8 Destinasi Wisata Yang Menarik di Kecamatan Buru, Kabupaten Karimun

Sumur Tua Pulau Buru – Masih berbicara tentang destinasi liburan. Kali ini kita akan memberikan informasi seputar wisata di Kabupaten Karimun tepatnya di Kecamatan Buru. Pulau Karimun sebagaimana penjelasannya, dibentuk berdasarkan UU RI No.53 Tahun 1999 yang berbatasan langsung dengan Singapura, Semenajung Malaysia dan Selat Malaka serta Kabupaten Indragiri [Riau darat].

Berpisah karena kutukan

Kecamatan Buru konon, dahulu satu tanah dengan Johor, Malaysia. Namun pulau ini terpisah akibat dari kutukan sehingga Pulau Buru acapkali disebut dengan Pulau Sumpahan. Kecamatan Buru ini terdapat beberapa tempat wisata religi yang bisa menjadi destinasi wisata anda, seperti Makam Datuk Sibadang yang merupakan seorang hulubalang kerajaan Riau-Lingga.

Kemudian makam Moyang Seraga yang konon merupakan penduduk pertama yang ditemui raja saat berburu. Terdapat juga Makam Keramat Layang Kumitir. Tidak hanya itu di kecamatan ini juga terdapat sumber air panas yang terletak tepat di Desa Tanjung Hutan Kecamatan Buru. Terdapat Masjid Abdul Ghani, Kelenteng Tua, Tapak Kaki Si Badang, Pantai Tanjung Ambat serta Sumur Tua.

Nah, penasaran tentang informasi seputar destinasi wisata di Kecamatan Buru? Yuk simak-simak sama-sama!

Sumur Tua Pulau Buru

Lubang air minum kuno di Pulau Buru ini menyimpan keunikan tersendiri dimana mata airnya tidak pernah kering dalam kondisi cuaca seperti apapun. Lokasi bersejarah ini dimanfaatkan oleh penduduk untuk memenuhi kebutuhan air bersih sehari hari.

Pantai Tanjung Ambat

Tanjung Ambat merupakan salah satu wisata Bahari yang terdapat di Kecamatan Buru. Destinasi  Tanjung Ambat memiliki pemadangan yang dapat memanjakan mata para wisatawan. Memiliki air yang kebiruan dan beberapa cottage yang terbuat dari kayu hutan Pulau Buru. Nah, jika anda adalah salah satu beach hopping [Penyuka Pantai] anda bisa datang ke sini dengan menggukan perahu atau speedboat dari Tanjung Balai selama kurang lebih 45-50 menit.

Tapak Kaki Sibadang

Tapak Kaki Sibadang terdapat di atas batu cadas, Namun tapak kaki tersebut dipenuh air sehingga tidak terlihat begitu jelas. Nah, di sekitar Tapak Kaki Sibadang terdapat mata air yang terus mengalir dari dinding bukit.

Baca juga; Pesona 4 Pulau Cantik Di Pulau Karimun

Sumber Mata Air Panas

Mata air ini seperti yang dijelaskan di atas terdapat di desa Tajung Hutan Kecamatan Buru. Pemandian Mata Air Panas terdapat seperti kolam. Kolam ini sangat cocok untuk relaksasi karena jauh dari kebisingan kota dan hanya dikelilingi perkampungan unik dan masih terasa begitu alami. Nah, bagi anda yang tertarik. Segera persiapkan destinasi perjalanan anda.

Masjid Abdul Ghani

Masjid Abdul Ghani merupakan masjid yang unik karena memiliki arsitektur  khas Tiangkok dan masjid ini masjid dalam bentuk aslinya dan berfungsi dengan baik. Selain itu masjid ini juga bisa menampung kurang lebih 100 jamaah.

Kelenteng Tua Kecamatan Buru

Sebagaimana mestinya, keleteng merupakan rumah ibadah bagi umat Budha. Begitupun dengan Kelenteng Tua di Kecamatan Buru ini. Kelenteng ini merupakan kelenteng pertama yang didirikan di Pulau Buru. Keleteng Tertua ini persis terletakan bersebelahan dengan Masjid Abdul Ghani yang merupakan masjid tertua di Karimun. Nah, di sini anda akan bisa melihat adanya toleransi antar umat yang ternyata sudah ditanamkan dan terjalin sejak dulu kala.

Gunung Papan

Nah, saat membaca nama gunung ini anda mungkin berfikir bahwa bentuknya seperti papan. Ternyata gunung yang memiliki nama unik ini memiliki pemandangan yang cukup indah. Dari atas Gunung Papan anda bisa melihat Kota Karimun dari atas puncaknya. Bagi anda pendaki pemula bisa mencoba untuk datang dan mengunjungi Gunung Papan ini.

3 Makam di Kecamatan Buru

Selain daripada destinasi bahari dan juga alam namun juga terdapat wisata religi. Jika anda mengujungi Kecamatan Buru ini, anda bisa mengunjungi 3 makam orang-orang terdahulu. Seperti yang telah disebutkan di awal, kecamatan ini terdapat tempat peristirahatan terakhir dari Datuk Sibadang, kemudian Moyang Seranga dan Makam Layang Kumitir.

Demikianlah informasi destinasi wisata di Kecamatan Buru, Kabupaten Karimun. Semoga bisa menjadi guide perjalan anda selama belibur di Pulau Karimun, Kepulauan Riau. (jari adventure-det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *