Ada Sandal Bambu Raksasa! Yuk, Liburan Musim Panas ke Jepang, Melihat Festival Seru di Tohoku

Jepang terkenal akan segala hal yang berbau unik. Mulai dari orang-orangnya, wisatanya, makanannya, hingga festival yang cukup banyak.

Pantas saja jumlah wisatawan yang berkunjung ke Jepang selalu meningkat setiap tahunnya. Salah satu yang dapat menarik perhatian mereka adalah festivalnya yang unik.

Festival di Jepang biasanya identic dengan kembang api, Yukata, serta berkipas dengan uchiwa. Untuk festival musim panas, salah satu tempat yang memiliki festival unik adalah Tohoku.

Tak tanggung-tanggung, Tohoku memiliki 6 festival musim panas terbesar yang wajib Anda kunjungi saat berlibur ke Jepang. Apa saja? Simak penuturannya berikut ini.

1.    Aomori Nebuta Festival (Aomori)

Sesuai Namanya, festival yang satu ini diadakan di kota Aomori. Festival ini pula yang masuk dalam tiga festival terbesar wilayah Tohoku. Anda bisa menikmati festival ini pada tanggal 2-7 Agustus.

Nebuta sendiri adalah lentera berukuran raksasa. Lentera ini terbuat dari kerangka kayu yang berlapis washi.

Umumnya lentera ini berbentuk seperti tokoh dalam legenda, pameran kabuki, bahkan karakter drama sejarah Jepang yang sangat terkenal.

Festival yang sangat meriah ini diadakan saat malam hari. Lenteranya akan semakin menyala terang saat malam.

Berbagai nebuta didorong oleh banyak orang menuju jalanan ketika parade berlangsung. Saat parade, aka nada juga pertunjukan taiko serta tarian tradisional.

2.    Akita Kanto Lantern Festival (Akita)

Akita Kanto Lantern Festival juga termasuk salah satu dari tiga festival terbesar di wilayah Tohoku. Biasanya, festival Akita ini diadakan tiap tanggal 3-6 Agustus per tahunnya di kota Akita.

Keunikannya terletak pada skill yang sangat keren dari para pemain. Mereka akan menyeimbangkan tongkat bambu yang cukup Panjang.

Di saat malam, Anda bisa menemukan parade dengan beragam macam lentera berukuran raksasa. Tingginya bisa mencapai 12 meter dengan berat sekitar 50 kg, lho!

Festival ini wajib untuk Anda kunjungi selagi mengisi waktu seharian di Jepang.

3.    Morioka Sansa Odori Festival (Iwate)

Festival yang satu ini diadakan di Morioka. Menariknya, festival ini memiliki sejarah tersendiri dibalik perayaannya.

Dahulu, terdapat iblis yang selalu mengganggu kota Morioka. Ada seorang petapa yang berdoa pada Dewa di Kuil Mitsusishi agar iblis tersebut lenyap kala itu.

Akhirnya, doa si petapa itu pun terkabul. Kota Morioka menjadi aman damai kembali.

Penduduk Morioka merasa senang, sehingga mereka menari sambil menyanyikan “sansa, sansa” dalam beberapa hari.

Festival Sansa ini biasanya diadakan tiap tanggal 1-4 Agustus tiap tahunnya. Bahkan, festival ini telah masuk dalam Guinness Book of Record sebagai festival taiko terbesar di dunia. Keren, bukan?

4.    Yamagata Hanagasa Festival (Yamagata)

Festival Yamagata Hanagasa biasanya diadakan tiap tanggal 5-7 Agustus tiap tahunnya. Dalam festival ini terdapat banyak sekali varian tradisional mulai dari Mawasahi (payung berputar) dan Sosaku Odari (tarian kreatif).

Kira-kira, ada seitar 10 ribu orang penari yang mengenakan kostum menarik.

Uniknya, pengunjung seperti Anda dan wisatawan lainnya boleh ikut menari Bersama, lho! Kapan lagi Anda menari tarian Jepang di acara festival terbesar ini Bersama penari Jepang lainnya.

5.    Sendai Tanabata Festival (Miyagi)

Pernah mendengar legenda tanabata? Legenda ini mengisahkan sepasang kekasih Orihime dan Hikoboshi yang terpisahkan oleh galaksi bimasakti. Mereka hanya boleh bertemu setahun sekali.

Festival ini sudah diadakan lebih dari 400 tahun. Anda bisa melihat festival ini di Sendai, prefektur Miyagi. Penyambutan tanabata ini ditandai oleh bermacam hiasan yang menghiasi kota tersebut.

Tradisi festival ini adalah memasang Nanatsu Kazari (tujuh hiasan) yaitu Fukinagashi yang melambangkan kerinduan Orihime, Kamigoromo yaitu mengihilangkan penyakit.

Kinchaku yaitu kekayaan baik secara materi dan pikiran, Toami yaitu harapan untuk keberuntungan, Kuzukago melambangkan kerapian, Senbatsuru melambangkan Panjang umur, serta tanzaku.

baca juga:

Parade Meriah Setiap Hari, 5 Festival Unik di Colombia

 

6.    Fukushima Waraji Festival (Fukushima)

Festival musim panas ini diadakan di Fukushima dan diadakan setiap bulan Agustus. Festival terbesar ini didedikasikan di Kuil Haguro.

Keunikan yang bisa Anda lihat di sini adalah sandal bambu atau waraji raksasa yang panjangnya bisa melebihi 12 meter dan beratnya mencapai 2 ton. Waraji sendiri akan ditarik oleh banyak orang ketika parade berlangsung.

Hampir semua festival diadakan dalam waktu yang mepet-mepet atau bersamaan. Rasanya akan sulit untuk melihat semua festival di atas karena keterbatasan waktu.

Namun, dengan kesigapan dan niat, pasti Anda bisa mengunjungi semua festival tersebut namun dengan periode terbatas. Selamat berlibur!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.