Air Panas Ciparay, Segar dan Sehat Pemandian Alami Bogor

Air Panas Ciparay – Menikmati permandian air panas yang dikelilingi pemandangan alam nan indah terbukti bermanfaat bagi tubuh. Selain mengeluarkan racun yang bagus bagi kulit, berendam dalam air  yang mengandung belerang juga memperlancar sirkulasi darah sehingga badan akan terasa lebih segar. Tidak hanya kehangatan airnya, alam sekitarnya yang asri juga membantu meringankan pikiran kita dari kejenuhan.

Di Kabupaten Bogor sendiri, tepatnya di Gunung Salak Endah, ada satu lokasi wisata yang menyajikan kedua elemen tersebut. Wisata Air Panas Ciparay merupakan kolam air hangat yang dilengkapi dengan pesona alam yang luar biasa. Wisata Air Panas ini  terletak kurang lebih 40 kilometer dari Kota Bogor, tepatnya di Desa Ciparay sekitar 5 kilometer dari gerbang kawasan wisata Gunung Salak Endah.

Lokasi Pemandian Air Panas Ciparay

Terletak tidak jauh dari Curug Cigamea, membuat tempat ini cocok untuk dikunjungi setelah seharian mengeksplorasi keindahan curug tersebut. Hanya dengan menempuh waktu perjalanan kurang lebih 1 jam dari Kota Bogor di hari biasa, rekan traveler sudah bisa mencapai tempat ini.

Setelah memarkir kendaraan dan membayar tiket masuk yang terbilang cukup murah, rekan traveler bisa langsung menuju ke lokasi kolam pemandian. Lokasi pemandian terletak di sebuah lembah dan mengharuskan pengunjung untuk menuruni ratusan anak tangga untuk mencapainya.

Walaupun terdengar sedikit melelahkan, namun saat melangkahkan kaki di jajaran anak tangga akan tidak begitu terasa. Pemandangan alam yang mempesona dan naungan pohon yang menaungi serta bukit hijau di kejauhan mampu membantu melupakan rasa lelah. Dengan lebih dari 200 undakan yang rapi dan tidak terjal, membuat perjalanan ke Wisata Air Panas Ciparay menjadi lebih mudah.

Pesona alami Air Panas Ciparay

Dalam perjalanan, rekan traveler akan melewati Sungi Cikuluwung yang memang letaknya berdampingan dengan pemandian. Batu-batu vulkanik besar menjadi pemandangan yang lazim ditemui di sungai ini ketika hampir sampai di lembah yang lumayan dalam ini. Kamu bisa beristirahat sebentar dengan duduk-duduk di atas bebatuan tersebut. Aliran sungai yang deras dan jernih juga menggoda untuk sekedar mencelupkan kaki ke dalamnya untuk menyegarkan diri.

Baca juga : Curug Ngumpet Keindahan Tersembunyi di Lereng Salak

Tidak jauh dari bantaran sungai Cikuluwung terdapat sebuah saung di mana rekan traveler bisa melepaskan pandangan ke arah hilir sungai. Menikmati desiran angin lembah dan juga gemericik air sungai membantu untuk menyingkirkan beban pikiran yang mungkin selama ini mengganjal dan jadi cara yang menyenangkan untuk menyegarkan otak kita.

Pancuran bambu nuansa terbuka yang alami

Di sisi samping sungai juga dapat dilihat pancuran dari bambu di udara terbuka tanpa penutup, layaknya pemandian yang umum dijumpai di pedesaan. Kepulan asap yang keluar dari bambu-bambu tersebut menandakan suhu air yang ebih tinggi dari sekitarnya.

Kolam pemandian yang disediakan di tempat ini tidak terlalu besar, dan jumlahnya pun hanya dua. Hal ini tentu menjadi kendala di mana pengunjung membludak terutama di hari-hari libur. Ketika pengunjung sedang ramai mau tidak mau harus rela mengantri demi menikmati kesegaran air panas di tempat ini. Alternatif lain mungkin bisa meluangkan waktu di hari biasa ke tempat ini, selain tidak begitu ramai, suasana yang tenang juga cocok bagi kamu yang ingin sedikit bersantai.

Meskipun harus mengantri tidak perlu khawatir karena sarana pendukung yang diberikan oleh pengelola cukup membuat nyaman. Di sekitaran lokasi kolam pemandian banyak terdapat warung-warung yang dapat digunakan untuk bersantai sejenak sambil menyeruput kopi hangat dan menunggu kolam agak sepi. Berkeliling ataupun berfoto-foto mengabadikan keindahan alam di sekitar pemandian juga dapat menjadi alternatif kegiatan menyenangkan untuk dilakukan sembari menunggu.

Fasilitas pengunjung

Bagi rekan traveler yang tidak sabar menunggu dan mungkin menginginkan privasi yang lebih, pengelola juga menyediakan kamar mandi khusus dengan biaya tambahan. Di sekeliling lembah juga terdapat beberapa penginapan bagi rekan traveler yang mungkin ingin meluangkan waktu untuk menginap di tempat ini.

Akses mudah ke tempat ini menjadikan Wisata Air Panas Ciparay wajib dikunjungi ketika berada di sekitaran kota Bogor. Tidak ada salahnya untuk meluangkan waktu sejenak menyegarkan badan sambil berendam air panas. (jari adventure- det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *