Nyamm.. Semuanya Enak! 7 Makanan khas Istanbul Turki yang Bikin Nyesel Bila Tak Dicicipi

Pengaruh budaya Islam dan Eropa yang sangat kuat menjadikan Turki sebagai sebuah negara yang unik. Di satu sisi pengaruh Eropa dengan berbagai teknologi berkembang pesat dan bangunan arsitektur megah begitu menakjubkan.

Sedangkan, pengaruh Islam terpancar dari tradisi dan kebudayaan warga lokal yang sangat menghormati perbedaan. Umumnya, wisatawan yang datang ke Turki akan segera menyambangi ibukota Ankara. Padahal, ada juga kota spektakuler yang tak kalah memikat, Istanbul.

Keunikan Istanbul ada pada perpaduan sejarah dan budaya Islam dan Eropa. Terlihat dari berbagai sudut kota yang dihiasi arsitektur mengagumkan dan menjadi pusat perekonomian warga lokal.

Tak sampai di situ, kehidupan malam di Istanbul juga sangat semarak dan beragam. Ditambah lagi, ada banyak kuliner unik yang sangat sayang untuk dilewatkan. Makanan apa saja ya yang bisa dicicipi selama jalan – jalan di Istanbul? Baca terus yuk..

1. Kebab

Tidak repot jelajah kuliner di Istanbul. Hal ini karena ada banyak makanan halal yang lezat dan mengudang selera. Misalnya seperti kebab yang banyak dijajakan para pedagang kaki lima di pinggir jalan. Kebab khas Turki dibuat dari irisan daging kambing, atau daging sapi yang sudah dibumbui dan dipanggang. Kemudian, ditambahkan sayuran segar dan sehat seperti seladar, jamur, irisan tomat, irisan bawang bombay, serta digulung di dalam roti pita yang gurih. Tak lupa ditambah saus mayonnaise atau saos sambal.

2. Dondurma

Anda pasti ingat kuliner yang satu ini. Ya, pengunjung tidak hanya sekadar mendapatkan es krim segar nan nikmat ketika terik. Karena membeli dondurma juga mendapatkan hiburan yang akan mengocok perut dan membuat Anda tertawa terpingkal – pingkal.

Pasalnya, sang penjual es krim akan mempermainkan es krimnya dengan tongkat panjang yang diacungkan kepada si pembeli. Namun, ternyata es krim ini bisa kembali ke tangan penjualnya. Usai berkeliling kota dan mulai bete atau penat, pulihkan diri dengan membeli dondurma. Dijamin, keceriaan Anda akan kembali penuh.

3. Hummus

Mirip seperti bubur, biasanya hummus disajikan sebagai hidangan pembuka saat perjamuan di Turki. Disajikan bersama dengan roti pita, makannya pun roti bisa dicocol dengan sedikit hummus.

Hummus dibuat dari kacang arab (chickpeas) yang sudah dihaluskan lalu dimasak dengan sedikit air, minyak zaitun, air lemon, lada dan garam. Untuk menyantapnya, bisa dijadikan cocolan roti pita. Hmm… sehat dan nikmat.

4. Manti (Turkish Ravioli)

Bila di Cina ada pangsit, dan di Italia ada ravioli, maka di Turki ada manti. Namun, perbedaannya terletak pada isian manti yang dibuat dari daging sapi cincang atau daging domba cincang yang diberi bumbu rempah – rempah Turki.

Cara penyajian manti dimakan dengan cara direbus atau digoreng. Lalu, tak lupa disiram saus yang terbuat dari yogurt, mentega cair, lalu ditaburi bubuk cabe.

5. Baklava

Kue yang legit dan manis khas Turki ini begitu populer sebagai menu penutup hidangan di restoran – restoran terkenal seluruh dunia. Mirip seperti roti brownies kacang yang disajikan bersama sirup atau madu. Baklava cocok untuk oleh – oleh atau dijadikan menu sarapan pagi yang menggugah selera.

6. Simit

Alternatif lain untuk sarapan adalah Simit. Mirip seperti donat, namun ditaburi wijen di atasnya dan digoreng dengan tekstur renyah dan garing. Pengunjung toko Simit ramai di pagi hari karena Simit cocok dinikmati sebagai pendamping minum teh.

Baca juga:

Kota Lembang Punya 4 Destinasi Wajib Dikunjungi, Ini Daftarnya

 

7. Kofte (Meatball)

Makanan bola – bola daging seukuran perkedel ini terbuat dari campuran daging ayam, daging sapi dan daging domba yang sudah dihaluskan. Lalu, ditambah bumbu rempah dan bawang bombay. Biasanya ada 3 varian olahan, yaitu digoreng, dipanggang atau direbus. Warga Turki akan menyantapnya dengan salad atau nasi dan saus.

***

Sudah tak sabar ingin berkunjung ke Turki? Siapkan segala kebutuhan wisata Anda selama di negeri Seribu Satu Malam dengan agen travel wisata yang handal dan profesional.

Jari Adventure siap melayani segala kebutuhan perjalanan wisata Anda ke destinasi di seluruh Indonesia. Termasuk gathering, outbond, exhibition, rombongan study tour, dan lain – lain. Hubungi WA : 0877 – 78906999 untuk pemesanan atau informasi selengkapnya.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.