Agenda Wisata NTT 2018 yang Harus Kamu Saksikan, Dijamin Seru!

Provinsi Nusa Tenggara Timur memiliki keindahan pesona bahari dan alam yang tak pernah habis untuk dikupas. Semenjak masuk dalam nominasi Anugerah Pesona Indonesia setiap tahun, kini destinasi – detinasi wisata di NTT semakin moncer dan harum namanya ke seluruh pelosok negeri.

Bahkan wisatawan – wisatawan dari luar negeri sudah “hafal” destinasi wisata mana saja yang harus dikunjungi. Pastinya yang tak boleh terlewatkan di Nusa Tenggara Timur adalah Pulau Komodo, Labuan Bajo dan Lombok.

Setiap tahun berganti, agenda wisata terus diburu oleh wisatawan. Khusus di tahun 2018, provinsi Nusa Tenggara Timur  menyelenggarakan event yang tak kalah menarik. Bahkan, beberapa di antaranya berkelas Internasiona. Wanna join? Berikut adalah event wisata yang patut kamu saksikan di Nusa Tenggara Timur :

Tour de Flores

kompas.com

 

Sudah terlaksana untuk yang kesekian kalinya, kini Tour de Flores menjadi event langganan para pembalap sepeda untuk mengunjungi Pulau Flores. Pesona alam berupa kontur berbukit – bukit dan pegunungan merupakan tantangan tersendiri bagi para pembalap sepeda profesional dan atlit.

Perlombaan sejenis pernah diadakan di Perancis pada 1903, Tour de France, kemudian langkah ini diuji – coba di Indonesia dan mampu mendongkrak pariwisata dengan pesat. Seperti Tour De Banyuwangi dan Tour De Singkarak yang masing – masing digelar pada 2012 dan 2009.

Selama Tour de Flores, para pembalap sepeda bakal diuji daya tahan fisik untuk menempuh jarak sepanjang 743 km. Semua kelelahan, akan segera terhapus ketika di sepanjang perjalanan tersaji pemandangan indah tepi pantai berbatas pegunungan.

Tour de Flores akan dibagi menjadi lima rute. Bermula di Larantuka, lalu melintasi Flores sisi timur, dan berakhir di Labuan Bajo. Wow.. semuanya menyajikan panorama indah dan pengalaman wisata yang tak terlupakan. Tour de Flores bakal digelar 6 – 16 Mei 2018, selama 10 hari.

Festival Likurai Timor

sutera.id

 

Negeri Seribu Senyuman alias Nusa Tenggara Timur  tak pernah kehabisan atraksi wisata berupa festival budaya. Hampir sepanjang tahun, bakal mudah dijumpai event- event wisata yang menggetarkan. Misalnya saja seperti Festival Likurai Timor.

Kemeriahan pesta budaya ini bakal menampilkan atraksi seni berupa pertunjukan tari – tarian tradisional dari Nusa Tenggara Timur. Seperti tarian perang khas suku Belu. Kebanyakan, dilakukan penari pria yang bersenjatakan pedang. Sedangkan, penari putri hanya membawa sebuah gendang kecil yang disebut Tihar. Event Festival Likurai Timor akan dihelat pada 27 – 28 Oktober 2018 di wilayah Belu.

Baca juga:

Ide Liburan Akhir Pekan di Padang, Lihat Panorama Sunset Disini yuk..

 

Festival Komodo

wisatalah.com

 

Bicara event di Nusa Tenggara Timur , tentu Taman Nasional Komodo bakal disebut – sebut. Sebagai wisata unggulan di Nusa Tenggara Timur, Pulau Komodo yang ada di sekitar Labuan Bajo meraih tempat snorkeling terbaik kedua setelah Raja Ampat.

Bahkan, bila disejajarkan dengan kepulauan Galapagos di Amerika Serikat, Labuan Bajo masih selangkah lebih maju. Raihan prestasi yang cemerlang ini yang membuat wisatawan dari seluruh benua datang ke Labuan Bajo untuk membuktikan keindahan bahari dan alam bawah lautnya.

Festival Komodo ini sengaja digelar untuk mempercepat peningkatan pariwisata di sekitar Labuan Baju dan Flores.

Rangkaian kebudayaan seni, pertunjukan musik dan tari tradisional daerah akan ikut memeriahkan dan beraneka game menarik. Bahkan, tari – tarian daerah Flores telah dikombinasi dengan tarian kontemporer yang lebih memikat.

Para penari didatangkan dari berbagai pulau, antara lain kecamatan Manggarai Barat. Tak cukup itu, ada lomba menanam pohon, lomba olahraga, dan sebagainya. Festival Komodo dilaksanakan pada 5 – 10 Maret 2018.

Parade Sandelwood dan tenun ikat Sumba

presidenri.go.id

 

Tak kalah menarik dari wilayah lainnya, Sumba yang masih dalam satu pulau Nusa Tenggara, juga turut dilirik oleh wisatawan asing dan dalam negeri.

Yang paling terkenal adalah berbagai desa – desa adat yang konon berusia hingga ratusan tahun. Bahkan, ada banyak kuburan batu atau makam batu kuno sejak zaman Megalitikum atau zaman batu besar yang diprediksi berumur 1000 tahun lalu.

Di Sumba, wisatawan bisa menjumpai banyak festival termasuk festival tenun ikat Sumba yang unik dan parade Sandelwood. Pada awal Agustus 2018 nanti, bersiaplah untuk acara pagelaran Wonderful Sumba Island Festival (WSIF).

***

Mumpung masih banyak persiapan, yuk booking akomodasi, hotel atau tiket pesawat dan acara liburanmu ke tempat – tempat pariwisata menarik di atas. Gak mau ribet? Kalau gitu, serahkan saja pada agen travel wisata Jari Adventure untuk mengakomodir semua kebutuhan wisatamu.

Semua harga sudah termasuk dalam satu paket lengkap dan bisa disesuaikan budget lho! Yuk, tunggu apalagi, hubungi nomor whatsapp atau call center di website Jari Adventure ya..

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *