Ada Kapal Pinisi Seharga 2 Milyar, Mendamba Pesona Bulukumba yang Jelita

Salah satu kawasan bersejarah yang patut Anda kunjungi adalah Bulukumba. Bulukumba merupakan lokasi berundingnya 2 kerajaan besar, yaitu Kerajaan Gowa dan Bone yang ada di Sulawesi.

Dua kerajaan ini berunding dengan damai ketika perang saudara di abad ke -17 usai. Untuk mengenal lebih dalam tentang sejarah rundingnya kedua kerajaan tersebut, Anda bisa mengunjungi Bulukumba.

Selain sebagai kawasan bersejarah, Bulukumba ternyata menjadi salah satu ikon destinasi wisata di Sulawesi Selatan.

Ikon wisatanya berupa Pinisi Park yang wajib untuk dikunjungi. Apa saja destinasi wajib ketika berlibur ke Bulukumba? Mari kita simak ulasannya berikut ini.

1. Tanjung Bira

Pantai Tanjung Bira menjadi destinasi yang menarik banyak wisatawan mancanegara. Dengan pasir putihnya serta air laut yang telihat seperti 3 warna ini membuat Tanjung Bira menarik untuk dikunjungi.

Letaknya berada di ujung selatan Sulawesi Selatan. Selain pemandangan laut yang indah, Anda juga bisa menikmati keindahan sunrise dan sunset.

Tak hanya itu, Tanjung Bira merupakan lautan lepas yang kaya akan beragam biota laut. Jangan lupa untuk mencoba snorkeling di pantai ini.

Belum lagi soal akomodasi yang sangat lengkap. Fasilitas yang bisa Anda gunakan berupa area parkir, toilet, musholla, hingga warung untuk beli makanan.

Untuk menikmati sunrise, Anda bisa menginap di beberapa penginapan seperti cottagem bungalow, pondok, dan area camping ground.

Meskipun tersedia area camping ground, namun area ini tak dipungut biaya apapun, lho! Menginap di tenda sambil menikmati keindahan malam Tanjung Bira serta deburan ombaknya akan membuat malam Anda semakin seru.

2. Tebing Apparalang

Ingin mendapatkan pengalaman yang berbeda ketika berlibur ke pantai? cobalah untuk berkunjung ke pantai yang ada di Desa Ara, Kecamatan Bontobahari ini.

Pantai Appalarang tak hanya memiliki panorama yang sangat indah, namun air lautnya yang biru kehijauan seakan-akan menghipnotis siapa saja yang melihatnya.

Selain itu, pantai ini memiliki batuan karang serta tebing-tebing curam. Pantas saja pantai ini sering disebut dengan Raja Ampatnya Sulawesi Selatan.

Selain indah, Pantai Appalarang belum ramai akan pengunjung sehingga cocok bagi Anda yang suka ketenangan. Meskipun tidak seramai pantai lainnya, namun keindahannya tidak tertandingi.

Pergi ke pantai ini bisa menjadi obat untuk menghilangkan penat dari keseharian Anda. Nikmati keindahan pantai, tebing, dan angin segarnya.

Jika Anda bosan duduk di atas tebing tingginya, Anda bisa berenang dan menikmati segarnya air laut. Telah disediakan tangga kayu untuk pengunjung yang ingin turun ke lautannya. Tak hanya snorkeling, Anda bisa mencoba cliff jumping yang ekstrem.

3. Pulau Liukang Loe

Jangan lupa untuk berkunjung ke Pulau Liukang Loe ketika berlibur ke Tanjung Bira. Pulau ini letaknya tepat di depan Pantai Tanjung Bira.

Panoramanya sangat indah dan masih sepi sehinga cocok bagi Anda yang suka dengan tempat menenangkan. Untuk menuju ke sini, Anda bisa menaiki perahu nelayan atau speed boat dengan waktu 15-20 menit.

Pulau ini memiliki pasir pantai yang putih dan lembut sehingga akan membuat Anda nyaman. Ternyata, kawasan ini dikenal hingga wisatawan mancanegara, lho!

Ada berbagai macam kuliner pula yang tersedia. Tak hanya itu, ada juga sarung tenun Bangkuru Bira yang wajib Anda bawa pulang untuk cindera mata.

4. Kawasan Adat Ammatoa

kompasiana

Satu lagi yang wajib Anda kunjugi di Bulukumba, yaitu Desa Adat Ammatoa. Di sini, Anda dapat melihat dan merasakan budaya suku Kajang dan adatnya yang kental.

Uniknya, suasana di desa ini serba hitan mulai dari pakaian masyarakat bahkan hingga ke cat rumahnya. Rumah-rumah di desa ini juga tidak memiliki bentuk yang sama, lho!

Mereka memang berpegang teguh dari Adat Ammotoa hingga sekarang. Jadi jangan heran jika masyarakatnya masih jauh dari kehidupan modern hingga teknologi masa kini.

Baca juga:

Penampilan Trendi Saat Liburan Tanpa Bawa Banyak Tas dan Koper, Ini 8 Tipsnya

 

5. Tana Beru

boatbuildingindonesia

Desa Tana Beru menawarkan keindahan alam yang mempesona. Keunikannya, desa ini menjadi pusat dari pengrajin perahu pinisi (perahu tradisional asal masyarakat Bugis Makasar) yang membuktikan bahwa Indonesia adalah negara maritim besar.

Berkunjung ke desa ini dapat menambah 1 lagi wawasan mengenai proses pembuatan perahu yang bersejarah ini. Bahkan ada juga ritual di dalamnya.

Untuk Anda yang ingin menaiki kapal pesiar pribadi, maka Anda bisa memilih sebuah kapal dengan ukuran super besar yang bertenaga diesel. Harganya mencapai 2 milyar rupiah!

Berlibur ke Bulukumba bisa menjadi pilihan yang tepat untuk refreshing dan mendapatkan ketenangan. Dari sekian banyaknya wisata di Bulukumba, mana yang ingin Anda kunjungi?

***

Dapatkan pengalaman wisata yang menakjubkan ke berbagai destinasi menarik di Indonesia dan mancanegara bersama agen travel wisata Jari Adventure.

Hubungi :

HP : 0812-22279979

WA : 0877-78906999

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.