Air Terjun Gunung Bintan, Rileksasi Alami dan Segar

Air Terjun Gunung Bintan – Tak ada yang dapat menyangkal bila Indonesia menyimpan potensi pariwisata yang beragam, sebut saja wisata alam, wisata budaya dan juga wisata sejarah. Menariknya, aneka pariwisata tersebut tersebar di seluruh wilayah di Nusantara dan setiap daerah biasanya memiliki keunikan potensi wisatanya masing-masing.

Salah satu jenis wisata yang paling digemari oleh semua kalangan adalah wisata alam, yang bisa berupa air terjun, pantai, pegunungan, hutan dan lainnya. Keindahan dan kekayaan alam Indonesia ini juga banyak digilai oleh wisatawan asing yang rela datang jauh-jauh dari negara asalnya untuk sekedar merasakan sensasi alam beriklim tropis.

Seperti Pulau Bintan yang berada di Kepulauan Riau yang menjadi jujukan para wisatawan asing karena memiliki pantai yang spektakuler serta ombak yang cocok untuk surfing. Tak hanya itu, Bintan juga memiliki sebuah obyek wisata lain yang menarik untuk dieksplorasi, yaitu Air Terjun Gunung Bintan.

Lokasi Air Terjun Gunung Bintan

Air terjun ini berada tepat di kawasan kaki Gunung Bintan yang juga merupakan salah satu obyek wisata alam yang banyak didatangi para pendaki baik dari dalam maupun luar negeri. Ingin tahu lebih jauh tentang obyek wisata Air Terjun Gunung Bintan? Yuk ikuti penjelasannya berikut ini!

Air Terjun Gunung Bintan merupakan obyek wisata yang amat populer dikalangan masyarakat Pulau Batam, Pulau Bintan dan juga daerah-daerah di sekitarnya. Hampir setiap hari kawasan wisata air terjun ini ramai dikunjungi oleh wisatawan yang ingin merasakan kesegaran dan juga jernihnya air.

Banyak juga pengunjung yang datang ke lokasi ingin menjernihkan pikiran dan merelaksasi diri. Biasanya, mereka duduk tepat di bawah jatuhnya air. Para pendaki yang akan menakhlukkan Gunung Bintan biasanya datang ke tempat ini sebelum melanjutkan perjalanan ke puncak.

Jalur Alam Menuju Air Terjun Gunung Bintan

Dari lokasi parkir yang ada di kawasan wisata ini, pengunjung yang akan menikmati keindahan dan kesegaran Air Terjun Gunung Bintan harus menaiki anak tangga yang lumayan banyak jumlahnya dengan ketinggian kurang lebih 300 meter.

Waktu yang dibutuhkan untuk menyusuri anak tangga ini sekitar 10 hingga 15 menit. Tak berbeda dengan air terjun lainnya, Air Terjun Gunung Bintan juga bermuara ke sebuah mata air dengan melintasi banyak bebatuan disekitarnya. Bebatuan di sini memiliki berbagai ukuran mulai dari kecil hingga besar.

Baca Juga:

Obyek Wisata Air Terjun Gunung Lengkuas di Bintan yang Masih Perawan

Demi keselamatan, pengunjung harus menjaga kewaspadaan saat melewati bebatuan ini karena permukaannya sangat licin dan sangat berbahaya bila sampai terjatuh.

Durian khas Air Terjun Gunung Bintan

Bagi pengunjung yang tak sempat mempersiapkan bekal, di kawasan obyek wisata Air Terjun Gunung Bintan banyak dijumpai beberapa warung yang menjual berbagai makanan dan minuman ringan dengan harga yang relatif murah. Di kawasan obyek wisata ini juga ditemukan para pedagang durian terutama saat musim durian tiba.

Ya, kawasan wisata Air Terjun Gunung Bintan ini memang dikenal juga sebagai tempat favorit bagi pecinta durian untuk menikmati buah nan lezat ini. Harga durian di kawasan ini dikenal sangat murah bahkan bisa tiga kali leih murah dari daerah lain.

Untuk durian berukuran kecil misalnya, para pedagang mematok harga sekitar Rp. 5000,- hingga Rp. 8000,- saja per buahnya. Sedangkan untuk durian berukuran besar, harga yang ditawarkan berkisar antara Rp. 10.000,- hingga Rp. 20.000,- saja. Cukup terjangkau bukan?

Bagi Anda yang menyukai wisata di alam bebas, obyek wisata Air Terjun Gunung Bintan bisa menjadi salah satu pilihan Anda yang ingin menikmati panorama alam yang alami dan eksotis. Anda juga bisa merelaksasi diri dengan cara duduk langsung dibawah guyuran air terjun dan merasakan dinginnya air yang ada di lokasi. Berendam kaki juga bisa Anda lakukan bila tak ingin terlalu berbasah-basahan.

Tak sulit mencapai lokasi obyek wisata Air Terjun Gunung Bintan ini karena Anda bisa menempuhnya baik dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum.

Dari kota Tanjungpinang, Anda dapat menempuh rute ke kawasan Gunung Bintan sejauh sekitar 60 km dengan waktu tempuh sekitar enampuluh menit.

Selama perjalanan, Anda tak henti-henti akan disuguhi panorama alam yang asri dan juga beberapa perkebunan milik warga di beberapa kawasan.

HAL-HAL PENTING YANG HARUS DIPERHATIKAN SAAT BERLIBUR KE AIR TERJUN GUNUNG BINTAN

Air Terjun Gunung Bintan berada di kawasan alam gunung bintan yang dilindungi. Selain, tetap menjaga keselamatan diri saat menuju ke lokasi obyek wisata, para pengunjung juga wajib memperhatikan himbauan pengelola Air Terjun Gunung Bintan. Mari ikuti tips berlibur ke Air Terjun Gunung Bintan sebagai berikut yuk…

Jangan segan bertanya kepada penduduk sekitar apabila Anda merasa ada hal yang belum diketahui. Misalnya saja masalah perizinan ataupun rute lokasi. Bahkan, Anda akan merasakan keramaham penduduk lokal yang sudah paham dan menyambut hangat kehadiran para wisatawan ke desa mereka.

Menjaga fisik yang prima. Siapkan diri untuk menelusuri Air Terjun Gunung Bintan terutama daya tahan fisik yang fit agar tidak kelelahan atau jatuh pingsan. Perlu diingat, kondisi jalur menuju lokasi masih berupa anak tangga alam. Terkadang licin dan curam, sedikit lengah, Anda bisa terjatuh dan membahayakan diri sendiri.

Menjaga kebersihan. Sebagai pendatang dan pelaku wisata yang bijak, sudah sepatutnya untuk ikut menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan. Kumpulkan sampah bekas sisa makanan atau minuman Anda. Lalu bawa kembali ke pemukiman warga agar sampah tidak menumpuk di sekitar area Air Terjun Gunung Bintan.

Tertarik? Segera atur jadwal Anda dan kunjungi obyek wisata Air Terjun Gunung Bintan nan alami ini. Berada di Pulau Bintan, Kepulauan Riau. Liburan Anda pasti akan sangat berkesan. (jari adventure-det)

 

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.