7 Gedung Bersejarah di Surabaya Untuk Pecinta Wisata Kota Tua

Jalan – jalan menikmati warisan arsitektur tempo dulu, seakan – akan sejenak melenyapkan segala masalah yang membebani pikiran. Oleh karena itu, banyak orang yang gemar bertualang dan mencari gedung – gedung khas kolonial untuk ditelusuri lebih dalam. Bukan hanya mengagumi arsitektur yang rumit dan berkelas dunia, tetapi juga mengetahui kisah – kisah atau cerita yang menyertainya.

Nah, bagi para pemburu foto – foto vintage atau fotografi arsitektur bergaya tempo dulu, kota Pahlawan tak boleh dilewatkan. Berikut adalah 10 gedung bersejarah di Surabaya yang menjadi bukti arsitektur Epik perpaduan Cina, Eropa, Timur Tengah dan Indonesia yang epik:

1. Gedung De Javasche Bank

Menjadi rumah bernomor satu di Jalan Garuda, gedung De Javasche Bank mewarnai sejarah finansial di Jawa Timur. Dibangun pada 1829, gedung ini menjadi cagar budaya Bank Indonesia yang difungsikan sebagai museum dan ruang pameran. Asyiknya lagi, di gedung ini para pecinta fotografi bisa menikmati studio yang atraktif dan dibuka untuk kalangan umum.

2. Gereja Kelahiran Santa Perawan Maria

Gereja tertua di Surabaya ini memadukan arsitektur gaya Eropa Niu Gothic dengan ciri khas rose window atau bentuk jendela bulat seperti bunga mawar dengan hiasan kelopak bunga berkaca patri. Saat ini menjadi tempat sekolah SMP Negeri 2 Surabaya atau dikenal sebagai Gereja Katolik Kepanjen. Dibangun pada 1899 dan resmi dibukat pada 5 Agustus 1900.

3. Hotel Majapahit

Tidak jauh dari Jalan Tunjungan Surabaya, Hotel Majapahit menjadi saksi bisu perlawanan arek – arek Surabaya melawan penjajah. Pada sekitar tanggal 9 – 10 November para pelajar dan anak – anak muda di Surabaya merobek bendera Belanda di puncak gedung hotel. Hotel yang dibangun di atas tanah seluas 1 hektar oleh Lucas Martin Sarkies ini digemari para wisatawan asal luar negeri yang ingin bernostalgia ke zaman tempo dulu. Rata  – rata tarif per malam di hotel bergaya Art Nouveau yang diarsiteki Alfred Bidwell ini di atas Rp 1 juta.

Baca juga:

7 Wisata Alam Probolinggo Spektakuler yang Jadi Permata Tersembunyi Jawa Timur

 

4. Gereja Kristen Indonesia

Keunikan Gereja Kristen Indonesia adalah bernuansa Timur Tengah ketimbang Eropa. Lokasinya ada di Jalan Pregolan Bunder No. 34 Surabaya. Dibangun pada 1918, arsitektur gereja Kristen ini mengusung konsep kolonial Belanda yang sedang tren pada 1870 – 1920-an.

5. Klenteng Hong Tiek Hian

Meninggalkan arsitektur Belanda, kali ini beralih ke Klenteng Hong Tiek Hian. Berlokasi di Jl. Dukuh No. 23, Nyamplungan, dekat kawasan wisata jalan Kia – kia Surabaya. Tempat ibadah umat Tionghoa ini menjadi bangunan klenteng tertua di Jawa Timur yang didirkan oleh pasukan Tar – tar pada abad ke 13 atau tahun 1293. Dipimpin oleh Jenderal Khu Bilai Khan yang legendaris.

6. Hotel Arcadia

Mengambil konsep arsitektur Belanda pada awal abad ke-20, Hotel Arcadia dibangun oleh warga Belanda bernama  NV Geo Wehry pada 1913. Setelah Belanda hengkang dari Nusantara, hotel ini menjadi bangunan cagar budaya yang dilestarikan.

7. Gedung Hallo Surabaya

Saat ini lokasi Gedung Hallo Surabaya berada di Jalan Bubutan Surabaya. Dahulu gedung ini diperuntukkan sebagai Rumah Sakit Mardi Santosa yang membantu banyak warga di bidang layanan medis. Gedung yang dibangun atas prakarsa dokter Belanda bernama Dr. Van Hoogstraten ini resmi dibuka pada 1951. Desain sepenuhnya mengambil konsep gaya Eropa modern.

Nama gedung diambil dari sebuah restoran yang mengambil alih gedung pada 2009, Restoran Hallo Surabaya. Namun, sekarang restoran tersebut sudah tidak beroperasi lagi. Sehingga gedung Hallo Surabaya menjadi cagar budaya kota Surabaya yang harus dilestarikan.

***

Nah, asyik kan, berwisata kota tua di Surabaya. Sebagai salah satupusat pemerintahan kolonial Belanda di Jawa Timur, para penikmat arsitektur tempo dulu akan menemukan surganya di kota Pahlawan. Masih banyak cagar budaya lain yang bisa dijumpai seperti bendungan kota, jembatan, rumah kediaman pejabat Belanda atau Tionghoa di masa lalu dan lain – lain.

Semuanya menghasilkan pengalaman wisata yang unik dan epik untuk membingkai petualangan ke kota tua Surabaya.

Pastikan perjalanan wisata ke Surabaya sudah dipersiapkan dengan baik bersama agen travel wisata profesional, Jari Adventure.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.