6 Pulau Berpasir Putih di Kepulauan Anambas

Pulau Anambas – Saat mengunjung Kepulauan Riau [Kepri] yang sesungguhnya hadir dibenak kita barang tentu bernalar tentang keindahan lautnya. Kepulauan Riau yang memiliki banyak destinasi wisata pada masing-masing pulau-nya menjadikan Kepulauan Riau sebagai tempat tujuan para turis mancanegara ketika mengunjungi Indonesia.

Lain pulau lain pula kekhasan yang ditampilkan. Jika sebelumnya ada 7 Pulau dengan nama unik di Kabupaten Kepulauan Anambas. Kali ini kita akan membahas beberapa pulau yang memiliki pemandangan menakjubkan. Penasaran? Yuk sama-sama kita simak!

Pulau Durai

Durai adalah salah satu pulau dari beberapa pulau yang terdapat di Kabupaten Kepulauan Anambas. Pulau yang terletak di perairan Laut Cina Selatan, ternyata memiliki keistimewaan tersendiri. Pulau Durai terletak di Kecamatan Palmatak, Kabupaten Kepulauan Anambas [KKA], selain memiliki pemandangan yang indah, pulau ini juga merupakan tempat habitat penyu belimbing [Dermochelys coriacea] .

Kawasan yang dicanangkan menjadi kawasan konservasi ini telah dikelola dengan baik oleh Perusahaan Minyak dan Gas Primer Pulau Durai sejak tahun 2009-2012. Nah, jika anda tertarik untuk berkunjung ke kawasan ini jangan khawatir, karena penyu-penyu yang ada di Pulau Durai terdiri dari beberapa jenis seperti, Penyu belimbing, Penyu Lengkung dan Penyu Hijau.

Pulau Mangkai

Pulau Mangkai adalah pulau yang berada di Kecamatan Jamaja, Kabupaten Kepulauan Anambas [KKA]. Mangkai merupakan pulau yang berada pada gugusan terluar Kepulauan Anambas. Dan di samping Pulau Mangkai ini sendiri terdapat Pulau Mangkai Kecil yang hanya dihuni para perwira TNI AL yang bertugas.

Memiliki pasir yang putih dan berbukit-bukit. Nah, jika anda tertarik ke Pulau Mangkai, anda bisa memulai perjalanan dari Batam menuju Palmatak dengan menggunkn pesawat kecil milik Sabang Merauke Air Caetre [SMAC], kemudian dilanjutkan dengan speedboat menuju Letung hingga ke Pulau Mangkai. Namun anda juga bisa melakukan perjalanan dengan menggunakan kapal Ferry dari Pelabuhan Tanjung Pinang dengan total perjanan Tanjung Pinang-Letung selama kurang lebih 8 jam.

Meski perairan di sekitar Pulau Mangkai hanya berkisar 1-4 meter dan 8 meter untuk kedalaman yang jauh, pulau ini memiliki kekayaan ikan yang cukup tinggi. Di Pulau Mangkai ini anda dapat mencicipi kelezatan ikan tongkol, ikan Baronang, Kerapun dan lain-lain.

Baca Juga: Bintan Mangrove, Obyek Wisata Alam Sensasional di Kabupaten Bintan, Kep. Riau

Pulau Mengkait

Pulau Mengkait merupakan salah satu pulau yang dihuni oleh masyarakat yang mayoritas menjadi nelayan. Oleh sebab itulah Pulau Pengkait ini dijuluki sebagai kampung nelayan. Jika anda mengunjungi kampung ini maka anda akan disuguhi oleh banyaknya perahu pompon. Serta keindahan laut yang memiliki air yang jernih serta penduduk local yang begitu ramah. Nah, selamt berlibur ke Pulau Mengakait ya.

Pulau Penjalin

Penjalin merupakan salah satu dari sekian pulau cantik di Indonesiaa. Pulau yang memiliki nama dan dikenal dengan Pulau Penjalin ini dapat anda tempuh dari Kota Tarempa menuju pulau dengan speedboat.

Pantai penjalin yang terdapat di Pulau Penjalin ini memiliki pasir yang berwarna putih dan bertekstur lembut. Selain itu, Pulau Penjalin yang berbatasan langsung dengan Malaysia dan Vietnam ini layaknya kolam renang raksasa. Karena ombak yang relative tenang dan air yang jernih. Di Pulau Penjalin ini anda juga bisa menikmati lezatnya ikan bakar yang dapat dibakar sendiri. Nah, selamat berlibur ya.

Pulau Nongkat

Nongkat adalah pulau yang bisa menjadi destinasi liburan anda. Pulau Nongkat merupakan pulau yang memiliki susunan batu-batu yang besar. Hingga membentuk laguna yang melindungi gari pantai dan menyerupai benteng. Nah, jika anda ke Pulau Nongkat maka tak perlu khawatir. Karena di sini tersedi penginapan seperti Dhanina Cottage yang bergaya. Dan bernuansa tropical begitu indah. Air laut yang cukup tenang dan membuat segar mata memandang.

Pulau Temawan

Pulau Temawan adalah pulau yang menjadi tujuan bagi para pencinta Snorkeling  dan berenang. Temawan juga merupakan pulau yang sangat cocok bagi anda yang ingin berlibur bersama keluarga. Karena pulau ini merupakan pulau terfavorite di Tarempa. Nah, jika anda ingin merasakan sensasi keindahan di Temawan segeralah berkunjung bersama keluarga.

(jari adventure-det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *