Air Terjun Makunggal, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau

Air Terjun Makunggal – Panorama indah dan menawarkan sensasi hawa sejuk nan segar pegunungan. Air Terjun Makunggal menjadi primadona yang sedang naik daun di Kab. Lingga. Sejenak melepas penat dari rutinitas perkotaan, yuk melipir ke indah dan sejuknya Air Terjun Makunggal.

Lokasi dan Rute Menuju Air Terjun Makunggal

Tak banyak orang yang mengenal objek wisata yang satu ini, sehingga alam di sekitarnya masih benar-benar asri dan alami, yakni Air Terjun Makunggal. Air terjun Makunggal terletak di Desa Resun, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau. Lokasinya tak jauh dari Desa Resun, sekitar setengah untuk melintasi hutan dan mengikuti aliran sungai dengan pemandangan yang menabjudbkan selama perjalanan.

Dari pusat kota Kabupaten Lingga, air terjun dapat diakses dengan kendaraan bermotor dengan menghabiskan waktu sekitar 20 hingga 25 menit saja. Jika dari Batam, anda harus naik kapal terlebih dahulu menuju Tanjungpinang, kemudian menaiki kapal lagi ke Kabupaten Lingga atau anda bisa turun di Pelabuhan Pancur. Dari Pancur, terdapat dua alternatif menuju Resun, yakni jalur darat atau jalur laut.

Baca juga: Air Terjun Gunung Lengkuas, Sejuk dan Tenangkan Pikiran

Untuk jalur darat, anda bisa menyewa ojek dengan lama perjalanan sekitar 30 menit. Jika jalur laut, dapat menggunakan speed boat dengan waktu tempuh 20 menit.

Yang Ditawarkan di Air Terjun Makunggal

Bila anda menyukai petualangan, air terjun yang satu ini mungkin cocok untuk anda. Akses untuk menuju air terjun dapat dibilang masih terbatas dan sulit untuk dilewati, sehingga membuat spot ini jarang dijamah oleh para pelancong. Letaknya yang sulit dijangkau, justru membuat Air Terjun Makunggal masih terjaga kealamiannya.Sebelum menuju air terjun, anda diharuskan untuk hiking selama kurang lebih 30 menit. Lelah selama perjalanan akan dibayar tuntas dengan pemandangan air terjun yang indah dengan dikelilingi oleh tebing.

Dikelilingi tebing dan bebatuan besar,  air terjun ini memiliki tinggi sepanjang 22 meter. Di depan tebing terbentang lubuk berair jernih, disana anda dapat bersantai sambil merasakan segarnya air terjun dan sejuknya udara Desa Resun. Desa Resun memang dikenal memiliki dua air terjun, yakni Air Terjun Resun dan Air Terjun Makunggal. Keindahan keduanya memang tak jauh berbeda, namun yang menjadi kelebihan Air Terjun Makunggal ialah terlihat lebih “gagah” dan benar-benar masih alami.

Tips Untuk Anda Yang Ingin Berkunjung

Bagi anda yang berniat mengunjungi Air Terjun Makunggal, mungkin beberapa tips ini dapat membantu :

Persiapkan Fisik

Perjalanan menuju air terjun cukup menguras fisik, meski hanya berjarak 30 menit dari Desa Resun, namun untuk sampai ke air terjun anda harus berjalan kaki dengan kondisi jalan yang cukup menanjak. Jadi, jangan lupa persiapkan fisik anda dengan baik.

Membawa Perbekalan Sendiri

Akses yang sulit, membuat di sekitaran air terjun belum terdapat penjual yang menjajakan makanan atau minuman. Untuk itu, lebih baik anda menyiapkan perbekalan dari rumah agar perut tidak keroncongan ketika sampai di sana.

Mengabadikan Momen di Spot Terbaik Desa Resun

Kalau sudah menapakkan kaki di Air Terjun Makunggal, wajib hukumnya untuk mengabadikan momen di spot terbaik yang ada di Desa Resun ini. Anda bisa memotret air terjun dengan berlatar tebing atau hutan, dan unggah ke sosial media. Agar banyak yang tahu bahwa Natuna memiliki surga tersembunyi yang terletak di Desa Resun.

Membawa baju ganti

Atmosfer udara yang sejuk dan dingin, kadang – kadang membuat baju basah karena terkena uap air terjun. Meskipun tidak deras, namun bagi yang rentan hawa dingin atau alergi dingin, bisa – bisa terkena masuk angin. Disarankan membawa satu baju ganti atau kaos dan jaket tebal untuk mencegah masuk angin.

Pakai sepatu atau sandal yang nyaman

Lokasi yang agak terpencil membuat pengunjung harus menelusuri jalan terjal yang curam. Tapi, jangan khawatir, jika mengenakan sepatu atau sandal yang tepat, jalur Air Terjun Makunggal masih memadai untuk dikunjungi. Gunakan sepatu kets atau sandal gunung yang memiliki alas sol mencengkeram kuat agar tidak mudah terpeleset atau terjatuh.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.