Alam Hijau Terhampar, Tengok 6 Wisata Karanganyar yang Hanya Sejam dari Solo

Pernah berkunjung ke Karanganyar yang berada di provinsi Jawa Tengah? Jika belum, maka kawasan ini bisa menjadi pilihan berlibur Anda selanjutnya.

Karanganyar letaknya tak jauh dari kota Solo, yaitu hanya 15 km saja. Biasanya, jika Anda menggunakan paket wisata ke Solo, wisata Karanganyar juga akan diikutsertakan. Itu karena Karanganyar memiliki banyak wisata alam yang menarik.

Pantas saja Karanganyar memiliki wisata alam yang menakjubkan. Lokasinya yang berada di lereng gunung Lawu membuat Karanganyar memiliki alam yang sangat indah.

Udaranya juga sejuk dan asri, cocok bagi Anda yang ingin refreshing dari kepadatan kota. Apa saja wisata alam menarik yang ada di Karanganyar? Check this out!

1. Air Terjun Grojogan Sewu

Wisata alam pasti identic dengan air terjunnya. Nah, Karanganyar juga punya air terjun keren bernama Grojogan Sewu atau disebut juga Tawang Mangu.

Air terjun ini selalu ramai pengunjung karena udara yang sejuk serta pemandangan alamnya yang mempesona.

Namun, Anda harus menuruni anak tangga yang jumlahya mencapai 1250 buah untuk mencapai air terjun ini. Siapkan stamina Anda ya!

Tak perlu khawatir, rasa Lelah akan terbayar dengan pemandangan yang akan Anda lihat dari air terjun ini. Ada sebuah jembaan bernama kretek pegat di dekat air terjun, jembatan dengan arti jembatan putus ini ternyata memiliki cerita menarik.

Konon, pasangan yang melewati jembatan ini akan putus nantinya. Tentu saja ini hanya mitos, ya! Ada banyak kera yang berkeliaran jadi Anda harus berhati-hati pada makanan dan barang bawaan Anda.

2. Air Terjun Parang Ijo

Air terjun ini tak kalah kerennya dari air terjun Grojogan Sewu. Di sini merupakan air terjun dengan beberapa tingkat sehingga menambah pemandangan yang eksotis.

Airnya juga jernih dan segar. Pintu masuk Parang Ijo ternyata tidak jauh dari lokasi Grojogan Sewu. Ketika berada di pintu masuk, Anda harus menuruni tangga yang terdapat parit jernih di sampingnya.

Di sini anda bisa berfoto dan berbasah-basahan atau main air karena airnya tidak terlalu deras.

3. Air Terjun Jumog

Selanjutnya adalah air terjun Jumog yang letaknya cukup berdekatan dengan Tawang Mangu. Meskipun tidak terlalu terkenal seperti Tawang Mangu, namun air terjun ini patut Anda kunjungi.

Debit airnya tidak sederas di Tawang Mangu, namun pesona alam serta air terjunnya yang sejuk bisa menjadi pilihan Anda untuk sekedar refreshing sambil beristirahat.

4. Telaga Madirdo

Meskipun terletak di tempat yang tersembunyi dari Karanganyar, namun Telaga Madirdo juga wajib untuk Anda kunjungi. Lokasinya berada di Kecamatan Ngargoyoso, tak jauh dari air terjun Jumog.

Telaga ini memiliki air yang jernih serta terdapat sumber mata air yang alirannya menuju parit yang tak kalah jernihnya. Di sini Anda bisa berfoto, menikmati sejuknya udara, serta melihat pemandangan alam yang eksotis.

Baca juga:

Mau Travelling? Ini 6 Destinasi Wisata Primadona di Asia Tenggara

 

5. Kebun Teh Kemuning

Tak hanya air terjun, Karanganyar juga memiliki kebun teh yang sangat luas. Hamparan kebun teh yang hijau dapat membuat mata menjadi lebih rileks. Ada juga anak sungai yang jernih sehingga menambah kealamian kebun ini.

Jangan khawatir, di sini terdapat beberapa spot foto instagramable untuk menambah koleksi foto Anda di social media.

6. Bukit Paralayang

Setelah menikmati indahnya hamparan kebun teh yang hijau, selanjutnya Anda bisa pergi ke Bukit Paralayang. Sesuai Namanya, di sini Anda bisa mencoba olahraga paralayang yang memacu adrenalin.

Siapa sih yang tidak ingin mencoba paralayang dan tebang di atas hamparan kebun teh yang memukau? Ditambah lagi dengan udara yang sejuk. Pasti semua pengunjung ingin mencobanya.

Jika Anda belum handal dalam olahraga ini, tenang saja. Terdapat instruktur yang akan memandu Anda untuk terbang.

Namun, olahraga ini hanya akan dibuka jika langit dan cuaca sedang baik. Arah angin juga berpengaruh, jadi pastikan Anda datang di waktu yang tepat untuk mencoba olahraga esktrim ini.

Meskipun Karanganyar kurang dilirik wisatawan, ternyata tempat ini juga penuh akan wisata alam yang sangat mempesona.

Lokasinya yang masih sepi juga cocok bagi Anda yang ingin menikmati suasana damai sejenak dari jenuhnya pekerjaan. Selamat berlibur!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.