 meter dengan lebar sepanjang 150 meter.

Bangunan terbesar dari gereja ini terletak di Roma. Dengan bangunan semegah itu, Peter’s Basilica bisa menampung umat hingga 60 ribu orang, lho!

romewise.com

Ukurannya yang sangat besar membuat pembangunan gereja ini cukup lama. 120 tahun lamanya waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan gereja yang selesai di tahun 1626.

2.  Basilica Of The National Shrine Of Our Lady Of Aparecida

bmwunstoppable

Dari Italy kini kita berpindah di Brazil. Negeri ini memiliki gereja megah yang dijuluki sebagai “The Largest Marian Temple in The World” di tahun 1984.

Saking megahnya, gereja ini masuk dalam posisi kedua gereja terbesar di dunia. Panjangnya mencapai 173 meter dan lebar sepanjang 168 meter.

Daily Light of Christ

Tiap acaranya bangunan ini bisa menampung umat Kristiani sebanyak 45 ribu orang, lho! Bisa dibayangkan betapa besarnya bangunan ini.

3.  Cathedral Of Seville

getyourguide.com

Gereja Cathedral of Sevill sering disebut juga dengan Catedral de Santa Maria de la Sede (Cathedral of Saint Mary of The See).

Gereja ini bisa Anda kunjungi di Spanyol. Memang masih ada perdebatan mengenai gereja ini yang menyatakan bahwa Cathedral of Seville merupakan gereja katerdal terbesar di dunia.

DK Eyewitness Travel

Luas gereja ini mencapai 11.520 sq m. Pembangunan gereja ini cukup lama, dari tahun 1402 hingga selesai di abad ke -16. Ada banyak kendala yang terjadi pada pembuatan gereja ini pada masa kerajaannya. Namun, gereja ini tetap terawat hingga saat ini dengan baik tentunya.

4.  Cathedral Of Saint John The Devine

jontheroadagain

Sebagai gereja terbesar nomor 4 di dunia, Cathedral of Saint John The Devine memiliki panjang 183,2 meter dengan lebar 70,7 meter.

Sangat luas, bukan? Namun, sayangnya gereja ini sempat terbakar di tahun 2001. Untungnya pemerintah United State telah memperbaikinya dimana pengerjaannya masih berlangsung hingga saat ini.

Flickr

Itulah asal dari julukan St Yohanes Unifinished pada gereja ini. Pengerjaannya yang sangat lama membuat julukan berdekatan dengan nama asli gereja ini.

5.  Liverpool Cathedral

liverpoolecho

Gereja terbesar nomor 5 di dunia ini merupakan gereja yang terletak di United Kingdom. Jika Anda lihat dari luar bangunan, kelihatannya memang tidak seperti gereja lainnya.

Bahkan, luasnya mencapai 9.600 meter persegi. Liverpool Cathedral atau The Cathedral Church of Christ menggunakan bahan bangunan dari batu pasir.

winterartsmarket

Terdapat lonceng katedral di menaranya namun terlihat sangat cantik. Menara gereja ini menjadi Menara terbesar dan tertinggi di dunia, lho!

Baca juga:

Perang Jeruk, Tomat, atau Air? 5 Festival Terunik di Dunia yang Bikin Tepok Jidat

 

6.  Church Of The Most Holy Trinity

pastorinhos

Gereja yang satu ini berada di negara Portugal dan berada di posisi ke 6 sebagai gereja terbesar di dunia. Bangunannya sepanjang 95 meter dengan lebar mencapai 115 meter. Arsitekturnya minimalis namun modern.

Pinterest

Uniknya, gereja ini dibangun hanya dalam waktu 3 tahun saja hingga 2007. Di dalamnya bisa menampung umat Kristiani sebanyak 9 ribu orang.

7.  Milan Cathedral

milanocard

Milan Cathedral biasanya disebut-sebut sebagai Duomo. Lokasinya berada di Milano. Bangunan tua ini dibangun di abad ke -13 dan selesai di tahun 1965.

Cukup lama untuk membangun sebuah gereja megah ini. Dengan kemegahan arsitekturnya serta karakternya membuat gereja ini sering disebut sebagai gereja terbesar di dunia.

Panjangnya mencapai 157 meter dan lebarnya 92 meter. Bangunan besar ini bisa menampung umat Kristiani mencapai 40 ribu orang.

worldtourismplace

Berkunjung ke gereja yang bersejarah di dunia bisa Anda jadikan sebagai goals di tahun ini. Selain bisa menikmati keindahan arsitektur lamanya, ini juga bisa dijadikan sebagai ajang memperkuat iman diri Anda sendiri. Jangan lupa untuk mempelajari sejarah dari tiap gereja yang Anda singgahi.

***

Agen travel wisata Jari Adventure menyediakan paket wisata rohani dan religi ke berbagai destinasi di Nusantara dan mancanegara. Hubungi:

HP : 0812-22279979

WA : 0877-78906999

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.