Akau Potong Lembu, Pusat Kuliner dan Tempat Nongkrong ala Tanjung Pinang

Akau Potong Lembu – Menyusuri jalan raya yang berlokasi di Tanjung Pinang. Kota ini terbilang cukup ramai. Kesan Melayu masih begitu melekat di kota ini, terlihat masih banyak menggunakan baju melayu orang-orang berjalan begitu juga dengan seragam anak-anak sekolah baju khas melayu dengan sarung yang dilipat dan dililitkan di bagian pinggang. Serta  tak lupa topi khas melayu-nya.

Lokasi Pulau bintan

Pulau Bintan karena memang letak geografisnya adalah kepulauan, dihuni oleh mayoritas orang-orang muslim melayu dengan mata pencaharian kebanyakan adalah nelayan. banyak suku dan etnis pendatang yang sengaja untuk mengadu peruntungan disana seperti Jawa, Padang, Tionghoa dan sebagainya, selain suku melayu asli juga.

Pantai Trikora

Walaupun petunjuk jalan masih minim. Namun, dengan bermodal peta yang didapatkan dari internet dan tanya sana-sini, tidak sulit menemukan lokasi Pantai Trikora.

Untuk berwisata dengan mengendarai mobil sewaan di pulau ini terbilang cukup mudah. Tak hanya itu saja, menyewa atau booking hotel on the spot alis spontan juga tak menemui kesulitan.

Ada lokasi Bintan Agro Beach Resort yang merupakan tempat peristirahatan berkelas, dengan suasana pesisir yang sangat eksklusif. Kemudian, untuk menginap Anda cukup merogh kocek sekitar Rp 450 ribu untuk mendapatkan kamar di Bintan Cabana Beach Resort. Resort ini memiliki emacam pantai pribadi dengan batu – batu besar serta jalanan untuk kawasan jogging track yang dinaungi pohon – pohon kelapa menjulang.

Pasar Lagoi

Sembari berburu sang surya tenggelam di pantai, Anda bisa menuju ke Lagoi Resort. Kemewahan fasilitas yang diperoleh pengunjung seolah berbanding lurus dengan banderol harga yang harus dibayar. Bahkan, semua memakai mata uang dollar Singapore.

Dari pantai trikora menuju Lagoi membutuhkan waktu satu jam.

Dari lagoi, ada pasar oleh – oleh yang tak jauh lokasinya. Kebanyakan menjual bermacam – macam pernak – pernik khas bintan. Seperti camilan ringan atau cinderamata khas daerah.

Akau Potong Lembu

Selepas dari tanjung pinang, Anda bisa menuju ke lagoi yang berjarak tempuh sekitar 1,5 jam perjalanan dengan kendaraan mobil sewaan.

Di sini ada pusat kuliner berupa akau potong lembu. Tepatnya di Jl. Potong Lembu Tanjungpinang.

Mengusung konsep tempat makan yang bersuasana terbuka, akrab dan berbagai macam jenis seafood khas daerah pesisir.

Jam operasional setiap sore, sekitar mulai jam 5 sore. Berbagai jenis makanan khas pulau Bintan, seperti otak – otak, ikan gulai, dan sebagainya tanpa meninggalkan sentuhan khas seafood.

Baca juga: Nikmati dan Kunjungi Kemewahan 4 Resort di Bintan Ini

Tak hanya itu, di pusat kuliner akau potong lembu, masyarakat atau pengunjung dapat menikmati aneka olahan makanan dari ikan, udang dan cumi – cumi. Sop ikan atau gulai ikan dan masih banyak lagi yang lainnya.

Yang paling unik adalah gonggong. Seafood ini adalah sejenis siput tetapi untuk memakannya harus mengambil dari dalam cangkang yang diungkit dengan tusuk gigi agar dagingnya bisa dikeluarkan dengan mudah.

Untuk menikmatinya, gonggong bisa dicocol ke sambal yang sudah tersedia. Dengan membayar sekitar Rp 25 ribu saja, gonggong sudah bisa dinikmati bersama segelas teh tarik hangat khas Melayu.

Akomodasi di sekitar akau potong lembu

Jika ingin berbau di sekitar daerah pantai Trikora atau kelong, ada satu penginapan yang tak kalah cozy. Yaitu, eli kelong. Di sini pengunjung bisa merasakan secara langsung hangatnya kebersamaan bersama masyarakat lokal alias nelayan.

Tarif per malam sekitar Rp 350 ribu lengkap dengan sarapan seadanya. Entah roti sandwich lapis, atau roti bakar maupun bihun goreng dan teh manis.

Berada di lokasi yang berdekatan dengan laut, maka pengunjung bisa dengan mudah menikmati sensasi memancing ikan di laut semalaman.

Jangan lupa, selepas pulang dari kawasan ini, sebelum ke arah pelabuhan Punggur – batam ataupun tanjung pinang. Mampir ke pertokoan Nagoya – Batam untuk melihat – lihat barang – barang elektronik terbaru yang dibanderol dengan harga miring.

Bagi Anda pecinta gadget pasti akan sangat sayang melewatkan petualangan berbelanja ke pertokoan elektronik Nagoya di Batam ini.

Semoga perjalanan Anda ke tanjung pinang, menyenangkan ya…

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *