Air Terjun Gemuruh dan Air Terjun Tanda, Dua Air Terjun di Lingga yang Juga Punya Manfaat Lain Selain Obyek Wisata

Air Terjun Gemuruh– Lingga merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Kepulauan Riau yang menawarkan pariwisata yang beragam. Terdapat banyak pantai di sana yang memiliki panorama yang indah juga gunung-gunung, sungai serta pulau yang tak kalah menarik untuk dikunjungi.

Tak ketinggalan situs-situs bersejarah, benteng-benteng, museum, makam-makam serta masjid tak ketinggalan turut meramaikan dunia pariwisata di Lingga khususnya dan Riau umumnya. Tak hanya itu saja, Kabupaten Lingga juga memiliki wisata alam yang berupa air terjun-air terjun indah yang siap untuk memanjakan pengunjung dengan nuansa yang asri dan alami.

Ternyata, beberapa air terjun yang menawan ini tak hanya dinikmati sebagai obyek wisata saja. Namun, air jernih nan segar yang mengalir dari air terjun tersebut juga dimanfaatkan untuk tujuan lain oleh masyarakat sekitar. Penasaran bukan? Yuk, cari tahu air terjun di Kabupaten Lingga yang juga punya kegunaan lain selain sebagai obyek wisata dalam artikel berikut ini!

Air Terjun Gemuruh, Wisata Populer Di Dabo Singkep

Air terjun pertama bisa Anda jumpai di bawah kaki gunung Muncung. Namanya adalah Air Terjun Gemuruh. Air terjun ini menjadi salah satu obyek wisata yang paling digemari oleh masyarakat di kawasan Dabo Singkep karena memiliki panorama alam yang mempesona. Yang lebih penting lagi, Air Terjun Gemuruh juga dijadikan sebagai tempat sumber air bersih bagi warga Dabo Singkep. Jadi, air bersih yang mengalir ke rumah warga Dabo Singkep berasal dari air terjun ini.

Saat berwisata ke Air Terjun Gemuruh, Anda akan merasakan udara yang segar dan bebas dari polusi karena tempat ini letaknya jauh dari daerah perkotaan. Hingga saat ini, wilayah sekitar air terjun masih terjaga kualitas udaranya hingga menjadi tempat yang cocok bagi Anda yang ingin sejenak menjauhkan diri dari suasana kota yang penuh dengan polusi. Bagi para muda mudi, Air Terjun Gemuruh menawarkan wisata yang menantang terutama bagi mereka yang suka dengan ekspedisi alam rintang. Para muda mudi tersebut biasanya singgah ke Air Terjun Gemuruh sebelum melanjutkan pendakian ke lokasi wisata alam Gunung Muncung.

Manfaat Ekonomis Air Terjun Gemuruh

Selain sebagai sumber air bersih, obyek wisata Air Terjun Gemuruh juga sering dimanfaatkan warga Dabo Singkep dan sekitarnya untuk memancing ikan darat. Di lokasi ini, banyak dijumpai kolong-kolong bekas galian timah era eksistensi perusahaan Timah Singkep yang sudah lama ditinggalakan. Kolong-kolong tersebut banyak ditempati ikan-ikan darat yang tentunya masih segar alami dan belum tersentuh oleh tangan-tangan jahil manusia. Tak heran bila potensi ikan darat di wilayah ini cukup tinggi hingga cukup menarik dijadikan sebagai area memancing warga.

Ingin berwisata ke Air Terjun Gemuruh? Akses menuju lokasi wisata tak terlalu sulit kok untuk ditempuh. Anda bisa mengendarai sepeda motor. Atau bila suka, perjalanan menuju lokasi bisa Anda tempuh dengan trakking sambil menikmati hijaunya pemandangan alam di sepanjang perjalanan. Pilih saja yang sesuai dengan keinginan dan juga kemampuan Anda.

Air Terjun Tanda

Air terjun berikutnya berlokasi di Daik, Kabupaten Lingga, tepatnya berada di lereng Gunung Tanda yang bersebelahan dengan Gunung Daik. Jaraknya sekitar 5 kilometer dari kota Daik. Lokasi air terjun juga merupakan bendungan yang menjadi sumber air bersih bagi warga Daik dan sekitarnya.

Obyek wisata Air Terjun Tanda dapat dicapai dengan berjalan kaki selama 1,5 jam. Trek jalannya berupa jalan setapak dan cukup menantang. Namun, kucuran keringat bakal terabaikan dengan pemandangan alam indah di sepanjang perjalanan. Anda akan melewati hutan plot karbon dan aliran sungai. Tak ketinggalan, hutan tropis dengan tumbuhan langka. Seperti kayu kapur, anggrek, keruwing dan juga berbagai jenis paku. Saat lelah menerpa, Anda dapat singgah di rumah pohon yang berada di tepi aliran sungai yang bening dengan bebatuan alam yang indah.

Sebagai sumber air bersih, kapasitas Air Terjun Tanda sayangnya masih dipengaruhi air hujan. Bila hujan tak mengguyur wilayah ini, debit air bersih di air terjun akan menyusut. Dampaknya persediaan air bersih yang dikelola oleh PDAM Lingga bisa sangat mengkhawatirkan. (jari adventure-det)

 

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *