Air Terjun Gunung Lengkuas di Bintan yang Perawan

Air terjun gunung lengkuas – Tak hanya memiliki kekayaan potensi wisata pantai yang sudah mendunia, Kabupaten Bintan juga menyimpan pesona alam yang masih belum terjamah alias masih perawan. Salah satu obyek wisata alam di Bintan yang harus masuk list Anda  dalam musim liburan kali ini adalah Air Terjun Gunung Lengkuas.

Air Terjun ini tepatnya berada di Kelurahan Bintan Timur, Kabupaten Bintan. Kondisi air terjun ini masih sangat alami dan berada di kawasan hutan lindung, kilometer 22 dari Tanjungpinang. Ulasan lebih jauh tentang obyek wisata Air Terjun Gunung Lengkuas di Bintan dapat Anda temukan dalam artikel berikut ini!

Akses lokasi Air Terjun Gunung Lengkuas

Akses menuju obyek wisata Air Terjun Gunung Lengkuas terbilang sudah cukup bagus. Bagi Anda yang berangkat dari Tanjungpinang, sesampai di pertigaan simpang jalan arah Gunung Legkuas ambil belokan ke arah kanan. Kemudian Anda akan menjumpai jalan yang sudah teraspal bagus sekitar dua kilometer panjangnya. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan dengan melewati jalan tanah sepanjang sekitar 500 meter sampai menemukan sebuah pondok kecil di tengah kebun sayur.

Anda dapat memarkirkan kendaraan di tempat ini. Perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki disepanjang jalan setapak sejauh kira-kira satu kilometer. Kendaraan yang diparkir di area kebun ini tidak dipungut biaya sama sekali tetapi Anda harus tetap menguncinya meski kondisi sekitar terbilang aman.

Baca Juga:

Bintan Mangrove, Obyek Wisata Alam Sensasional di Kabupaten Bintan, Kep. Riau

Saat menyusuri jalanan setapak, Anda akan disuguhi pemandangan hutan lindung dengan berbagai jenis tanaman baik berukuran kecil maupun besar yang berada di bagian sisi kiri jalan.

Pesona Air Terjun Gunung Lengkuas

Sedangkan bagian sisi kanan dipenuhi dengan pemandangan hamparan tanaman sayur mayur, kebun jeruk dan mangga serta rerumputan. Jangan kaget bila Anda seringkali menjumpai ilalang atau tanaman rambat yang lebat yang menutupi lintasan jalan setapak. Keberadaan tanaman-tanaman ini akan menambah kesejukan saat Anda berjalan menuju lokasi air terjun.

Perjalanan selama 30 menit menyusuri jalan setapak seakan tidak terasa karena pemandangan hijau dari hutan lindung yang rindang dan juga kebun warga. Tak jarang terdengar kicauan burung yang semakain menambah keasrian suasana.

Beberapa puluh meter dari lokasi air terjun sudah terdengar suara gemericik jatuhnya air meski pemandangan asli air terjunnya sendiri belum terlihat. Rasa penasaran akan keindahan Air Terjun Gunung Lengkuas pun akhirnya terjawab.

Kolam pemandian Air Terjun Gunung Lengkuas

Begitu tiba di lokasi air terjun, Anda akan terpesona dengan keindahannya yang begitu menakjubkan. Airnya nampak bening berderai jatuh dari ketinggian sekitar 50 meter dan dikelilingi oleh pepohonan besar dan rindang. Airnya dingin menyegarkan dan berbuih putih mirip di lautan ketika ombak menerpa batu karang. Di lokasi air terjun, terdapat sebuah kolam berukuran sekitar 6 x 10 meter dengan kedalaman 1,5 meter yang berisi air bening dan dibatasi tanggul yang terbuat dari semen.

Di sekitar kolam, Anda dapat menjumpai dua bangunan balai-balai berukuran 3 x 3 meter yang dibuat dengan beton yang kokoh. Menilik angka yang tertera pada bangunan, balai-balai tersebut dibuat pada 2006. Bila mencari toilet, Anda bisa menemukannya di bagian sisi bawah. Namun sayangnya, fasilitas umum yang satu ini nampak kumuh dan tidak terawat.

Obyek wisata Air Terjun Gunung Lengkuas memiliki ketinggian 50 meter dari permukaan kolam. Air yang jatuh dari sumber alam ini tidak langsung mengenai kolam tapi terlebih jatuh diatas bebatuan hitam dibawahnya. Meski baru saja turun hujan, air yang jatuh tidak terlihat keruh.

Tips wisata ke Air Terjun Gunung Lengkuas

Tips bagi Anda yang ingin berwisata ke tempat ini datanglah dikala musim penghujan karena air terjunnya melimpah dan Anda bisa berenang di kolam air terjunnya. Air Terjun Gunung Lengkuas terlihat seperti bertangga tiga dimana masing-masing tangga memiliki tinggi sekitar 5 meter.

Air Terjun Gunung Lengkuas merupakan obyek wisata yang cocok bagi Anda yang mempunyai hobi berpetualang di alam terbuka dan ingin sejenak melepaskan diri dari hiruk pikuk serta kemacetan lalu lintas dan polusi udara yang biasa terjadi di kawasan perkotaan.

Udara yang segar alami dan air yang dingin seketika dapat menyegarkan pikiran Anda. Jangan lupa menyiapkan bekal yang cukup saat Anda datang ke Air Terjun Gunung Lengkuas sebab tidak ada penjual makanan dan minuman di lokasi. Daripada Anda kelaparan, lebih baik mempersiapkan diri dengan bekal yang memadai.

TIPS LIBURAN KE AIR TERJUN GUNUNG LENGKUAS

Air Terjun Gunung Lengkuas sebenarnya hanyalah sebuah bukit yang tingginya sekitar 200 meter. Sebutan gunung mungkin tidak tepat, tetapi sudah terlanjur populer dan dikenal oleh masyarakat secara luas.

Air yang terjun dari ketinggian 200 meter mungkin tidak terlalu deras, namun tetap mampu memberikan keindahan panorama alam yang sangat memukau. Sumber air dari perbukitan yang jernih dan segar memberikan kesejukan mata dan pikiran kepada para pengunjung.

Air yang terjun dari Air Terjun Gunung Lengkuas kemudian akan mengalir ke bawah sungai  yang membentuk seperti kolam di bawahnya. Saat musim hujan, debit air akan semakin berlimpah dan menambah derasnya aliran air sehingga para pengunjung bisa puas berenang dan bermain di bawah air terjun.

Penginapan Dan Fasilitas Umum Bagi Pengunjung

Air Terjun Gunung Lengkuas seperti kebanyakan wisata alam yang ada di pelosok daerah belum memiliki fasilitas umum yang memadai. Tetapi, fasilitas seperti toilet umum yang tertutup ataupun penginapan, bisa mencari di sekitar pemukiman penduduk yang ada di kaki bukit.

Berbagai kebutuhan sehari-hari termasuk peralatan mandi, bahan pokok makanan dan obat-obatan P3K juga sudah tersedia di toko atau warung di rumah-rumah penduduk setempat. Maklum saja, obyek air terjun ini belum begitu setenar Gunung Bromo atau wisata alam lain yang sudah mendunia, sehingga peralatan hiking pun juga tidak tersedia.

Bagi para pelaku wisata yang ingin melakukan pendakian tidak dibutuhkan peralatan yang berat atau lengkap, ikuti beberapa tips pendakian gunung lengkuas berikut:

Inilah tips-tips yang perlu diperhatikan

Meminta ijin mendaki ke atas bukit ke petugas setempat. Persiapkan diri untuk mendaki ke bukit gunung lengkuas dan meminta ijin kepada petugas ataupun masyarakat lokal. Hal ini berguna jika ada kondisi darurat, maka petugas akan sigap dan mengetahui keberadaan Anda.

Siapkan mental dan fisik yang prima. Liburan ke obyek wisata ini sama saja dengan berolahraga, oleh karena itu siapkan mental dan fisik yang prima agar Anda tidak terserang kelelahan atau dalam kasus yang serius bisa menyebabkan jatuh pingsan.

Meminta peta atau rute. Jika memungkinkan, mintalah rute atau peta kepada petugas yang ada di sekitar gunung.

Bawalah perlengkapan. Peralatan mendaki tetap harus dipersiapkan seperti tenda, senter, alat tidur, makanan instan dan sebagainya. Tidak lupa pula membawa baju hangat serta topi penghangat, suhu di atas gunung sangat dingin di malam hari. Anda juga perlu mempersiapkan kayu bakar agar bisa membuat api unggun untuk mengusir hawa dingin.

Atur bahan makanan dan logistik. Tergantung berapa hari ingin berkemah/hiking, atur bahan makanan dan logistik selama berkemah di atas. Bawalah pula losion anti nyamuk agar bisa beristirahat dengan nyaman dari gangguan serangga setiap saat.

Menjaga kebersihan lingkungan

Ingat untuk mengumpulkan sampah bekas bungkus makanan ataupun sisa-sisa pembakaran ketika api unggun. Kemudian, bawa kembali turun dari bukit agar lingkungan tetap terjaga kelestariannya.

Tertarik berwisata ke tempat ini? Jangan lupa ajak serta keluarga dan sahabat tercinta Anda bersama-sama menikmati keindahan obyek wisata Air Terjun Gunung Lengkuas yang masih perawan ini.

 

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *