6 Hotel Ecofriendly di Kalimantan untuk Menikmati Pedalaman

 

Borneo, salah satu daerah dengan keanekaragaman hayati paling tinggi di dunia, adalah surga ekowisata. Dengan banyaknya habitat dan satwa liar, termasuk spesies yang terancam punah, pariwisata berkelanjutan harus menjadi prioritas semua orang.

Temukan hotel ecofriendly terbaik di Kalimantan dalam daftar berikut ini, mulai dari bungalow terpencil hingga hotel yang dibangun menggunakan bahan daur ulang untuk membantu kelestarian lingkungan.

  1. Borneo Nature Lodge.

tiket

Terbentang di sepanjang Sungai Kinabatangan di bagian timur Sabah, pondok ramah lingkungan ini dibangun dengan mempertimbangkan penduduk asli hutan. Sebisa mungkin, ke-12 chalet dibangun menggunakan bahan yang dapat terurai secara hayati atau dapat didaur ulang. Selain itu pembangunannya juga diusahakan terletak di sekitar pohon yang ada.

Jalur gajah juga tidak terganggu, jadi jangan kaget jika Anda bertemu dengan raksasa lembut satu itu saat sedang berjalan-jalan di luar. Hotel ini sebagian besar beroperasi memanfaatkan tenaga surya, dengan fitur kaca di setiap kamar untuk memungkinkan cahaya alami masuk, serta air hujan dikumpulkan untuk dipakai di toilet.

Anda dapat bergabung dengan perjalanan hutan, atau pelayaran sungai, selama tinggal di sini untuk mempelajari lebih lanjut tentang beragam flora dan fauna lokal, atau membantu upaya penanaman pohon dari staf resor.

  1. Paganakan Dii Tropical Retreat.

    theculturetrip

 

Diselimuti pepohonan dan bertengger di punggung bukit yang sempit, resor berwawasan keberlanjutan ini adalah tempat sempurna bagi Anda untuk menjelajahi hutan hujan di sekitarnya dan lebih dekat dengan satwa liar asli seperti bekantan, orangutan, dan buaya muara.

Berdasarkan prinsip-prinsip desain vernakular, tiga dupleks (enam kamar) dan tiga rumah panjang (36 tempat tidur) dibangun dengan sebagian besar kayu reklamasi dan bambu lokal, serta sesedikit mungkin mengganggu pemandangan alam. Meskipun ada AC, Anda mungkin hanya ingin menikmati angin sepoi-sepoi sambil menyesap jus buah segar di balkon pribadi.

  1. Gayana Marine Resort.

agoda

Gaya adalah pulau terbesar dari lima pulau di Taman Laut Tunku Abdul Rahman Kota Kinabalu. Sebanyak 52 bungalow di atas air berada di dalam Teluk Malohom di pantai timur. Di dalam resor ramah lingkungan ini, Anda dapat menikmati pemandangan hutan bakau, hutan, atau Laut Cina Selatan.

Tetapi pengalaman mewah bukanlah satu-satunya faktor pendorong pariwisata. Marine Ecology Research Centre di lokasi berfokus pada regenerasi serta pelestarian karang dan kerang raksasa yang terancam punah di wilayah tersebut.

Menikmati relaksasi terbaik, memanjakan diri di spa, makanan kelas dunia, semuanya dikombinasikan dengan kesempatan untuk belajar tentang upaya konservasi penting.

 

baca juga:

3 Video Inspiratif untuk Menemani Harimu

 

  1. Shangri-La Rasa Ria Resort & Spa, Sabah

hotels

Untuk retret santai ke resor pantai terpencil di dekat Kota Kinabalu, pergilah ke Rasa Ria di Shangri-La. Terletak di sepanjang Pantai Dalit, resor ini menawarkan kenyamanan ala rumah dan aktivitas alam. Nikmati layanan tingkat tertinggi dari staf profesional dan penuh perhatian yang bersemangat tentang tamu mereka dan melindungi lingkungan.

Pantai di sini masih asli, lapangan golfnya ramah lingkungan, dan Anda dapat mengunjungi cagar alam atau mengikuti trek malam untuk mencari trenggiling langka.

  1. Samboja Lodge, Balikpapan

pegipegi

Samboja Lodge di Kalimantan dibangun dari bahan daur ulang, memiliki dekorasi kerajinan tradisional dan menggunakan kosmetik buatan tangan dari masyarakat Dayak setempat. Setiap kamar di resor yang terletak di 35 km utara Balikpapan ini dilengkapi dengan balkon yang menghadap ke hutan hujan.

Namun, sorotan terbesarnya adalah proyek orangutan yang sedang berlangsung. Anda memiliki kesempatan untuk belajar dari ahli konservasi tentang cara melindungi satwa liar hutan hujan. Kesempatan mengunjungi cagar alam Pulau Orangutan juga tak kalah menarik.

  1. Damai Beach Resort, Sarawak

agoda

Dengan latar belakang Gunung Santubong Sarawak dan menawarkan pemandangan Laut Cina Selatan, Damai Beach Resort menyediakan tempat peristirahatan yang mewah dalam jarak 40 menit dari Kuching.

Hotel ini memiliki total 242 kamar serta chalet modern dan mempromosikan dirinya sebagai salah satu resor ecofriendly terbaik di Kalimantan. Untuk membuktikan klaim ini, coba habiskan beberapa malam dan nikmati pengasingan, pemandangan hutan lebat dan lanskap hijau yang luas di depan pintunya.

 

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.