6 Masjid Terindah di Dunia yang Megah, Indonesia Termasuk!

Masjid – masjid di seluruh dunia dibuat dengan desain rancang yang indah dan menawan. Semuanya untuk memberikan simbol kebanggaan dan kenyamanan masyarakat muslim yang akan beribadah. Tidak jarang, masjid juga dipakai untuk beragam kegiatan. Selain, sholat berjamaah, masjid – masjid saat ini juga dapat disewakan untuk acara akad nikah, pesta resepsi pernikahan, khitanan massal, atau acara tabligh akbar dan ceramah.

Di samping itu, masjid juga kerap menjadi pusat administrasi berbagai lembaga di kota tertentu serta menjadi instansi pendidikan untuk anak – anak. Seperti Taman Pendidikan Al-Quran atau sekolah islam lainnya.

Maka dari itu, masjid yang dibangun cantik diharapkan bisa menambah semangat ibadah bagi umat muslim yang menggunakannya. Di Indonesia, ada banyak masjid – masjid yang dibangun cantik dan indah. Bahkan, ada yang mengusung gaya arsitektur seperti Taj Mahal, Masjidil Haram, atau bahkan masjid berkubah emas.

Dari berbagai negara, kira – kira masjid apa saja yang paling indah dan memiliki konsep arsitektur yang menawan serta megah? Berikut adalah deretan masjid – masjid terindah di dunia yang memiliki unsur arsitektural gaya Islam dan kebudayaan setempat:

1. Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin, Brunei

staticflickr.com

Sebagai salah satu negara terkaya dan termakmur di muka bumi, sangat sulit untuk tidak menemukan masjid yang indah di dalam negeri Sultan Brunei Hasannal Bolkiah. Jangankan untuk masjid, gedung biasa dan area publik dibuat menawan dengan menggelontorkan dana yang tidak sedikit mendatangkan arsitektur dari luar negeri.

Kejayaan Brunei Darussalam juga dicerminkan dari gaya bangunan masjid nasional yang bernama Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin. Berada di pusat kota Bandar Seri Begawan.

thousandwonders.net

Pembangunan masjid yang menjunjung konsep perpaduan gaya India, Arab dan Italia ini begitu mewah dan spektakuler. Sesuai namanya, masjid ini dipersembahkan untuk Sultan Omar Ali Saifuddin yang telah mangkat. Beliau adalah sultan yang memerintah di Brunei sejak 1914 –1986. Beliau adalah ayahanda dari Sultan Hasannal Bolkiah yang saat ini tengah memimpin tahta kerajaan.

Masjid yang kerap menjadi tujuan destinasi wisata religi para pengunjung juga dikelilingi lingkungan yang asri dan taman-taman indah.

2. Masjid Faisal Shah, Pakistan

www.afvt.org

Dibuka pada 1986, masjid yang menjadi masjid terbesar keempat di bumi ini adalah kebanggaan masyarakat Islamabad, Pakistan. Lokasinya ada di pusat kota Islamabad yang diperuntukkan bagi Raja Faisal Shah. Saking megahnya ukuran masjid, hingga mampu menampung 10.000 jamaah sekaligus.

www.alluringworld.com

Arsitekturnya dipengaruhi gaya Turki dan Pakistan. Sehingga tampak sangat memikat dan megah. Bila berkunjung ke Pakistan, sangat layak untuk mengunjungi masjid yang indah ini meskipun mungkin para pengunjung tidak beragama Islam.

3. Masjid Hassan II, Maroko

www.klcbs.net

Masjid dengan keindahan yang luar biasa ini memiliki keunikan berupa sinar inframerah laser yang dapat mengarah ke Mekkah. Tujuannya, agar titik kiblat dapat lebih akurat dan presisi. Di samping itu, masjid tertinggi di bumi ini juga memiliki ruangan berdoa yang berlantai kaca. Sengaja dirancang berlantai transparan agar jamaah dapat menikmati keindahan panorama samudera yang membentang di kejauhan. Kemegahan Masjid Hassan II di Maroko ini dapat menampung sampai 100.000 jamaah untuk shola berjamaah.

4. Masjid Biru, Turki

www.islamicity.org

Nama Masjid Biru di Turki sudah kondang ke seluruh dunia. Dilihat dari kejauhan nuansa warna masjid bercat biru ini sudah tampak cemerlang memanggil – manggil jamaah atau masyarakat untuk berkunjung. Sejak tahun 1600-an, masjid yang berlokasi di ibukota Istanbul ini memang sudah dibuka untuk umum. Tapi, jika sudah memasuki waktu sholat. Masjid akan ditutup sementara untuk pengunjung non-muslim guna memberikan kesempatan bagi umat muslim berjamaah.

5. Masjid Akbar Sheikh Zayed,Uni Emirate Arab

www.akchabar.kg

Soal kemegahan dan kemewahan, Dubai memang juaranya. Di setiap tahun, selalu ada infrastruktur, gedung, bangunan yang modern dan akbar yang didirikan. Kekayaan minyak dan tambang yang berlimpah membuat masyarakat maupun pemerintah di Dubai tidak pernah kekurangan dana untuk membangun gedung – gedung yang memukau mata dunia. Seperti Masjid Akbar Sheikh Zayed. Bangunan yang megah ini menjadi simbol kemakmuran umat Islam modern di Uni Emirat Arab.

6. Masjid Istiqlal, Indonesia

services.sportourism.id

Tak kalah dari masjid di negara lain, Masjid Istiqlal menjadi kebanggaan umat Indonesia. Masjid yang berada tidak jauh dari tugu Monumen Nasional ini dapat menampung hingga 100.000 jamaah sekaligus. Merupakan simbol perjuangan umat Muslim di Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari para penjajah. Untuk itulah, nama masjid diambil dari bahasa Arab “Istiqlal” yang berarti kemerdekaan.

***

Wisata religi yang spektakuler dan berkesan di seluruh dunia akan memberikan pengalaman spiritual sekaligus memperkaya wawasan religi tentang sejarah perkembangan Islam di berbagai negara. Selamat berwisata religi dari agen travel wisata kepercayaan Anda, Jari Adventure.

 

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *