Agenda Wisata dan Festival di Lombok 2019, Catat Yuk…

Selain Bali ada juga tempat wisata dalam negeri yang seharusnya patut mendapatkan sorotan cukup besar, yaitu Lombok. Daerah yang berada di provinsi Nusa Tenggara ini memiliki wilayah yang mirip seperti Bali dengan pesona alam yang memang bisa di katakana sebelas dua belas dengan Bali. Laut biru yang sangat indah dengan hiasan pasir putih tersebar.

Pulau yang sangat steril dan sangat pas untuk melepas stress yang kita dapatkan dari keramaian kota, dan tentunya festival adat dan masyarakat setempat yang cukup menghibur untuk dijadikan sebagai tujuan wisata budaya.

Dengan pesona ini tentunya Lombok bisa menjadi salah satu tujuan kita saat ingin menghabiskan waktu libur kita. Nah, bagi kamu yang ingin mengetahui beberapa hal terkait dengan wisata yang ada di Lombok dan juga Festival yang ada di Lombok mungkin artikel ini akan sedikit memberikan bocoran terkait dengan pesona Lombok.

Oke jadi siapkan catatan kecil kalian untuk mencatat Agenda wisata dan festival yang ada di Lombok berikut ini ya?

Pesona Wisata Dan Festival Di Lombok

Seperti yang sudah kita sampaikan di pembuka bahwa Lombok memang menawarkan pesona yang sangat unik dan menarik untuk para wisatawan. Baik dari segi destinasi wisata maupun festival budaya Lombok, semuanya tergabung menjadi satu, bahkan bisa kita nikmati semuanya secara bersamaan.

Langsung saja deh berikut ini adalah agenda wisata dan festival Lombok yang harus kalian lihat ketika berada di Lombok.

Festival Tambora

Siapa sih yang tidak tahu gunung Tambora yang berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat ini? Gunung yang sudah ada sejak jaman pra-sejarah ini memiliki sebuah festival yang mungkin layak untuk kam nikmati.

Festival Lombok yang bertajuk “Festival Pesona Tambora” menawarkan berbagai hasil bumi daerah setempat beserta dengan budaya yang ada di Lombok. Adapun di dalam festival tersebut akan di pamerkan seperti kopi, lomba kuda sumbawa, dimana acara puncak akan diadakan di Doro Ncanga Tambora, Dompu.

Festival Bau Nyale Mandalika

Menjadi salah satu festival yang paling populer dan menjadi daya tarik pesona Lombok bagi wisatawan dalam negeri dan juga mancanegara. Fetival Lombok Bau Nyale Mandalika adalah sebuah festival tahunan yang diadakan suku Sasak.

Festival budaya ini sudah turun temurun diadakan setiap 20 Oktober. Festival ini berasal dari sebuah legenda masyarakat setempat yang sampai sekarang masih terus dijalankan. Legenda berasal dari sebuah cerita bernama Putri Mandalika yang berparas cantik, dimana sang putri mengorbankan diri agar tidak terjadi peperangan yang terjadi akibat pangeran yang memperebutkan dirinya.

Percaya setempat meyakini bahwa Putri Mandalika menjadi Nyale yang bisa dinikmati bersama oleh semua orang pada bulan dan tanggal tertentu. Nyale adalah hewan laut menyerupai cacing yang menjadi santapan masyarakat setempat.

baca juga:

Sudah Pernah Coba Snorkeling? Selami 7 Spot Diving Favorit di Indonesia Ini

 

Festival Pesona Lombok Oleh Pemerintah Setempat

Pemerintah setempat memang sangat mendukung wisatawan yang akan datang di Lombok karena itu pemerintah setiap tahun mengadakan sebuah festival yang bertajuk Bulan Pesona Lombok Sumbawa. Biasanya ada 14 rangkaian acara yang biasanya digelar. Mulai dari Night Run, Kota Tua Ampenan, Lombok Begending, Gili Tramena Begawe, Festival Senggigi, dan masih banyak lagi festival yang diadakan lainnya.

Festival Moyo

Dengan menampilkan semua sajian dan pertunjukan tradisional yang dimiliki oleh masyarakat Lombok ini digelar dengan cara yang sangat meriah. Festival ini sangat cocok untuk kalian yang ingin melihat dan mengenal lebih dekat ternyata di Lombok sendiri juga memiliki banyak sekali keanekaragaman yang berbeda – beda.

Lombok, Nusa Tenggara Barat dikenal memiliki wilayah yang memiliki berbagai pulau – pulau kecil disekitar daerah tersebut, dan tentunya setiap tempat memiliki tradisi unik mereka sendiri. Festival ini juga merupakan salah satu festival yang digelar secara tahunan oleh pemerintah setempat.

***

Itu dia cerita mengenai wisata festival yang ada di Lombok. Ternyata ada banyak kan festival yang ditawarkan di tempat ini?

Mungkin kamu harus mengikuti salah satu acara ini untuk mengenal lebih jauh keindahan budaya yang dimiliki oleh Lombok, Nusa Tenggara Barat. Jadi apakah kamu sudah memutuskan untuk melihat salah satu dari festival yang ada di Lombok?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.