Antusias Sambut Ramadhan, Yuk… Berburu Takjil di Kota Keraton

Bulan puasa sebentar lagi. Jam yang paling dinanti ketika sedang berpuasa adalah jam berbuka. Jam berbuka di berbagai daerah berbeda-beda. Tapi kebiasaan orang Indonesia setiap akan memasuki waktu berbuka sama yaitu berlomba-lomba mencari takjil.

Sebenarnya makna takjil dalam bahasa arab berarti menyegerakan. Menyegerakan disini adalah menyegerakan berbuka ketika telah sampai waktunya. Agak aneh memang bila istilah takjil di Indonesia mengarah pada makanan untuk berbuka puasa. Makna takjil sebagai makanan berbuka memang istilah yang sudah mendarah daging di telinga masyarakat indonesia.

Menu takjil buka puasa amat beragam. Dari beragam macam menu takjil yang paling sering dicari adalah menu yang manis dan segar. Setelah seharian menahan lapar dan dahaga rasanya tak heran bila menu yang dicari adalah yang demikian. Selain itu, berbuka dengan yang manis juga merupakan anjuran Rasulullah SAW.

Bulan Ramadhan memang mendatangkan keberkahan sendiri bagi sebagian orang. Jumlah pedagang dadakan pun kian meningkat saat Ramadhan tiba. Dianggap ladang rezeki bagi sebagian orang, Ramadhan begitu dinanti kedatangannya. Pedagang takjil pun merebak dimana-mana, terutamanya di jalanan kota Jogjakarta. Ada beberapa rekomendasi bagi kamu yang akan berbuka puasa di kota Keraton. Mungkin kamu akan berlibur ke Jogja saat bulan Ramadhan, jangan lewatkan tempat berikut untuk berburu takjil.

  1. Pasar Ramadhan Kauman

www.jalanjogja.com

Pasar legendaris yang selalu diburu setiap ramahan tiba. Sesuai namanya, Pasar kauman berada di Kampung Kauman,Jl. Ahmad Dahlan. Meski terletak di gang sempit yang lebarnya tak sampai 2 meter, tak mengurungkan niat masyarakat untuk mengunjunginya. Aneka jajanan tradisional yang sulit dijumpai seperti Clorot, Sarang gersing, Kacang Kumbon, Lumpur, bubur Saren, Semar mendem, Serabi Kocor,dan Kipo ada di pasar ini. Asing dengan nama tersebut ? Penasaran? Kunjungilah pasar ini saat bulan Ramadhan untuk meredakan rasa penasaran kamu.

Tidak hanya jajanan, penjual makanan berat pun berbaris rapi menunggu para pembeli. Makanan khas dari pasar Ramadhan Kauman adalah Kicak. Terbuat dari beras ketan, gula,parutan kelapa ,nangka,pandan dan vanili kemudian dibungkus dengan daun pisang dijamin membuat lidah kamu bergoyang.

  1. Pasar Sore UGM

lembaranputih.hipwee.com

Menyediakan tempat untuk ngabuburit, meski hanya sekedar gelaran tikar lesehan, pasar ini menjadi buruan anak muda,utamanya para mahasiswa. Letaknya di sepanjang kawasan Lembah UGM, Bulaksumur, Sleman, Yogyakarta. Berada disekitar Universitas Gajah mada, pasar ini disebut pasar sore UGM.  Menawarkan aneka jajanan dan aneka minuman seperti kolak,es tebu, es dawet, sosis bakar,es buah, dan masih banyak jajan lainnya.

Bila mendekati adzan maghrib, kawasan ini penuh sesak oleh kendaraan bermotor yang akan parkir atau pejalan kaki yang sekedar mampir membeli takjil. Datanglah pukul 16.00 saat pasar ini baru buka agar tidak terjebak keramaian khalayak dan tidak kehabisan jajanan tentunya,

  1. Kampoeng Ramadhan Jogokariyan

blogspot.com

Berada di sepanjang jalan Jogokaryan. Kawasan jogokaryan dikenal sebagai kampung islami karena terdapat banyak pesantren dan beberapa gedung dakwah. Banyak makanan yang menggugah selera disini, Ada Sate Gajih atau sate kere, pempek bakar, dan aneka jajan lain juga minuman. Jenis makanan yang banyak akan membuat kamu bingung membeli yang mana, beli semuanya juga boleh,asalkan dimakan semua, kalau tidak, nanti mubadzir.

Baca juga:

Jalan-jalan ke Austria, Langkahkan Kaki ke 6 Destinasi Populer Ini

 

  1. Masjid Nurul Islam Jakal

tstatic.net

Ingin berbuka enak tapi kantong sedang tidak bersahabat, datanglah ke masjid ini yang menyediakan takjil gratis untuk jamaahnya. Tak tanggung-tanggung, Nasi padang menunya. Di depan masjid ini ada sebuah rumah makan padang, karena itulah masjid ini menyediakan takjil berupa Nasi padang secara gratis! Wah, kapan lagi?? Jika ingin datang kemari, Lokasinya berada di jalan Kaliurang KM 6.5.

Setelah berburu takjil, tunggulah kumandang adzan maghrib terlebih dahulu ya untuk menyantapnya. Jangan terburu-buru untuk memakannya. Sayang bila sudah seharian penuh kamu berpuasa menjadi batal gara-gara ngiler duluan. Tunaikan sholat maghrib sehabis menyantap takjil. Kewajiban sebagai umat muslim tidak boleh kamu tinggalkan. Jangan makan terlalu kenyang, makan yang ringan-ringan terlebih dahulu, menunaikan ibadah maghrib, kemudian baru makanan berat.

***

Melihat takjill yang ada di kota Jogja membuat kamu ingin ke Jogja? Gunakanlah Jari Adventure sebagai partner perjalanan kamu. Jari Adventure adalah agen pariwisata yang sudah berpengalaman melayani perjalanan kemana saja. Menawarkan harga yang realistis, kamu tidak perlu ragu untuk segera menggunakan jasa mereka. Jari Adventure, siap melayani kamu kapan saja, kemana saja.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.