7 Oleh-oleh Khas Bangka Belitung yang Wajib Dibawa Pulang Liburan

Menyebutkan nama Bangka Belitung, banyak orang yang bakal teringat dengan Film fenomenal, Laskar Pelangi yang sempat hits pada sekitar tahun 2008. Semenjak film Laskar Pelangi sukses menggebrak layar perak, maka sama halnya dengan popularitas Bangka Belitung sebagai setting lokasi syuting.

Bangka Belitung kini menjadi tempat wisata yang patut diperhitungkan untuk liburan yang menyamai Maladewa di Indonesia.

Ada begitu banyak pantai – pantai berair biru yang jernih, serta batu – batu di tepi pantai yang terbuat dari bahan granit. Konon bebatuan ini terbentuk dari gunung vulkanik sejak jutaan tahun lampau.

Selepas liburan di Bangka Belitung, salah satu kegiatan yang tidak tertinggal adalah membeli oleh – oleh khas atau panganan dari Bangka Belitung untuk buah tangan keluarga di rumah. Nah, apa saja jenis oleh – oleh dari Bangka Belitung yang cocok untuk oleh – oleh sepulang liburan? Berikut ulasannya ya..

Sambal Rusip

inibaru.id

 

Orang Indonesia konon sangat menyukai masakan pedas. Terutama sambal. Jangan ngaku pecinta pedas kalau belum pernah mencicipi Sambal Rusip. Sambal khas Bangka Belitung ini merupakan resep turun – temurun warisan nenek moyang orang Bangka. Terbuat dari fermentasi ikan – ikan kecil yang sudah didiamkan selama satu minggu dengan bumbu garam dan gula merah. Rasanya, wow… gak perlu ditanyakan lagi, pedas dan mantap. Ada berbagai campuran rasa, mulai dari pedas, asin, manis dan asem. Sedapp banget!

Belacan Belitong

indonesiakaya.com

 

Terasi atau belacan khas Belitung juga cocok buat oleh – oleh karena biasanya sudah dikemas dengan rapat dan tidak menimbulkan bau saat dibawa bepergian atau naik pesawat. Jangan khawatir, soal rasa. Terasi khas Belitung terbuat dari udang kecil – kecil atau udang rebon atau potongan ikan segar yang ditangkap nelayan Belitung. Cukup sepucuk sendok makan Belacan khas Belitung maka satu periuk sambal yang kamu bikin di rumah, akan bertambah mantap pedas dan enaknya. Gak rugi deh beli untuk oleh – oleh.

Kemplang

elevenia.co.id

 

Untuk camilan atau jajanan yang renyah, Belitung juga menyimpan buah tangan yang cocok. Yaitu kerupuk kemplang. Bahan – bahan terbuat dari ikan tengiri dengan tekstur kerupuk yang padat dan tak mudah hancur. Kemudian, selain ikan ada juga kerupuk yang terbuat dari kepiting dan udang. Tinggal pilih sesuai selera.

Baca juga:

Lempok Cempedak

antaranews.com

 

Terbuat dari buah cempedak yang dihaluskan dan terus dimasak dengan cara diaduk – aduk selama beberapa jam. Pembuatannya sangat sulit dan membutuhkan tenaga. Hasilnya, mirip seperti dodol yang manis dan awet untuk oleh – oleh.

Rintak

indonesiakaya.com

 

Rasanya renyah dan biasa dijadikan camilan khas masyarakat Bangka Belitung. Umumnya terbuat dari bahan tepung sagu. Kemudian dibentuk seperti kembang. Teksturnya keras, tetapi setelah masuk mulut bakal melumer dan lembut.

Sirup Jeruk Kunci

tokopedia.net

 

Selain makanan, ada juga berupa minuman khas Sirup Jeruk Kunci. Rasanya manis, asam dan menyegarkan dahaga. Jeruk kunci sendiri ukurannya sebesar bola ping pong dan hanya bisa dijumpai di tanah Belitung.

Asinan Kelubi

blogspot.com

 

Terbuat dari buah kelubi, yang mirip salak hanya bisa ditemukan di daerah rawa. Rasanya masam dan setelah diolah menjadi asinan, kamu bisa mencocol dengan sambal gula merah yang pedas manis. Duh.. dijamin bikin air liur menetes deh.

***

Asli dijamin deh gak bakal nyesel, liburan ke Bangka Belitung. Untuk perjalanan wisata ke Bangka Belitung yang penuh keceriaan dan bebas ribet, hubungi agen travel wisata, Jari Adventure.

Jari Adventure bekerja sama dengan hotel dan transportasi di Bangka Belitung untuk menyediakan fasilitas legkap dan nyaman selama liburanmu bareng keluarga. Harga hemat dan paket liburan lengkap. Booking dan hubungi Jari Adventure sekarang juga. Untuk persiapan liburanmu di bulan Juli – Agustus atau liburan panjang sekolah.

Jari Adventure, siap mengakomodasi semua kebutuhan perjalanan wisata kamu. Enjoy dan selamat liburan ke Bangka Belitung ya…

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *