Akhir Jalan Daendels 1000 km Anyer-Panarukan dan 10 Destinasi Hits di Situbondo

Jawa Timur memiliki beragam kawasan dengan potensi wisata yang mengagumkan. Salah satunya adalah Situbondo.

Situbondo mungkin masih awam di kalangan wisatawan atau traveler, namun termasuk daerah yang layak untuk Anda kunjungi.

Ada beragam sarana, fasilitas, bahkan pemasaran yang siap untuk mengembangkan pariwisata di sini. Anda tidak akan dibuat kecewa ketika Anda berkunjung ke wisata-wisata di daerah Situbondo. Inilah beberapa spot wisata yang ada di kawasan Situbondo.

1.    Kampung Kerapu

Untuk segi budidaya ikan kerapu, Situbondo adalah salah satu tempat yang cukup berpotensi. Pemerintah Situbondo bahkan ingin menjadikan ikan ini sebagai ikon untuk menarik minat wisatawan.

Salah satu spot terbaik adalah dermaga apungnya yang berbentuk lingkaran. Pemandangan di sekitar dermaga juga sangat mempesona di berbagai titik pandang.

Saat malam hari, Anda akan dibuat takjub dengan pertunjukan air mancur di tenagh dermaga. Kampung Kerapu bisa Anda kunjungi di Dusun Gundil, Desa Klatakan, Kecamatan Kendit, Situbondo.

2.    Kampung Blekok

Kampung Blekok berada di Dusun Pesisir, Desa Klatakan, Kecamatan Kendit, Situbondo.

Wisata ini termasuk baru. Pemerintah Situbondo memanfaatkan hutan bakau yang mereka miliki untuk membuat wisata ini. Apalagi hutan bakaunya dipenuhi burung air jenis ardidae.

Ketika senja tiba, burung yang disebut sebagai blekok oleh masyarakat setempat akan pulang ke sarangnya, tepatnya di dalam hutan bakau.

Susana sunset yang menawan ditambah dengan burung-burung yang beterbangan tentu membuat sore Anda menjadi lebih menakjubkan.

3.    Pantai Pasir Putih

Untuk pantai yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Pantai Pasir Putih adalah salah satu yang paling dikenal dari Situbondo.

Tempat wisata ini sudah lengkap dengan fasilitas dan sarana yang memadai. Selain berenang, Anda bisa melakukan aktivitas seperti naik perahu, memancing, menyelam, hingga bermain di pasir.

Pantai ini berada di Dusun Kembang Sambi, Desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, Situbondo. Ketika Anda melewati jalan pantura, pesona dari pantai yang satu ini sudah pasti terlihat.

4.    Puncak Rengganis Argopuro

Selanjutnya adalah wisata Puncak Rengganis Argopuro, salah satu wisata yang ada di Desa Baderan, Kabupaten Situbondo. Bagi Anda yang suka mendaki, wisata satu ini bisa menjadi pilihan Anda.

Lingkungannya masih bersih lengkap dengan fasilitas yang memadai. Dijamin, Anda akan nyaman dengan wisata ini. Pesona keindahannya adalah daya tariknya untuk dikunjungi.

Bahkan, cerita mistis serta peninggalan di dalamnya juga menjadi daya Tarik tersendiri untuk pengunjung.

5.    Pantai Pathek

Pantai lainnya yang tak kalah menarik adalah Pantai Pathek. Lokasinya hanya 5 km dari Kota Situbondo. Pantai ini termasuk cukup ramai pengunjung meskipun di hari biasa.

Fasilitas dan sarananya juga cukup memadai. Ada banyak sekali warung-warung makan yang menyediakan olahan laut yang nikmat.

6.    Bajul Mati

Bajul Mati berada di perbatasan Banyuwangi dengan Situbondo. Tentu saja wisata ini wajib untuk Anda kunjungi. Daya tariknya berada pada gundukan tanahnya yang terlihat menyerupai raja ampat.

Ada banyak spot foto yang menarik di sini. Jika Anda memilih spot yang tepat dan pas, maka akan terlihat tak jauh berbeda seperti pemandangan yang ada di Raja Ampat. Fasilitasnya juga cukup lengkap.

7.    Pantai Tamporah

Pantai yang satu ini sedang dalam masa yang cukup hits. Lokasinya berada di Dusun Kalianget, Desa Banyuglugur, Kecamatan Besuki, Kabupaten Situbondo.

Uniknya, pantai ini tertutupi oleh lereng yang cukup tinggi saat Anda baru memasuki kawasan Situbondo. Namun, kini sarana dan prasarananya sudah dilengkapi, bahkan trek yang melewati lereng tinggi telah dipermudah.

8.    Air Terjun Talempong

Selain pantai, wisata air yang ada di Situbondo adalah air terjun Talempong. Lokasinya berada di Desa Talempong, Kecamatan Banyuglugur, Situbondo.

Lokasinya memang cukup tersembunyi, namun Anda bisa mencarinya di Google Maps. Pemandangan yang asri serta air terjunnya yang segar dari pegunungan akan membuat diri Anda semakin rileks ketika berada di sini.

baca juga:

Cocok Buat Petualang, Yuk Liburan Asyik ke 5 Destinasi Terapik di Magelang

 

9.    Monumen 1000 km Anyer Panarukan

Sesuai Namanya, monumen ini dibangun untuk mengenang pembangunan jalan yang panjangnya 1000 km dari Anyer hingga Panarukan di tahun 1807-1810 silam.

Monumen ini terletak di Desa Wringin Anom, Kecamatan Panarukan, Situbondo.

Ketika Anda melewati jalan pantura, sempatkan diri Anda untuk berhenti dan mengambil foto berlatarkan monumen yang satu ini tanpa biaya apapun.

10. Utama Raya Beach

Utama Raya Beach dulunya hanya untk penginapan hotel saja. Seiring berjalannya waktu, Utama Raya beach akhirnya dibuka untuk umum.

Anda hanya cukup membayar parkir dan masuk ke dalam wisata yang satu ini. Soal fasilitas tidak perlu diragukan lagi. Tempat ini berisikan hotel, café, mini market, pom bensin, bahkan taman yang asri.

Tanpa disangka, cukup banyak wisata yang ada di Situbondo, bukan? Wisata alamnya masih alami dan indah sehingga bisa membuat liburan Anda berwarna.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.