6 Fakta Mencengangkan Tentang Bogor yang Belum Kamu Ketahui, No. 6 Bikin Jantung Serasa Mau Copot

Selain Bandung, kota Bogor menjadi pilihan alternatif para wisatawan yang berkunjung ke Jawa Barat. Destinasi yang paling terkenal seperti Taman Safari Bogor atau berkeliling ke sekitar kota untuk menikmati sajian kuliner wajib dicatat dalam itinerary tanpa boleh ketinggalan sama sekali.

Sejak zaman Belanda, kota yang dijuluki ‘kota hujan’ ini memang menjadi tempat rekreasi dan relaksasi para bangsawan Belanda maupun noni – noni pada masa kolonial.

Tidak heran, pasalnya kota Bogor memiliki hawa dan udara yang sejuk dan tidak terlalu panas seperti kota lainnya. Bicara soal panorama, kota Bogor juga berani diadu. Kontur daerah pegunungan dan perbukitan, menciptakan lanskap yang tiada duanya keindahan serta pemandangannya.

Setiap menjelang liburan akhir pekan, bisa dipastikan kota Bogor bakal penuh sesak oleh mobil – mobil para pelancong dari arah Jakarta yang akan memasuki kota Bogor.

Selain itu, pada saat akan memasuki hari Senin, arus dari Bogor ke Jakarta akan berbalik menjadi lebih padat. Karena kebanyakan orang Bogor juga memiliki pekerjaan di Jakarta.

Bahkan, untuk lebih memudahkan mobilitas para pekerja dari Bogor dan Jakarta atau sebaliknya, pemerintah sudah menyediakan kereta komuter line untuk mengangkut mereka selama beberapa jam sekali.

Meski berdekatan dengan ibukota, kota Bogor juga menyimpan fakta – fakta mengejutkan yang mungkin saja belum kamu ketahui sebelumnya. Apa saja itu? Berikut ulasannya:

1. Kota Bogor berkaitan erat dengan Prabu Siliwangi

 

Bagi masyarakat di Jawa Barat, peranan Prabu Siliwangi dalam meningkatkan kemakmuran dan kejayaan Jawa Barat sangat besar. Konon, Prabu Siliwangi merupakan seorang raja yang sangat disegani oleh penduduk serta musuh – musuh di daerah lain.

Prabu Siliwangi bahkan memiliki hewan peliharaan yang setia menjaganya berupa harimau putih. Selain itu, ada banyak tentara dan prajurit Prabu Siliwangi yang rela berkorban nyawa demi mengabdi kepada Prabu Siliwangi. Pada saat dinobatkan sebagai raja di daerah sekitar Bogor saat ini berada, tepatnya pada 3 Juni 1481, diketahui tanggal tersebut juga menjadi cikal bakal berdirinya kota Bogor. Sehingga ulang tahun kota Bogor diperingati pada setiap tanggal 3 Juni.

2. Banyak moda transportasi angkutan kota

 

Tak bisa dipungkiri, kota Bogor sangat luas dan mobilitas warga juga sangat tinggi. Oleh karena itu, untuk memudahkan pergerakan dan melancarkan sektor ekonomi masyarakat, pemerintah Bogor memberlakukan berbagai rute angkutan di dalam kota dengan jenis trayek beragam. Tercatat ada tak kurang dari 30 trayek atau rute angkutan di dalam kota Bogor yang siap wara – wiri mengantarkan penumpang ke tempat tujuannya. Inilah sebabnya, kota Bogor juga dikenal dengan sebutan  kota sejuta Angkot.

3. Banyak Presiden yang suka bekerja dari Istana Bogor

 

Keindahan dan kesejukan lingkungan yang ada di sekeliling Istana Bogor menjadi pemandangan indah bagi para pengunjung maupun para penghuni Istana Bogor. Termasuk para presiden yang kadang – kadang melakukan kegiatan kenegaraan atau bekerja dari Istana Bogor.

Seperti Presiden Republik Indonesia yang pertama Pak Sukarno. Beliau juga sangat betah bekerja dari Istana Bogor. Selanjutnya, Pak Jokowi juga merasa kenyamanan dan ketenangan yang luar biasa saat melakukan aktivitas sebagai presiden dan bekerja dari Istana Bogor.

baca juga:

Telaga Warna, Wisata Alam Unik khas Bogor

4. Curah hujan tertinggi di Indonesia

 

Di Bogor kamu bisa menjumpai fenomena unik yaitu hampir setiap hari turun hujan. Meski demikian, bukan berarti hawanya menjadi dingin. Pada saat cuaca sedang mendung, udara yang lembap terjebak di sekeliling hingga membuat hawa menjadi engap alias gerah. Setelah hujan turun, barulah hawa Bogor menjadi sejuk.

5. Kebun Raya Bogor paling tua se-Asia

 

Pada mulanya, Kebun Raya Bogor dibangun oleh Gubernur Thomas Stamford Raffles dari Inggris. Pria ini membangun Kebun yang berisi berbagai jenis satwa dan flora pada 1817. Pada masa itu, hanya Indonesia yang memiliki sebuah Kebun seluas lebih dari 80 hektar di seantero Asia.

Tak pelak, banyak pohon – pohon tinggi yang rindang cocok untuk mengadakan piknik bersama keluarga. Pada saat penjajahan bangsa Eropa, warga asing juga gemar rekreasi di sekitar kawasan kebun raya Bogor.

6. Kota Petir satu – satunya di Indonesia

 

Petir sangat identik dengan hujan. Nah, sebagai kota Hujan, pastinya kota Bogor juga sering dilanda petir yang menyambar – nyambar dengan suara menggelegar yang menakutkan banyak orang. Selain itu, suaranya juga bikin jantung deg – degan serasa mau copot.

Hingga pada 2009, kota Bogor memecahkan rekor untuk jumlah sambaran perit terbanyak mencapai 322 sambaran petir dalam satu hari. Padahal, dalam normalnya hanya sekitar 80 sambaran petir dalam sehari. Wah… mengerikan juga ya..

***

Luar biasa ya. Kota Bogor yang menjadi tujuan destinasi wisata ternyata menyimpan fakta – fakta yang bikin melongo. Selamat berlibur ke Kota Bogor!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *