Nyaman dan Asrinya Air Terjun Bidadari Sentul, Sentul

Air Terjun Bidadari SentulSiapa yang tidak kenal dengan kawasan Sentul? Area yang dulunya merupakan daerah perumahan kecil dan modern di Bogor ini kini banyak berbenah. Berjarak sekitar empat puluh delapan kilometer dari Jakarta, mulai dijumpai pusat perbelanjaan, pusat konvensi, dan lapangan golf. Tidak ketinggalan tempat wisata yang dapat menghilangkan stres dan penat yaitu Jungle land dan Air Terjun Bidadari Sentul.

Lokasi Air Terjun Bidadari Sentul

Air Terjun Bidadari Sentul ini terletak di area Sentul Paradise Park, tepatnya Kecamatan Madang, Desa Bojongkeneng Sentul, Kabupaten Bogor. Walau berada di desa, akses menuju ke Air Terjun Bidadari Sentul ini dapat diakses dengan mudah, bahkan dengan menggunakan kendaraan roda empat.

Akses transportasi ke Air Terjun Bidadari Sentul

Jika Anda berdomisili di Jakarta, pilih jalur Tol Jagorawi kemudian ambil jalan keluar menuju Tol Sentul City. Dari gerbang Tol Sentul, ambil jalan ke kiri sampai menemukan perempatan yang paling sempit, dengan papan petunjuk yang memandu menuju Sentul Paradise Park.

Pesona alam yang masih asri

Dulu, lokasi air terjun ini sangat terpencil, sehingga hanya bisa dicapai dengan berjalan kaki sejauh dua kilometer. Selain itu adanya bukit yang membentuk lembah, membuat keindahan air terjun hanya terlihat sebagian dan tidak dapat terekspos dengan baik. Untuk mempermudah akses, bukit tersebut kemudian digali untuk membuat jalan.

Tidak hanya itu, penggalian itu juga digunakan untuk membuat kolam penampungan dari air terjun, namun terkendala batu besar yang ada di bawah air terjun. Akhirnya batu tersebut dibelah, seolah terkikis oleh air terjun dan memberi jalan untuk aliran air.

Legenda Air Terjun Bidadari Sentul

Menurut legenda yang beredar di masyarakat, di antara batu-batu raksasa tersebut terdapat celah, yang konon digunakan sebagai tempat persembunyian Jaka Tarub untuk mengintip para bidadari kahyangan yang sedang mandi. Itulah kenapa air terjun ini dinamakan sebagai Air Terjun Bidadari Sentul.

Baca Juga: Wisata Budaya Khas Bogor, Kampung Budaya Sindang Barang

Jam operasional dan tiket masuk Air Terjun Bidadari Sentul

Anda tidak harus menjadi bidadari untuk menikmati keindahan dan kesejukan airnya, cukup datang mulai pukul 07.30 hingga 17.00. Harga tiket masuk yang harus dibayar adalah dua puluh ribu rupiah untuk hari Senin sampai Jumat. Sedangkan untuk hari Sabtu, Minggu, dan hari libur, harga tiket naik menjadi dua puluh lima ribu rupiah atau tiga puluh ribu rupiah untuk hari-hari khusus. Itu belum termasuk biaya parkir mobil sebesar sepuluh ribu rupiah dan sepeda motor sebesar lima ribu rupiah.

Setelah membayar tiket di pintu gerbang, pengunjung masih harus melakukan perjalanan dengan kondisi jalan yang kurang baik. Tapi hal ini tersamarkan dengan pemandangan indah bukit, dan sawah yang hijau dengan latar Gunung Salak yang memanjakan mata. Setibanya di Air Terjun Bidadari Sentul, Anda dapat melihat air terjun setinggi lima puluh meter, dengan menyusuri tangga dan jembatan yang sudah disediakan.

Aman untuk anak-anak berenang

Debit air yang tidak terlalu deras membuat semua orang dapat menikmati keindahannya, termasuk anak-anak. Di bawah air terjun juga dibangun sebuah kolam untuk anak-anak berenang, dengan kedalaman tiga puluh sentimeter. Selain itu juga terdapat kolam besar yang dirancang untuk pengunjung dewasa yang ingin bermain air, dengan kedalaman sekitar 1,5 meter.

Kedua kolam ini berisi air yang sangat jernih dan segar, tanpa penambahan bahan kimia karena berasal dari mata air murni, sehingga tidak menyebabkan kulit mengalami iritasi dan gatal-gatal. Untuk menambah keindahannya, di tepi kolam juga dihiasi dengan pasir putih yang didatangkan dari Pulau Belitung, sehingga terlihat seperti pantai buatan.

Wave Pool dan Lazy Pool

Di sini juga tersedia Wave Pool dan Lazy Pool yang membuat Anda semakin betah bermain air, apalagi dengan adanya persewaan pelampung dengan harga yang cukup terjangkau. Ingin wahana permainan yang lebih menantang adrenalin, wajib mencoba flying fox dan perahu tangan.

Sewa saung untuk piknik

Puas bermain dan berenang, pengunjung dapat bersantai sambil bersantap siang di saung yang berada di pinggir Air Terjun Bidadari Sentul. Satu saung disewakan dengan membayar lima puluh ribu rupiah per dua jam. Terdapat berbagai makanan dan minuman pengganjal rasa lapar yang disediakan, seperti pisang goreng, tahu sumedang, dan es durian.

Tips wisata ke Air Terjun Bidadari Sentul

Keindahan Air Terjun Bidadari Sentul  yang konon dijadikan para bidadari dari khayangan untuk mandi memang tidak bisa dielakkan lagi. Hampir setiap liburan akhir pekan, kawasan ini akan ramai pengunjung yang ingin menikmati kecantikannya dan melepas penat. Bagi Anda yang berminat ingin menikmati keindahan suasana alam Air Terjun Bidadari Sentul pula, ikuti dulu beberapa tips berguna sebelum berangkat. Oke..

  1. Datang lebih pagi

Di akhir pekan atau liburan panjang, kawasan ini akan dipadati oleh para pengunjung dari berbagai kalangan. Datang lebih pagi bisa menjadi siasat agar Anda lebih leluasa untuk bermain sementara belum begitu banyak pengunjung lain yang datang.

  1. Bawa pelindung dari sinar matahari

Selain rajin mengoleskan sunblock atau tabir surya setiap 2 jam sekali untuk menolak paparan sinar UV dari matahari, Anda juga perlu membawa topi ataupun payung agar tidak kepanasan. Maklum saja, lokasi Air Terjun Bidadari Sentul merupakan kawasan alam terbuka yang membuat kulit cepat hitam jika tidak terlindungi dari sinar matahari ketika terik.

  1. Bawa perlengkapan piknik

Mumpung berada di lokasi alam yang indah dipadu pegunungan sejuk, tidak ada ruginya menggelar pesta piknik bersama keluarga atau teman-teman. Bawa makanan ringan dan minuman untuk semua anggota dalam rombongan. Bila perlu bawa juga karpet atau tikar untuk alas. Menikmati piknik sambil memandang keindahan Air Terjun Bidadari Sentul dijamin akan membuat Anda ketagihan ingin liburan lagi.

  1. Pakai sandal atau sepatu yang beralas nyaman

Sangat tidak direkomendasikan memakai high heels, berhubung lokasi Air Terjun Bidadari Sentul berada di kawasan pegunungan yang mengharuskan para pengunjung harus sedikit mendaki ke pegunungan yang terjal kurang lebih 2 km. lebih baik pakai sandal flat atau sandal gunung agar pijakan terasan lebih nyaman saat melangkah.

  1. Menjaga kebersihan

Pastikan agar Anda membuang sampah di tempatnya. Kawasan Air Terjun Bidadari Sentul masih tergolong dalam pegunungan sehingga petugas kebersihan masih minim. Jika tempat sampah tidak tersedia, lebih baik gunakan kantong plastik untuk mengumpulkan sampah yang Anda buang kemudian nanti saat pulang bisa dibuang di tempat sampah.

  1. Tidak ada ATM

Kawasan Air Terjun Bidadari Sentul belum  menyediakan fasilitas ATM. Jadi, para pengunjung yang jarang membawa uang tunai, sebaiknya berpikir ulang jika akan berlibur tanpa membawa uang tunai secukupnya dalam dompet. Akan tetapi, bukan berarti Anda perlu membawa uang berjuta-juta di dalam dompet, waspada juga dengan tindak kriminal karena lokasi berada di daerah pelosok sepi yang bisa dimanfaatkan oknum tidak bertanggung jawab untuk melakukan  tindak kejahatan.

  1. Cari info diskon

Sebagaimana wahana permainan atau tempat wisata yang dikelola secara serius oleh manajemen perusahaan, umumnya terdapat potongan harga tiket masuk untuk even atau program khusus agar menarik animo masyarakat yang ingin berkunjung. Tidak terkecuali, Air Terjun Bidadari Sentul. Cari informasi sebanyak-banyaknya tentang program diskon tiket masuk secara online melalui website ataupun media sosial Air Terjun Bidadari Sentul.

  1. Pikir lagi jika mengendarai sedan

Mengingat kondisi medan atau jalan yang terjal, disarankan menggunakan mobil yang memiliki ground clearance yang tinggi agar tidak terlalu sering menghantam bebatuan selama perjalanan.

  1. Perhatikan cuaca

Pemandangan alam di Air Terjun Bidadari Sentul. memang sangat indah dilihat. Namun, semua ini akan sia-sia jika kondisi cuaca tidak mendukung seperti hujan atau mendung. Selain jalan yang licin, suasana gelap membuat Anda tidak akan bisa menikmati keindahan alamnya.

  1. Hindari peak season

Bagi pengunjung yang kurang menyukai suasana padat dan ramai, lebih baik pilih ketika musim low season di mana kuantitas pengunjung tergolong rendah. Jadi, Anda dapat menikmati beberapa spot wisata dan permainan di Air Terjun Bidadari Sentul. dengan lebih leluasa.

Datanglah di pagi atau siang hari untuk menghindari jumlah pengunjung yang terlalu padat. Ayo rencanakan liburanmu selanjutnya ke Air Terjun Bidadari Sentul. (jari adventure-det img Air Terjun Bidadari Sentul)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *