7 Pantai Eksotis untuk Dikunjungi di Pulau Kalimantan

 

Borneo, pulau terbesar ketiga di dunia, terbagi menjadi tiga negara. Sabah dan Sarawak Malaysia berada di utara, Kalimantan di Indonesia berada di selatan, dengan Brunei terjepit di antaranya.

Pariwisata berkisar pada keanekaragaman hayati, ekologi, hutan hujan, margasatwa, Gunung Kinabalu, menyelam, dan aneka pilihan pantai terbaik di Kalimantan yang luar biasa.

 

Pulau Tiga, Sabah

amazingborneo

Pernah menjadi lokasi rahasia di serial TV populer Survivor, sekarang menjadi pulau tropis favorit bagi wisatawan petualang di Kota Kinabalu.

Pulau Tiga terdiri dari tiga pulau kecil dan dengan bangga menampilkan sejumlah garis pantai yang terisolasi, termasuk Asmara dan Pagong-Pagong.

Tidak hanya Pulau Tiga, kadang-kadang disebut Pulau Survivor, bersih dan terpencil, tetapi juga memiliki beberapa pantai terbaik di Kalimantan.

Jarak ke pulau sekitar 50 kilometer dari Kota Kinabalu. Tempat ini seolah punya keindahan murni karena letaknya yang terpencil.

 

Tanjung Aru, Kota Kinabalu, Sabah

Traveloka.com

Pantai terbaik Kota Kinabalu, Tanjung Aru, menawarkan hamparan pasir oranye yang mengesankan dengan latar belakang pohon palem.

Terletak bersebelahan dengan Bandara Internasional Kota Kinabalu dan dalam jarak beberapa kilometer dari pusat kota, area ini merupakan tempat nongkrong favorit bagi penduduk lokal dan turis di sore hari.

Beberapa bangku dan fasilitas barbeku memenuhi taman di sebelah Tanjung Aru, menjadikannya tempat yang ideal untuk bersantai dan menyaksikan matahari terbenam dalam suasana spektakuler.

 

Pulau Manukan, Kota Kinabalu, Sabah

Viator

Pergilah ke ibu kota Sabah, Kota Kinabalu, dan pandangi kepulauan kecil di seberang laut. Kelima pulau tersebut membentuk Taman Laut Tunku Abdul Rahman, dinamai menurut nama perdana menteri pertama Malaysia.

Paling banyak dikunjungi adalah Pulau Manukan. Hanya dalam waktu 15 menit dengan feri dari Jesselton Point.

Penumpang akan berdiri di pantai pasir putih sepanjang 1,6 kilometer ditemani air sebening kristal. Hutan hujan lebat yang dipenuhi monyet berada di belakang garis pantai.

Terumbu karang dan kehidupan laut yang melimpah memenuhi kawasan perairan. Manukan menawarkan salah satu pantai terbaik di Kalimantan dan merupakan tujuan snorkeling kelas dunia.

 

Pantai Derawan, Berau, Kalimantan Timur

tempatwisataseru

Dengan pasir putih, air sebening kristal, dan pohon palem di tepi pantai, Pulau Derawan dinilai sebagai tempat teratas untuk bersantai di Kalimantan Indonesia.

Pulau yang terletak sekitar 17 kilometer dari garis pantai Kalimantan Timur di Laut Sulawesi ini adalah surga bagi pecinta pantai dan penggemar aktivitas selam.

Selain menikmati resor dan pantai yang masih asli, perairan ini menampung terumbu karang, lumba-lumba, paus sesekali, dan penyu sisik yang terancam punah.

 

baca juga:

7 Hal Terbaik di Larnaca Siprus yang Bisa Kamu Singgahi

 

Pantai Hawaii, Miri, Sarawak

jelajahmaya

Pantai Hawaii Miri berada di antara yang terbaik di Kalimantan. Hanya dalam waktu 15 menit dari pusat kota, pasir putih membentang di sepanjang perairan Laut Cina Selatan yang hangat dan lembut.

Sebuah taman di belakang pantai menyediakan tempat untuk duduk dan bersantai sambil menikmati piknik atau barbeku. Pergilah di malam hari dan akhir pekan, lalu temukan penduduk setempat bersantai di Pantai Hawaii di Kampong Bakam Miri.

 

Pantai Muara, Brunei

youtube

Brunei tidak memiliki reputasi sebagai pantai terbaik di Kalimantan. Namun Pantai Muara di dekat Kota Muara, sekitar 27 kilometer di timur laut ibu kota Bander Seri Begawan, merupakan pengecualian.

Pasir oranye yang panjang memeluk taman yang rapi dengan meja piknik dan area bermain anak-anak. Apakah Anda ingin melihat matahari terbenam atau lebih banyak tentang Brunei, Pantai Muara tidak akan mengecewakan.

 

Pantai Tebing Tusan, Miri, Sarawak

ohbulan

Tebing Tusan di Sarawak terletak sekitar 40 kilometer di bagian selatan Miri. Pantai di Kalimantan ini amat bersih, berpasir lembut, dan tebing terjal, yang mampu memenuhi definisi foto eksotis apa pun tentang pemandangan.

Tebing Tusan mampu menampilkan salah satu peristiwa alam paling spektakuler dan paling langka di dunia. Ketika kondisinya tepat, laut mulai bersinar. Mikroorganisme kecil yang disebut dinoflagellata memancarkan cahaya ketika diusik oleh gelombang.

Efeknya berhasil menciptakan cahaya biru neon di pantai yang dangkal di antara jurang hitam pekat di dekat lautan. Dibutuhkan satu jam untuk mencapai Tebing Tusan dari Miri.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.