Alternatif Pulau Bali, 5 Wisata Paling Menarik di Lombok

Lombok sering dianggap sebagai ‘kembaran Bali yang belum terjamah’ karena pantainya yang masih murni, air terjun tersembunyi, serta desa-desa yang asri dan dilindungi.

Sehingga membuat Lombok menjadi tempat menyenangkan untuk bersantai Bersama keluarga ditengah kesibukan. Apalagi suasana Bali yang penuh dengan wisatawan bisa membuat Anda pusing.

Memilih Lombok sebagai destinasi tujuan di liburan kali ini tidak akan membuat Anda menyesal. Banyak wisata seru dan menarik yang patut Anda coba. Apa saja? Simak berikut ini.

1.    Taman Wisata Pusuk Sembalun

Semua orang pasti sudah tahu indahnya pemandangan Gunung Renjani, bukan? Di sini Anda bisa melihat megahnya Gunung Renjani diantara kabut dan awan tanpa perlu mendaki.

Taman Wisata Pusuk Sembalun dapat memberikan pemandangan indah dari gunung Renjani tanpa perlu banyak aktivitas fisik, tepatnya di ketinggian 1250 meter diatas permukaan laut.

Jalannya sedikit berangin dan dikelilingi hutan, bukit, sawah, bahkan kebun stroberi indah. Sesampainya di sana, Anda bisa beristirahat dan menikmati indahnya view dari gazebo.

2.    Gua Bangkang

Gua Bangkang telah berusia hingga ratusan tahun dan berada di desa yang belum terjamah banyak wistaawan. DI sini Anda bisa mengambil banyak foto yang aesthetic dan unik.

Gua ini juga menjadi rumah bagi ribuan kelelawar. Sebelum matahari terbenam adalah waktu terbaik untuk berkunjung karena Anda bisa melihat kejadian keren ribuan kelelawar yang meninggalkan sarangnya dan keluar menuju senja.

3.    Bukit Pergasingan

Bukit Pergasingan berada di desa Sembalun. View persawahan membuat kawasan ini semakin terlihat eksotis. Bukit Pengasingan menjadi salah satu kawasan paling puitis yang ada di Lombok.

Di sini Anda bisa melihat indahnya pemandangan yang membentang jauh dengan Gunung Rinjani. Bukit ini juga menjadi alternative bagi para pendaki yang akan menuju Gunung Rinjani.

Tingginya mencapai 1700 meter di atas permukaan laut, sedangkan desa Sembalun berada di ketinggian 1100 meter di atas permukaan laut. Pengunjung hanya harus menaklukkan tinggi sekitar 600 meter.

Anda harus melewati bukit dan beberapa bagian lereng yang sudutnya hampir mencapai 70 derajat. Anda disarankan untuk berkemah semalam agar dapat menyaksikan indahnya matahari terbit di belakang Rinjani.

4.    Pantai Semeti

Pantai ini akan menghipnotis Anda dari keindahan bebatuannya. Batu-batuan di sini menyerupai kotak kristal seperti di Planet Krypton, planet tempat Superman dilahirkan.

Pantas saja pantai ini sering disebut Pantai Krypton. Pantai ini bahkan memiliki bebatuan yang terlihat seperti piramida yang kokoh di tengah lautan.

Pakailah sepatu tertutup yang tahan slip agar kaki aman dari jalanan yang berbatu dan kasar. Anda mungkin harus memanjat batu setinggi 20 meter untuk mencapai sisi bebatuan yang lain.

Di balik batu itulah Anda bisa mendapat indahnya pemandangan fenomenal dari Pantai Semeti.

baca juga:

Perairan Tosca Sejukkan Mata, Kecenya Edukasi Wisata Taman Sungai Mudal

5.    Air Terjun Lombok

Selain pantai, wisata air yang bisa Anda kunjungi di Lombok adalah air terjunnya. Mulai dari air terjun Mangku Sakti dengan erosi alaminya yang mengukir ngarai sehingga terlihat seperti marmer yang berliku.

Air terjun ini sangat indah dan airnya terlihat seperti susu karena kandungan belerang di dalamnya.

Ada juga air terjun Benang Kelambu yang terdiri atas 6 air terjun yang melalui pepohonan sehingga terlihat seperti tirai air.

Air terjun ini cukup mudah dijangkau dan terletak di kaki Gunung Rinjani. Pastikan membawa air dan beberapa makanan ringan untuk persediaan sebelum lapar.

Selain itu, ada juga air terjun Tiu Kelep yang berada di daerah terpencil. Air terjun ini mengharuskan Anda untuk merelakan watu dan tenaga karena perjalanannya mencapai 3 jam dari Mataram.

Jalannya penuh bebatuan, pohon tumbang, serta arus yang deras. DIsarankan untuk menyewa pemandu agar perjalanan lebih mudah.

Itulah beberapa wisata alam yang harus Anda jelajahi saat berkunjung ke Lombok. Kawasan asri nan cantik ini masih sepi dan cocok untuk Anda yang ingin refreshing. Bagaimana? Siap berpetualang?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.