7 Tempat Wisata Gresik Kekinian yang Belum Kamu Ketahui

Kota Gresik banyak dikenal orang sebagai kota kecil yang menjadi tuan rumah banyak pabrik dan industri skala besar. Seperti pabrik makanan, kabel, otomotif, semen, dan sebagainya. Dari kota Surabaya jaraknya hanya sekitar 1 jam perjalanan. Akan tetapi, ketimbang meluncur ke Gresik untuk wisata, kebanyakan turis akan lebih memilih untuk singgah ke Madura atau Malang.

Padahal, sebagai kota tujuan wisata, kota Gresik juga tak kalah menarik lho. Di setiap sudut mungkin lebih banyak terlihat kawasan industri, tetapi setelah menjelajahi lebih dalam, kamu bakal menemukan banyak permata wisata tersembunyi yang eksotis.

Nah, bersama kami yuk kita jelajahi pesona alam kota Gresik yang masih belum banyak dikenali turis berikut:

1.Bukit Kapur Gosari

hipwee.com

Lokasi wisata kekinian ini dahulunya merupakan lokasi pertambangan batu kapur dan bahan konstruksi lainnya. Berada di sekitar area gunung kapur desa Gosari, Ujungpangkah, Gresik. Tak jauh dari sini, juga ada bukit Sekapur yang berada di sisi utara. Pemandangan bukit kapur yang terus – menerus digerus oleh mesin pengeruk, menyisakan panorama indah seperti grand canyon dengan pahatan – pahatan memanjang. Keren banget!

2.Banyu Urip Mangrove Center, Ujungpangkah

reresepan.com

 

Keindahan desa Banyu Urip di kec. Ujungpangkah, Kab. Gresik semakin bersinar dengan pembudidayaan tanaman mangrove. Masyarakat sekitar bahu – membahu menanam tanaman bakau untuk mencegah abrasi di sekitar area pantai. Selain itu, hutan mangrove juga menjadi kawasan wisata alam yang mendatangkan pundi – pundi rejeki bagi pemerintah daerah juga warga lokal. Dengan dibukanya hutan Mangrove Ujungpangkah, banyak orang yang datang untuk berwisata dan berolahraga.

Ada jogging track terbuat dari papan kayu sepanjang 600 meter tepat di tengah rimbunnya hutan. Kamu bisa menjajal serunya jogging di antara kesejukan hutan bakau yang asri dan rindang.

3.Danau Kastoba, Pulau Bawean

tstatic.net

 

Tak hanya melulu soal pantai, di tengah Pulau Bawean, Gresik, juga terdapat danau lho. Buat yang ingin melipir sejenak menikmati surga tersembunyi di kota Gresik dapat singgah ke Danau Kastoba yang ada di Desa Paroman, Kec. Tambak, Bawean, Gresik.

Keberadaan Danau Kastoba cukup unik. Sembari jalan – jalan ke danau, panorama yang indah membentang sepanjang perjalanan. Lokasinya ada di atas bukit dengan pepohonan hijau yang menyejukkan mata.

baca juga:

4.Penangkaran Rusa, Bawean

surabayaonline.co

 

Di Pulau Bawean, kamu juga bisa menjumpai tempat penangkaran Rusa yang semakin langka. Di habitat ini hanya ada sekitar 40 ekor saja. Karena kelangkaannya ini, Rusa Bawean menjadi maskot Asean Games 2018, yang diberi nama “Atung”. Bila singgah ke Gresik, jangan lupa mampir ke Desa Pudakit yang ada di Kec. Sangkapura, Kab. Gresik.

 5.Pantai Karang Kering

ytimg.com

Ingin berburu sunset terindah di Gresik? Wah gampang banget. Kota Gresik meupakan salah satu kota pesisir dekat dengan pantai. Jadi, kamu tak akan menemukan banyak kesulitan untuk mencapai lokasi pantai. Apalagi, menuju lokasi Pantai Karang Kering. Lokasinya ada di Jl. Kapten Darmo Sugondo, Desa Karang Kering, Kec. Kebomas, Kab. Gresik.

6.Pulau Gili Noko

intaninchan

Gak usah jauh – jauh ke Raja Ampat kalau mau snorkeling. Di kota Gresik juga ada kok spot diving dan snorkeling. Namanya, Pulau Gili Noko. Dengan perairan yang relatif tenang, jernih dan bersih, surga liburan ini cocok untuk menghabiskan liburan yang menakjubkan. Terumbu karangnya warna – warni dan cantik, dipadu air laut yang bening hingga tak ke dasarnya.

Jarak dari Pulau Bawean sekitar 3 jam-an. Bagi pengunjung yang ingin snorkeling, bisa membayar sekitar Rp 75 ribu. Coba deh bandingkan dengan tarif di tempat wisata lain yang bisa mencapai ratusan ribu. Dijamin murah deh…

7.Sendang Pancuran Gosari, Ujungpangkah

kabargresik.com

Buat yang mau relaksasi, ini dia sumber mata air alami yang mengendurkan ketengan syaraf dan otot agar lebih santai dan melepas segala stres. Namanya Sendang Pancuran Gosari. Para pemuda Karang Taruna setempat saling bekerja sama mengubah Desa Gosari yang tadinya sepi dan gersang, menjadi tempat wisata yang atraktif.

Selain banyak tersedia spot selfie, pengunjung juga bisa mendapatkan fasilitas umum mushola, kamar mandi, serta para pedagang makanan dan minuman.

Jangan lupa, kalau ke Gresik jajal wisata kuliner khas yang paling terkenal yaitu nasi krawu. Berisi nasi, daging sapi yang disuwir – suwir, srundeng, serta sambal. Hmm.. dijamin mantap.

Selamat jalan – jalan ke Gresik bersama agen travel wisata, Jari Adventure..

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *