Mau Lava Tour or Taman Reptil? Tengok 9 Tempat Wisata Kaliurang yang Bikin Riang

Sebagai lokasi wisata yang berada di lereng Gunung Merapi, Yogyakarta, Kaliurang menjadi spot terbaik untuk berwisata.

Di sini ada banyak sekali wisata alam yang bisa Anda kunjungi seperti Taman Reptil dan Ternak Sato Loka yang sedang hits akhir-akhir ini.

Ditambah dengan lokasinya yang berada di area pegunungan membuat Kaliurang memiliki suasana yang sejuk, tenang, dan asri sehingga pas untuk refreshing.

Jika Anda belum pernah ke wisata yang ada di daerah Sleman ini, ada baiknya untuk cepat-cepat mengatur waktu liburan Anda untuk pergi ke sini.

Kaliurang dulunya sempat menjadi tempat istirahat bagi pihak Belanda di era penjajahan. Pantas saja Kaliurang selalu dikenal hingga sekarang.

Dengan lokasi yang cukup strategis, Kaliurang mudah untuk dijangkau kendaraan bermotor. Lokasi Kaliurang berada di Desa Hargobinangunan, Kecamatan Pakem, Sleman, Yogyakarta.

Jaraknya hanya sekitar 27 km dari pusat kota Yogyakarta. Kurang lebih 1 jam perjalanan jika Anda menaiki kendaraan. Ada banyak sekali wisata serta spot foto menarik di Kaliurang. Apa saja? Check this out.

1. Museum Gunung Merapi

babatpost.com

 

Kurang rasanya jika ke Yogyakarta tanpa berkunjung ke Museum Gunung Merapi. Wisata ini wajib untuk Anda kunjungi.

Di sini Anda bisa melihat dokumentasi nyata dari letusan gunung Merapi. Museum ini juga diharapkan untuk dapat menjadi wahana edukasi konservasi untuk pengembangan ilmu kebencanaan gunung api.

yogyes.com

 

Lokasinya cukup dekat, yaitu di sebelah selatan Gunung Merapi.

2. The World Landmarks

merapipark.business.site

 

Wisata satu ini sering disebut dengan Merapi Park. Letaknya masih satu area dengan Museum Gunung  Merapi. Memang tergolong baru, namun wisata ini patut dikunjungi.

Di sini Anda akan menemukan beragam miniature landmark dunia layaknya Menara Eiffel, Menara Pisa, Big Ben, hingga Patung Liberty.

travelspromo.com

 

Lokasi ini cocok banget bagi Anda yang suka berfoto. Ada beragam spot yang pasti instagramable untuk berfoto. Berwisaa ke The World Landmarks akan membawa Anda seakan-akan sedang berkeliling dunia.

3. Jeep Merapi Lava Tour

flickr

 

Sesuai Namanya, Merapi Lava Tour akan membawa Anda untuk wisata ke lereng Merapi dengan menaiki jeep. Paket wisata ini akan semakin seru jika dilakukan bersama rombongan serta biayanya juga akan semakin hemat.

Harga akan bergantung pada rute yang ditawarkan seperti paket tujuan ke bunker kaliadom dan tlogo putri, dan sebagainya.

4. Air Terjun Tlogo Muncar

spadepicnic

 

Tak hanya museum, kawasan ini juga dekat dengan lokasi Air Terjun Tlogo Muncar, primadona dari wisata air terjun kaliurang.

Suasananya sangat sejuk. Itu karena lokasi nya berada di 800 mdpl. Sebelum terjadi erupsi Merapi di tahun 2006, air terjun ini adalah terbesar di Jogja, akibat dari erupsi itu akhirnya debit air semakin menurun.

5. Tlogo Putri

Tugu Wisata

 

Selain Tlogo Muncar, Tlogo Putri Kaliurang juga patut Anda kunjungi. Kolam ini tersedia lengkap dengan penyewaan kapal bebek air.

Ada juga beberapa wahanan anak seperti jungkat jungkit, ayunan, hingga bianglala. Suasananya sejuk karena berada di lereng Merapi sehingga akan membuat Anda dan keluarga nyaman saat bersantai.

baca juga:

Ada Kapal Pinisi Seharga 2 Milyar, Mendamba Pesona Bulukumba yang Jelita

 

6. Museum Ullen Sentalu

Panduan Wisata Jogja

 

Museum yang ada di Jalan Boyong JM 25, Kaliurang Barat, Hargobinangun, Sleman, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Di sini Anda bisa menikmati beragam seni lukis dan spot menarik untuk berfoto.

Anda akan dipandu oleh pemandu yang berpengalaman untuk menjelaskan isi museum. Museum ini memiliki banyak ruang seperti Ruang Seni dan Gamelan, Ruang Selo Giri, dan yang lainnya.

7. Taman Edukasi Satwa dan Ternak Sato Loka

satoloka

 

Sesuai Namanya, wisata ini cocok untuk segala kalangan karena sangat mengedukasi. Anda dan keluarga akan diajak untuk berinteraksi dengan para satwa. Dengan udara yang sejuk, dijamin Anda dan keluarga akan betah bermain di sini.

Selain kunjungan perorangan, di sini juga menerima kunjungan untuk edukasi satwa reptilla dan peternakan yang berupa teori dan praktek. Anda juga dapat menikmati hasil olahan seperti ice cream, yoghurt, hingga pudding.

8. Taman Kaliurang

jurnaljogja

 

Taman ini akan membawa kebahagiaan terutama untuk anak-anak. Dengan luas 1 hektar, taman ini dipenuhi oleh beragam permainan anak yang akan membuat anak betah.

Ajaklah keluarga Anda untuk bersantai sejenak di Taman Kaliurang.

9. The Lost World Castle

dakatour.com

 

Layaknya benteng takeshi atau tembok besar cina, wisata yang satu ini memang memiliki model bangunan kastil megah. Lokasinya berada di Cangkirngan, Sleman Yogyakarta.

Kastil ini ternyata sangat mengedukasi karena menyapaikan pesan tentang erupsi Gunung Merapi yang sempat meluluhlantahkan desa di lereng gunung.

Itulah beberapa wisata yang letaknya cukup dekat dengan Kaliurang. Tak hanya untuk perorangan, namun wisata keluarga juga tersedia di Kaliurang. Tertarik untuk berkunjung?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.