Ada Setetes Keindahan Surga di Pantai Pangandaran, Jawa Barat

Pantai PangandaranSiapa yang tidak pernah mendengar nama Pantai Pangandaran? Rasanya pantai yang pernah dinobatkan sebagai pantai terbaik di Pulau Jawa oleh situs AsiaRooms ini cukup tersohor, baik di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara. Walau kini mulai banyak bermunculan pantai-pantai baru yang tak kalah indahnya, pesona Pantai Pandaran tetap kuat menarik perhatian sehingga selalu dipenuhi pengunjung, terutama saat akhir pekan dan musim liburan.

Lokasi Pantai pangandaran

Pantai Pangandaran terletak kurang lebih Sembilan puluh satu kilometer dari Kabupaten Ciamis dan lebih dari dua ratus kilometer dari Kota Bandung. Dulunya pantai ini masuk dalam wilayah Kabupaten Ciamis, kemudian di tahun 2012 pantai berpasir putih ini menjadi andalan wisata Kabupaten Pangandaran.

Ada banyak cara untuk menghabiskan waktu di Pantai Pangandaran. Pasirnya yang putih bersih dan landai mengundang siapa saja untuk menjejakkan kaki ke dalamnya dan berjalan menyusuri pantai. Air lautnya yang jernih cukup menggoda untuk menceburkan diri dan bermain air.

Walau pantai ini masih termasuk pantai selatan yang langsung menghadap Samudra Hindia, kondisi perairannya masih tergolong aman karena jarak antara pasang naik dan surut cukup lama. Tapi sebaiknya, perhatikan rambu-rambu yang diberikan oleh tim penyelamat yang berjaga di sepanjang pantai ya.

Keunikan pantai

Keunikan lain dari pantai cantik ini adalah Anda dapat menyaksikan panorama matahari terbit dan tenggelam di tempat yang sama. Momen indah ini bukan hal yang mudah ditemukan di pantai manapun, tapi di Pangandaran para pengunjung dapat menikmati dua hal spektakuler tersebut di hari yang sama. Ditambah semilir angin khas pantai, menambah keasyikan dan romantis saat melihat pesona perubahan warna langit.

Buat penggila olahraga air, ada banyak jenis permainan air yang bisa dijajal. Mulai dari parasailing, banana boat, jet ski, bahkan menaiki perahu pesiar dan memancing di tengah laut. Pengalaman unik ini belum tentu bisa dicoba di pantai lainnya lho!

Snorkeling dan daiving pangandaran beach

Jangan lupa juga untuk menikmati keindahan taman di bawah laut dengan melakukan snorkeling atau diving. Banyak spot yang bisa dijelajahi, seperti pantai timur dan barat Pangandaran. Untuk mencapainya, hanya dibutuhkan tiga puluh menit berjalan kaki, atau bisa juga menyewa perahu sambil menikmati ombak dan aktivitas para nelayan yang sedang mencari ikan.

Baca Juga: Hotel di Bali yang Murah dan Terpopuler Bagi Pecinta Wisata Pulau Dewata

Tidak hanya keindahan alamnya yang akan membius para pengunjung yang datang ke Pantai Pangandaran, ada juga festival seni dan budaya yang rutin digelar. Seperti Hajat Laut yang digelar setiap tahun sebagai salah satu bentuk memanjatkan rasa terima kasih terhadap karunia Tuhan. Upacara ini biasanya dilaksanakan pada bulan Muharam atau Suro di Pantai Pangandaran sebelah Timur, dengan cara melepas sesaji ke laut lepas, atau dikenal juga dengan istilah melarung.

Hajat Laut dan Festival Layang – layang

Selain Hajat Laut, ada juga Festival Layang-Layang Internasional atau disebut juga dengan Pangandaran International Kite Festival. Even bertaraf internasional ini biasanya digelar pada bulan Mei, Juni, Juli, atau Agustus setiap tahunnya. Anda akan dimanjakan dengan aneka pemandangan layang-layang berbagai bentuk maupun ukuran, yang kesemuanya mengedepankan kreativitas dan inovasi terbaru. Tidak hanya mengundang wisatawan lokal maupun mancanegara untuk menontonnya, para pecinta fotografi pun tidak mau melewatkan even tahunan ini.

Wisata kuliner di pantai pangandaran

Puas melakukan berbagai aktivitas di Pantai Pangandaran, jangan lupa mengisi perut yang mulai keroncongan. Pantai Timur Pangandaran merupakan tempat yang pas untuk mencicipi olahan seafood yang menggugah selera makan. Ada banyak restoran dan warung yang menawarkan ikan segar, cumi-cumi, kepiting, dan udang di etalase, menunggu untuk dimasak menjadi sajian yang lezat.

Mumpung liburan sudah ada di depan mata.Tidak ada salahnya merencanakan pergi ke Pantai Pangandaran bersama keluarga. Untuk Anda yang memutuskan berangkat menggunakan kendaraan pribadi. Rute perjalanannya cukup mudah karena hanya mengikuti jalur angkutan umum. Untuk tiket masuk, cukup membayar tiga ribu rupiah per orang dan parkir yang bervariasi tergantung pada jenis kendaraannya, mulai tujuh ribu hingga ratusan ribu rupiah.

Paket tur wisata jari adventure ke pantai pangandaran

Tapi jika mengedepankan kepraktisan. Wisatawan dapat memanfaatkan paket tur langsung ke Pantai Pangandaran yang ditawarkan oleh agen travel wisata dengan tarif yang kompetitif. Paket tur Pantai Pangandaran sudah lengkap dengan makanan, transportasi dan termasuk harga tiket masuk. Bahkan ada juga yang mencakup penginapan dan berbagai aktivitas mengasyikkan yang dapat dilakukan di Pantai Pangandaran.

Walau berat meninggalkan pantai indah ini, saat pulang Anda bisa mampir sejenak ke toko-toko souvenir yang menjual oleh-oleh khas Pangandaran. Mulai dari kaus, topi, gelang dan kalung berbahan kerang laut miniature papan surf. Hingga ikan asin jambal roti yang terkenal itu.

Jangan tunggu terlalu lama untuk mendatangi Pantai Pangandaran ini ya, sebelum menyesal kenapa tidak melakukannya lebih awal. Selamat berlibur! (jari adventure-det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *