Adat Melayu, Dayak Dan Tionghoa Di Kalimantan Barat

Adat Melayu – Kalimantan Barat merupakan salah satu Provinsi yang dekat dengan Sarawak, Malaysia. Kekayaan flora dan fauna, menggugah para wisatwan untuk menjadikan provinsi ini sebagai destinasi wisata. Tidak hanya flora dan fauna yang terkenal unik serta pemandangan wisata yang menawan namun wisata budaya yang dimiliki juga tak kalah menarik. Penasaran apa saja wisata budaya di Kalimantan Barat yang wajib anda kunjungi? Yuk simak sama-sama ulasan di bawah ini!

Rumah Adat Melayu Kalimantan Barat

Salah satu suku yang banyak menempati Kalimantan Barat yakni suku Melayu. Suku Melayu di Kalimantan Barat merupakan suku melayu heterogen. Menurut hasil data BPS tahun 2003, jumlah suku Melayu di Kalimantan Barat yakni 33,75%. Konon Suku Melayu yang menempati provinsi “ Seribu Sungai” dibawa oleh pedangan Gujarat (Arab-Melayu) yang kemudian menetap dan membawa ajaran Islam kepada suku asli Kalimantan Barat dan juga  Suku Melayu ini memiliki hubungan kekeluargaan yang erat dengan suku Melayu Malaysia dan Brunai Darussalam.

Sejarah Suku Melayu

Untuk mengetahui lebih lengkap tentang sejarah masyarakat suku Melayu serta keunikannya, anda bisa mengisi liburan anda dengan agenda wisata budaya dan mengunjungi Rumah Adat Suku Melayu. Nah, jika anda ingin mengunjungi rumah adat suku Melayu, anda bisa datang ke Komplek Perkampungan Budaya Jalan Sutan Syahrr Pontianak. Rumah adat ini selain sebagai history juga menjadi sasaran pariwisata.

Tentu anda akan menemukan keunikan ornamen, arsitektur serta tipologi rumah adat ini. Rumah adat ini berbentuk panggung dan memiliki kolong di bawahnya. Jadi jika anda berkunjung ke Kalimantan Barat, jangan heran jika kebanyakan rumah masyarakatnya berbentuk panggung. Hal ini dikarenakan masyarakat masih menjunjung tinggi adat dan budaya.Selain itu hal menarik lainnya adalah atap rumah yang dibangun dengan bentuk lipat kajang (atap curam) berbentuk segitiga, seperti yang dilansir dari laman jejak Pontianak bentuk atap seperti ini berfungsi sebagai penyaring udara panas.

Jika anda berkunjung ke rumah adat Melayu ada juga bisa menikmati kuliner khas Melayu yang terdapat di resto bagian bawah rumah adat. Anda bisa menikmati cah pakis, botok ikan Tenggiri, Ikan asam pedas dan lainnya.

Rumah Adat Suku Dayak

Beralih dari rumah adat Melayu, anda juga berpariwisata budaya ke rumah adat suku Dayak. Rumah adat suku Dayak ini bisa anda temukan dibeberapa kabupaten di Kalimantan Barat seperti Pontianak, Sintang, Sambas dan beberapa kabupaten lainnya. Jika anda hanya memeiliki sedikit waktu berkeliling Kalimantan Barat, maka cukuplah mengunjungi rumah adat ini di Pontianak yang terdapat di Jalan Sutoyo. 

Berikut daftar tempat rumah adat di Kalimantan Barat seperti yang lansir dari laman  Get Borneo, Kampung Sahapm Kec. Pahauman, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat, Kampung Kopar, Kecamatan Parindu, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Sungai Antu Hulu, Kecamatan Belitang Hulu, Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat dan Desa Ensaid panjang, Kecamatan Kelam, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat

Baca Juga: Obyek Wisata Pulau Maratua – Berau, Kaltim Yang Menawan

Uniknya rumah adat yang disebut sebagai rumah bentang atau rumah panjang ini keseluruhan terbuat dari kayu ulin. Dan tentunya and aakan menemukan banyak rumah betang jika mengunjungi pedalaman Kalimantan Barat. Selain itu rumah Betang selalu dibangun bagian hulunya menghadap ke timur dan hilirnya menghadap ke Barat. Pasalnya ini adalah simbol bagi suku dayak sendiri.

Rumah Betang atau rumah panjang ini mampu menampung kurang lebih 150 jiwa atau 5 hingga 30 kepala keluarga. Selain sebagai tempat tinggal, rumah betang ini juga dijadikan sebagai pusat aktifitas tradisional seperti mengayam, ngaboh (pandai besi), menenun dan lain-lain. Tentunya  anda bisa melihat proses kegiatan tradisional yang mereka lakukan. Nah, dengan mengunjungi rumah betang ini anda akan mendapatkan pengetahuan budaya tentang suku asli Kalimantan ini.

Mengenal Suku Tionghoa

Selain dua suku besar di atas, anda juga bisa mengenal lebih jauh kebudayaan suku Tionghoa di Kalimantan Barat. Nah, jika anda tertarik. Anda bisa mengunjungi Kabupaten Singkawang. Di Kabupaten Singkawanglah, anda akan banyak menjumpai masyarakat bersuku Tioghoa. Anda jangan khawatir jika berkunjung ke Singkawang, karena bukan hanya wisata budaya yang anda dapat tapi juga wisata alam.

Bagaimana menarik bukan? Nah, kunjungi langsung wisata kebudayaan Kalimantan Barat ini agar semakin luas wawasan kita. Semoga bermanfaat. (jari adventure – det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *