Air Terjun Gunung Bintan yang Mempesona

Air Terjun Gunung BintanRasanya nama Pulau Bintan sudah tidak asing terdengar di telinga kita. Bintan adalah satu tempat paling menarik dan sedikit berbeda di Kepulauan Riau.  Tepat berada di seberang Pulau Batam, namun pulau ini memiliki destinasi wisata yang sedikit berbeda, komplit dan unik dari pulau-pulau lainnya.

Pulau Bintan atau yang dikenal dengan tanah melayu memiliki satu-satunya gunung yaitu gunung Bintan yang bisa dicapai dalam waktu kurang lebih dua jam. Dari puncak gunung ini anda dapat menikmati Pulau Bintan dan sekitarnya. Anda juga bisa melihat deretan negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia dari puncak gunung. Gunung Bintan ini menyimpan kekayaan flora dan fauna sebagai hutan tropis dengan pohon-pohon raksasa berfungsi menahan terjadinya erosi.

Makam Datuk Bintan

Nah, bagi anda yang ingin menikmati pemadangan alam sekaligus melakukan ziarah, Gunung Bintan ini dapat menjadi salah satu pilihan. Karena di gunung ini terdapat makam Datuk Bintan yang menjadi seorang tokoh masyarakat Bintan.

Bagi para waterfall loving (pencinta air terjun), rasanya belum lengkap jika belum mengunjungi Gunung Bintan. Gunung Bintan ini selain menyuguhkan pemandangan yang begitu indah namun juga memiliki  Air Terjun Gunung Bintan yang terletak tepat di bawah kaki gunung. Ingin tahu apa saja pesona Air Terjun Gunung Bintan, simak ulasan berikut:

Pendopo (pondok) di sekitar Air Terjun

Untuk sampai ke Air Terjun Bintan anda harus melewati beberapa anak tangga dengan jumlah yang cukup banyak dengan ketinggian mencapai 300 meter dari tempat parkir. Anda hanya perlu menghabiskan waktu 10 hingga 15 menit untuk sampai ke lokasi. Namun jika anda merasa kelelahan, jangan khawatir karena di kiri-kanan hingga mencapai air terjun anda akan menemukan pendopo(pondok) untuk beristirahat.

 

Air Terjun yang Sangat Jernih

Pada dasarnya air terjun memang memiliki air yang jernih begitupun dengan Air Terjun Bintan. Air Terjun Bintan ini juga bermuara ke sebuah mata air yang melewati banyak bebatuan. Namun yang menarik dari Air Terjun Bintan yaitu air yang mengalir memiliki kesejukan yang berbeda dengan  air terjun lainnya. Air Terjun Bintan ini sedikit dingin namun dapat memberikan rasa rilex dan menyegarkan. Bagi para waterfall loving (pencinta air terjun) biasanya akan menikmati sensasi air dengan duduk tepat di bawah jatuhnya air dan sensasi. Air Terjun Bintan ini juga dipercaya bagi para wisatawan dapat menghilangkan rasa lelah setalah mendaki puncak Gunung Bintan. Anda penasaran bagaimana sensasinya?

 

Bintan Mountain Tracking and Durian Party

Bagi anda penggemar durian, wisata Air Terjun Bintan ini merupakan tempat yang cocok dikunjungi karena tepat di bawah kaki gunung penduduk setempat memanfaatkan lahan untuk menanam beraneka macam buah-buahan seperti durian, manggis dan lain-lain. Anda dapat langsung membeli buah durian dan buah-buah lainnya langsung dari petaninya dengan harga yang 3 kali lipat lebih murah dari tempat-tempat penjual durian lainnya. Soal rasa, jangan diragukan. Karena buah diambil langsung dari pohon dan pasti terasa segar. Satu biji buah durian pasti akan terasa kurang untuk dinikmati.

Baca Juga: Serunya Jelajahi Pesona Pulau Bintan

Bintan Mountain Tracking and Durian Party

 

Nah untuk anda yang menyukai acara-acara khas pariwisata anda bisa bergabung dalam Bintan Mountain Tracking and Durian Party yang biasa diadakan pada bulan Juli. Acara ini merupakan acara yang dikemas dalam kalender wisata Pemerintah Kabupaten Bintan dengan konsep yang begitu meriah. Anda akan diajak berlomba menyusuri jalan berundak menuju ke puncak gunung pada malam hari hingga acara berakhir dengan menyatap durian dan ikan bakar di sekitar Air Terjun Bintan.  Acara Bintan Mountain Tracking and Durian Party tidak hanya diikuti para wisatawan lokas namun juga wisawatan mancanegara.

Rute transportasi

Bagi anda yang ingin mengunjungi Air Terjun Bintan ini jangan khawatir dan bingung untuk bisa mengunjunginya. Terlebih dahulu anda harus menyeberang Telaga Punggur dari kota Batam dengan menggunakan kapal Feri menuju Tanjung Pinang. Perjalanan menuju lokasi dari Tanjung Pinang dapat ditempuh kurang lebih 60 km (kilo meter) dengan menggunakan mobil. Selama perjalanan anda tidak akan merasa bosan karena anda akan disuguhkan pemandangan yang begitu indah khas Pulau Bintan.

Ulasan pesona Air Terjun Gunung Bintan di atas semoga bisa menjadi refrensi anda untuk menikmati keindahan alam di Pulau Bintan. Selamat menikmati sensasi dan keindahan wisata di Kepulauan Riau. (Jari adventure-det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *