6 Tempat Wisata Keren di NTT yang Bikin Kamu Tidur Tersenyum Sepulang Liburan

Selama ini orang mungkin mengenal Nusa Tenggara Timur melalui Pulau Sumba dan Labuan Bajo yang spektakuler itu. Tak perlu jauh- jauh ke luar negeri kalau mau plesiran yang menakjubkan dan tak terlupakan. Pasalnya, di negeri sendiri pun ternyata ada nirwana liburan yang berada di sisi timur Indonesia.

Pesona keindahan alam Nusa Tenggara Timur membentang mulai dari garis – garis pantai berpasir putih yang perairannya berwarna biru kehijauan bak permata zamrud, hingga savana – savana tak bertepi tempat menggembala kuda dan hewan ternak.

Dari segi mana saja, Nusa Tenggara Timur pastinya tak kalah pesona dari destinasi wisata lain. Untuk pengalaman wisata yang berkesan, yuk kunjungi deretan tempat wisata favorit di Nusa Tenggara Timur dalam kunjungan liburanmu berikutnya:

Larantuka

floresplus.net

 

Kebanyakan orang, mengenal kota Larantuka melalui tembang lawas dari grup musik lawas legendaris. Ibukota Flores sisi timur ini merupakan kota kecil yang sarat dengan keindahan tradisi dan budaya.

Warga setempat mayoritas beragama Katolik, karena dahulu merupakan tempat tinggal ekspatriat dan peninggalan gereja dari Portugis. Mulai dari bangunan – bangunan bergaya Eropa hingga bahasa, masih dijumpai sisa – sisa peninggalan bangsa pelaut itu.

Pada event keagamaan Katolik tertentu, Larantuka akan meriah dan ramai. Upacara keagamaan yang populer salah satunya adalah Semana Santa. Ceremonial akan digelar menjelang Paskah. Dengan mengarak patung Bunda Maria atau Tuan Ma ke sepanjang jalan di kota diikuti iring – iringan warga Katolik.

Lembata

dolphinsafari.com

 

Berada tak jauh dari Larantuka. Kota kecil yang berada di kepulauan Flores Timur ini mulai terkenal sejak 1965. Lembata sangat cantik dengan pesona pesisir dan bahari yang sangat menakjubkan. Bayangkan saja, wilayahnya dikelilingi oleh perairan yang membiru seluas mata memandang.

Selain itu, di sekitarnya juga terdapat jalur – jalur pegunungan tepat berhadapan dengan pantai seolah – olah berbaris mengelilingi Lembata. Pengunjung yang ingin menyaksikan panorama laut lepas lebih spektakuler, bisa naik ke tebing – tebing di atas bukit agar penglihatan semakin terbuka lebar dengan panorama keindahan Lembata.

Tak bisa lepas dari bahari, Lembata menggelar Festival Nuhanera pada April – Mei, di mana pada musim ini migrasi Paus Biru dapat disaksikan dengan mata kepala secara langsung.

Alor

kabarwisata.com

 

Berkunjung ke Nusa Tenggara Timur, belum lengkap tanpa singgah ke Alor. Kota pelabuhan yang indah ini, berada di tepi pantai dengan pemandangan biru pirus yang menyegarkan pandangan.

Kapal – kapal nelayan berlabuh di tepi pantai dengan pasir putih sehalus bubuk gula. Selain panorama pantai, Alor juga menawarkan wisata sejarah dan budaya.

Di salah satu desa, ada peninggalan sejarah Islam berupa Al Quran tertua di Indonesia dan Asia Tenggara. Al Quran ini terbuat dari pelepah kulit kayu, yang menurut prediksi berasal dari abad ke-7. Wow…

Baca juga:

Jangan Ngaku Petualang, Kalau Belum Coba 5 Ayunan Ekstrim Paling Menggetarkan Adrenalin Ini

 

Ende

cepamagz.com

 

Satu lagi, destinasi yang wajib didatangi saat jalan – jalan ke Nusa Tenggara Timur. Yaitu Ende. Kamu pasti ingat ada gambar danau tiga warna, Kelimutu di Ende, saat melihat uang pecahan 5 ribu rupiah versi lawas.

Sesuai namanya, warna danau ini memang bermacam – macam, ada merah, biru dan putih. Tak hanya warna itu, terkadang juga berubah menjadi merah gelap dan bahkan ungu. Perubahan ini tergantung pada struktur mikroorganisme di dalam danau dan mineral – mineral yang terkandung di dalamnya saat perubahan suhu.

Yang tak kalah menarik, kunjungi juga rumah peninggalan Bung Karno sewaktu diasingkan di Ende pada 1934 – 1938.

Atambua

parinseja.com

Kota perbatasan antara Timor Leste dan Indonesia ini menjadi destinasi wisata yang cukup populer. Panorama tebing – tebing cadas yang tandus berpadu lautan biru tak bertepi. Seolah, menyajikan panorama spektakuler Atambua yang multikultural.

Tidak hanya warga Flores, Nusa Tenggara Timur, di Atambua juga terdapat suku etnis Cina, Ambon, Timor Leste, Rote, dan suku – suku lainnya.

Menariknya, di Atambua tak pernah terjadi keributan antar suku. Semua warga lokal hidup berdampingan dengan penuh kedamaian.

***

Gimana, langsung naksir kan dengan destinasi wisata di Nusa Tenggara Timur? Yuk, siapkan liburanmu ke Nusa Tenggara Timur dengan akomodasi dan agen travel wisata yang pas. Jari Adventure, menjadi mitra liburanmu yang pas dengan paket liburan lengkap dan harga bisa disesuaikan budget.

Selamat bersenang – senang di Nusa Tenggara Timur..

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *