9 Cara Hemat Liburan Tahun Baru ke Banyuwangi, Coba Yuk…

Cara Hemat Liburan Tahun Baru ke Banyuwangi – Bingung mau mencari tempat destinasi liburan tahun baru? Kota di ujung timur pulau Jawa ini bisa jadi pilihan. Yes, kota Banyuwangi alias kota Gandrung.

Berdekatan dengan Pulau Bali, tepat sebelum menyeberang Pulau Dewata, cobalah untuk menjelajahi kota Banyuwangi yang kaya budaya dan wisata alam.

Biar semakin menyenangkan dan gak bikin kantong bolong, yuk cek cara hemat menjalani liburan tahun baru ke Banyuwangi berikut:

Pesona Indo

Menjelajah bersama si Hitam yang ekonomis

Bisa dibilang kebanyakan tempat wisata di Banyuwangi masih relatif terjangkau. Hanya saja memang dibutuhkan ongkos untuk transportasi yang ekstra. Terlebih jika kamu berada di Jakarta atau berangkat dari luar pulau. Nah, biar semakin hemat, kenapa tak mencoba naik kereta api yang ekonomis.

Dari Stasiun Lempuyangan di Yogyakarta, kamu bisa menaiki kereta Sri Tanjung menuju Banyuwangi. Atau jika kamu berada dari sebelah barat Pulau Jawa, transit dulu ke stasiun Lempuyangan.

Tapi ingat, agar lebih dekat ke pusat kota Banyuwangi. Sebaiknya turun saja di stasiun Karangasem. Sedangkan stasiun Banyuwangi sendiri lokasi agak jauh, bahkan lebih dekat ke arah pelabuhan penyeberangan ke bali.

Meniti aspal sepanjang jalanan Pulau Jawa

Cara hemat kedua yang bisa ditempuh adalah menaiki bus. Jalur darat bisa ditempuh dari terminal bus Surabaya menuju kota Banyuwangi dengan jarak tempuh setidaknya 7 – 8 jam.

Sebaiknya, cari bus yang rutenya tidak melewati Jember, karena selain memutar dulu ke kota Jember sehingga perjalanan lebih jauh, kamu juga perlu merogoh kocek untuk tarif tambahan dan konon rawan kriminalitas.

Terminal bus Banyuwangi sendiri lokasinya berjarak sekitar 15 km dari Alun – alun Banyuwangi. Jika sampai di sana malam hari. Sebaiknya, pesan go-jek atau ojek, dan taksi karena tidak mudah menemukan angkutan selepas pukul 10 malam.

bromoijentours.com

Baca juga:

Cara Hemat Liburan Tahun Baru ke Banyuwangi

Kebanyakan wisatawan yang pergi ke Banyuwangi, umumnya pasti bertandang ke kawah Ijen. Di sana udaranya cukup dingin, jadi sebaiknya bawa baju tebal. Jika tidak, bawa saja pakaian ganti secukupnya yang bisa kamu pakai berlapis.

the traveler post – WordPress.com

Cari akomodasi murah via agen travel wisata atau situs online

Cari informasi penginapan murah di Banyuwangi melalui situs online di internet. Harga kamar per malam cukup ramah kantong. Dipatok mulai dari Rp 50 ribu – Rp 100 ribu.

Sekarang sudah banyak situs akomodasi online berdasarkan harga, peringkat, ulasan ataupun fasilitasnya. Ataupun, kamu bisa menghubungi agen travel wisata Jari Adventure.

Coba makan seperti warga lokal

Java Adventure Trail

Tak perlu terlalu larut dengan review atau ulasan para travel blogger. Agar pengeluaran tetap terkontrol, pilih saja kuliner favorit warga lokal. Karena mereka pasti tahu tempat makan yang enak dan murah sebagai warga lokal. Pilihan menu standar di Banyuwangi seperti bakso, nasi goreng, soto, juga tersedia di pinggir jalan.

Pilih lokasi obyek wisata yang tidak terlalu jauh dengan pusat kota. Yang berarti bakal menghemat ongkos untuk transportasi. Bahkan, kamu mungkin bisa cukup berjalan kaki tanpa mengeluarkan ongkos. Misalnya pergi ke Pantai Bama yang berjarak sekitar 2 km dari Taman Bengkol.

Bawa tas yang praktis dan ringkas

ijentamansari.com

Persingkat waktu dalam berkemas dan hemat tenagamu dengan cara mengemas atau membawa tas yang ringkas saja. Tak perlu membawa tas atau bawaan yang terlalu banyak atau berat. Jika butuh sesuatu, kamu masih bisa membeli di tempat destinasi. Peralatan mandi atau kebutuhan pribadi yang masih bisa dibeli di tempat destinasi. Jadi, tak usah dijejalkan di dalam tas yang hanya menghabiskan ruang di dalam tas.

Selain itu, pertimbangkan juga untuk mencuci baju saat kamu istirahat di hotel. Jadi, kamu tak perlu repot membawa baju ganti yang terlalu banyak. Gunakan saja, sampo atau sabun mandi untuk mencuci pakaian, dan keringkan dalam semalam dengan menyetrika (tersedia di hotel) atau tempatkan di belakang TV. Atau jemur di depan teras kamar.

**

Meskipun berlibur murah jadi tujuan utama. Tapi, bukan berarti kamu takut menghubungi agen wisata Jari Adventure. Pasalnya, dengan perjalanan wisata sesuai budget, kamu tak perlu repot mengurus transportasi, akomodasi dan tour sendiri.

Permudah perjalanan wisatamu bareng agen travel wisata, Jari Adventure…

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *