Ajaib, Fenomena Laut Terbelah di Pantai Indonesia

Kisah Nabi Musa yang membelah laut merah mungkin sudah akrab di telinga kamu. Nabi Musa membelah lautan untuk menghindari kejaran Fir’aun dan bala tentarannya. Nabi Musa mendapatkan Mukjizat atau kelebihan dengan mengetukkan sebuah tongkat lalu terbelah lah laut merah dalam sekejab mata. Para pengikutnya pun akhirnya selamat dan berhasil lari dari kejaran Fir’aun yang congkak tersebut. Kisahnya ini akan selalu terkenang sepanjang masa.

Meskipun terdengar mustahil, namun bukti-bukti bahwa laut merah pernah terbelah ada. Laut terbelah kini tak hanya bisa kamu temukan di dalam Kisah nabi Musa saja, karena fenomena laut terbelah bisa kamu temukan di beberapa pantai di Indonesia. ‘Terbelah’ disini bukan dibelah oleh tongkat, melainkan diartikan terbelah karena air surut sehingga para turis atau wisatawan bisa berjalan diantara kedua bibir pantai. Penasaran? Berikutlah pantai-pantai tersebut.

Pantai Lariti, Bima , Nusa Tenggara Barat

Pantai Lariti terletak di wilayah selatan kabupaten Bima, tepatnya di Desa Soro, Kecamatan Lambu Sape. Lokasinya tidak terlalu jauh dari pelabuhan Sape, gerbang laut yang menghubungkan pulau sumbawa dan pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Perjalanan dari kota Bima sendiri sekitar satu jam bila menggunakan Mobil. Kabupaten yang memiliki luas 4.374,5 KM2 ini menawarkan pemandangan kawasan yang bergunung-gunung dan hanya mendapat musim hujan  kurang dari tiga bulan dalam satu tahun. Desa Soro sendiri merupakan desa yang cukup gersang, jalanannya berbatu dan berdebu yang baru diuruk.

Jikalau kamu tidak membawa kendaraan pribadi, tenang saja, karena ada mobil sewaan yang mematok harga sewa sekitar Rp 500.000 perhari atau Sepeda motor sewaan dengan harga sewa Rp 150.000 per hari. Pulau dan areal di Pantai ini pernah digunakan untuk penggembalaan ratusan ekor kuda milik Sultan Bima. Dikenal mulai tahun 2014, pantai ini mulai banyak dikunjungi oleh para wisatawan.  Pasang surut air laut di Pantai ini terjadi pukul 05.00-07.00 dan 15.30-19.00. Di saat pasang surut inilah kamu bisa menikmati pantai terbelah dua.

Pulau Dodola Kecil dan Pulau Dodola Besar, Morotai, Maluku Utara

Area Pulau Dodola di Maluku Utara layak disebut sebagai surga. Kawasan ini terdiri dari pulau Dodola Besar dan Pulau Dodola kecil. Kedua pulau ini akan tersambung saat laut sedang surut dan membentuk jalan pasir. Pesona Pulau tak berpenghuni ini memiliki kecantikanyang amat luar biasa dan akan membuat kamu tak berhenti berdecak kagum. Tercatat ada 13 titik penyelaman di tempat ini, sehingga pulau ini menjadi tempat favorit snorkling dan diving. Di dalam lautnya pun juga terdapat beberapa kapal dan pesawat terbang yang karam. Tak usah heran, Morotai memang pernah menjadi tempat peperangan antara Jepang dan Sekutu pada Perang Dunia ke-2.

Pulau Dodola terletak di sebelah barat Pulau Morotai. Dari Tobelo, perjalanan ditempuh menuju Daruba, dan dilanjutkan menggunakan seedboat menuju pulau Dodola yang memakan waktu 20 menit.

Pantai Ngurtafur, Kepulauan Kei, Maluku Tenggara

Pantai Ngutafur berada di Pulau Warbal yang masuk ke dalam Kepulaun Kei di Maluku Tenggara. Dari Kota tual, kamu harus menuju pelabuhan Debut. Dari pelabuhan Debut, kamu harus menyewa kapal dengan biaya sekitar Rp 700.00 – Rp 1.000.000, tergantung kamu dalam bernegosiasi. Kapal ini bisa menampung 10 – 15 orang penumpang, sewalah kapal ini bersama-sama agar lebih menghemat budget kamu. Panjang pantai Ngurtafur sendiri yakni sekitar 2 KM berliuk – liuk seperti ular bila dillihat dari ketinggian.

Hamparan pasir putih, bentangan laut biru, juga Ratusan burung bangau yang beristirahat setelah mencari ikan bisa kamu temukan di pantai ini. Bila kamu beruntung, kamu akan melihat kawanan penyu belimbing dan penyu tertua bernama ‘Tabob”. Pulau ini merupakan pulau tak berpenghuni, oleh karena itu, bawalah bekal sendiri sebab tidak ada orang yang berjualan.

Baca juga:

Serasa Liburan ke Luar Negeri! Ini Bukti Keindahan 6 Wisata Alam di Banyuwangi

***

Pantai – pantai diatas merupakan pantai yang unik dan sayang untuk dilewatkan. Meski untuk mencapai ketiga pantai tersebut perlu pengorbanan lebih seperti jarak yang cukup jauh, fasilitas yang belum memadai, pulau yang tak berpenghuni, dan masih banyak lagi tantangan lain bila ingin berkunjung kemari.

Untuk mempermudah kamu kesana, Gunakan saja paket perjalanan yang ditawarkan oleh Jari Adventure. Jari Adventure adalah agen perjalanan terdepan dan terpercaya dalam bidangnya. Tidak usah ragu, segera hubungi Jari Adventure sebagai partner perjalanan kamu.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.