7 Pulau Indonesia yang Terkenal di Dunia, Tapi Asing di Negeri Sendiri

Negara Indonesia yang terdiri dari negara kepulauan memiliki ribuan pulau yang masih belum terjamah oleh wisatawan. Bisa dipastikan, sewaktu liburan di sana Anda akan serasa liburan ke pulau pribadi yang masih sepi.

Keindahan alam dan pesona pulau –pulau terluar di Indonesia mungkin masih berada di bawah jangkauan radar turis domestik atau turis dalam negeri. Akan tetapi, turis – turis asing yang berasal dari berbagai negara di seluruh dunia sudah tak tahan tergoda daya tariknya.

Mereka kerap menyambangi pulau – pulau terluar di Indonesia sebagai surga liburan yang selalu rindu dikunjungi setiap tahun.

Nusantara yang mempesona sudah menjadi sasaran bagi turis asing berwisata. Nah, bagaimana dengan turis asal Indonesia? Sudahkah mengunjungi 7 pulau terindah di Indonesia yang jadi surga liburan turis mancanegara berikut:

Pulau Berhala

blogspot.com

Berada di sekitar Selat Malaka, Pulau Berhala masuk dalam provinsi Sumatera Utara, Medan. Lokasi tepatnya ada di Kabupaten Serdang Bedagai, Kec. Tanjung Beringin.

Pulau yang masih relatif sepi pengunjung ini menjadi tempat konservasi penyu hijau, dan berbagai jenis ikan serta terumbu karang yang hidup bebas di habitatnya. Tentu saja, langkah awal menelusuri lokasi ini adalah bermain di bibir pantai serta menyelam atau snorkeling.

Keindahan pantai berpasir putih akan menjadi pemandangan sejauh mata memandang yang berbatasan lautan biru tosca. Panjang bibir pantai mencapai 2,5 km.

Pulau Rondo

antarafoto.com

Kerap disebut sebagai titik nol wilayah Indonesia, Pulau Rondo berada di paling ujung utara Nusantara. Akan tetapi, karena sulitnya akses menuju lokasi, maka titik 0 dialihkan ke kota Sabang. Di Pulau Rondo mirip seperti pulau antah berantah yang misterius. Ini karena memang sebagai pulau terluar, pulau ini masih sepi pengunjung dan banyak penjagaan dari tentara nasional Indonesia.

Di Pulau Rondo, populasi ular juga lumayan banyak. Akan tetapi, perasaan mencekam akan berganti menjadi senyuman manis melihat panorama lautan biru terhampar yang berpadu awan cerah. Menikmati kesunyian Pulau Rondo, kamu bakal menikmati arti liburan dan relaksasi yang sebenarnya.

Pulau Kisar

blogspot.com

Berada di antara perbatasan Timor Leste dan Indonesia, Pulau Kisar secara administratif masuk dalam wilayah Kabupaten Maluku Barat Daya.

Keindahan Pulau Kisar terpancar dari pesona pasir putih yang membius pikiran menjadi lebih rileks dan tenang. Walaupun berada di perairan, uniknya masyarakat bukan menjadi nelayan. Tetapi, mereka bisa bercocok tanam aneka kebutuhan pangan. Seperti buah – buahan, kacang – kacangan, sayuran dan aneka keperluan dapur.

Selain itu, jeruk lemon juga menjadi komoditas utama yang biasa menjadi oleh – oleh pengunjung. Pulau yang unik ini memiliki tanah subur karena dikelilingi bukit bertanah vulkanis yang kerap dijuluki sebagai permata tersembunyi dari Indonesia.

Moda transportasi menuju Pulau Kisar dapat dijangkau dengan pesawat kecil Cassa 212 dengan jumlah penumpang maksimum 18 orang.

Baca juga:

Sumpek dan Stres di Jakarta, Sejukkan Pikiran di 6 Hutan Ini yuk..

 

 

Pulau Liran

indonesia-tourism.com

Masih berada di sekitar area perbatasan dengan Negara Timor Leste. Lokasi Pulau Liran berada di Selat Wetar, masuk dalam kabupaten Maluku Barat Daya sama seperti Pulau Kisar.

Diketahui, ada sebuah tugu perbatasan di Pulau Liran sebagai simbol batas wilayah antara Timor Leste dan Indonesia.

Tugu ini diletakkan di sebuah bukit, di sisi barat pulau. Tentu saja, berada di atas ketinggian bukit menawarkan sensasi keindahan yang memanjakan indera penglihatan.

Bentangan lautan biru yang luas seolah tak bertepi tepat berada di ujung cakrawala. Pulau Liran memang sangat mempesona. Di tengah pulau ada sebuah mercusuar yang makin membuat takjub yang menyempatkan diri naik ke atas. Perairan biru yang bening dan bersih, masih belum terjamah banyak turis dan tidak terkontaminasi sampah.

Pulau Dolangan

infojakarta.net

Keunikan Pulau Dolangan ada pada keindahan terumbu karang yang tiada duanya. Lokasinya ada di Kabupaten Toli-toli, Sulawesi Tengah.

Ketika menjejakkan kaki di pulau yang berlokasi di antara Indonesia, Filipina dan Malaysia ini pengunjung akan terpikat untuk langsung menceburkan diri menikmati pesonanya.

Laut Sulawesi terkenal dengan kecantikan alam bawah laut dan ikan – ikan beraneka warna yang beragam jenis. Bahkan, setiap tahun terumbu karang dapat berkembang secara alami hingga 70%. Sungguh sebuah surga liburan yang tak tertandingi.

***

Ingin menikmati liburan yang sesungguhnya? Yuk, mantapkan diri mengunjungi pulau – pulau terluar di Indonesia. Selain membantu melestarikan pariwisata di Nusantara, Anda juga dapat menambah pengalaman berkesan ke tempat wisata yang baru dan belum banyak dikunjungi turis lain.

Selamat berlibur bersama agen travel wisata, Jari Adventure..

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *