6 Danau di Bandung yang Kontemplatif Untuk Relaksasi Pikiran

Butuh pelarian dari tekanan pekerjaan sehari – hari? Siapkan fisik dan mentalmu untuk berlibur ke kota Bandung. Di kota Mojang Priangan ini bukan hanya mata yang bakal segar karena melihat mojang Bandung yang keren dan cantik. Tetapi, pikiranmu jadi lebih damai dan tenang karena ada sejumlah danau yang kontemplatif untuk relaksasi tubuh dan jiwa.

Berikut adalah 6 danau di Bandung yang siap mencuri hatimu untuk liburan akhir pekan berikutnya:

Situ Sanghyang

Perairan yang tenang dan jernih memang selalu bisa diandalkan untuk sejenak melepaskan semua masalah. Sama halnya, ketika pengunjung bertandang ke Situ Sanghyang. Danau indah yang ada di antara Desa Cilolohan dan Desa Cibalanarik, Kec. Tanjung jaya, Tasikmalaya ini.

Tak seperti danau yang lain, Situ Sanghyang memiliki sumber air yang tak pernah surut meskipun musim kemarau. Apalagi, di musim hujan, air akan mengalir semakin deras dan besar.

Selain itu, udara bersih dan menyejukkan pikiran membuat pengunjung betah berlama – lama di sekitar danau. Para penjual makanan menawarkan makanan yang bisa membuat badan hangat. Seperti jagung bakar, minuman bandrek dan mi instan ataupun minuman kopi.

Untuk sekadar berburu foto – foto bertema alam bebas, Situ Sanghyang juga bisa menjadi rujukan. Karena lokasi di sekeliling danau masih dilingkupi hutan lebat yang alami. Jadi, sangat pas untuk merelaksasi pikiran dan berkontemplasi.

Situ Cukul

Danau Situ Cukul merupakan salah satu tujuan wisata populer di Bandung untuk melarikan diri dari padatnya perkotaan dan tekanan aktivitas sehari – hari.

Danau bernuansa kontemplatif yang masih asri ini berada di sebuah kawasan perkebunan teh Cukul yang mempesona. Berada di ketinggian sekitar 1.500 meter di atas permukaan laut, membuat danau ini makin terasa kesegaran dan kesejukannya hingga ke relung hati.

Bahkan, danau yang berlokasi di Desa Sukuluyu, Kec. Pangalengan, Bandung ini telah menyedikan akomodasi yang cukup memadai berupa villa – villa indah bergaya Eropa yang bertarif terjangkau.

Situ Ciburuy

Pertama kali ditemukan pada 1985, kondisi danau Situ Ciburuy sudah lebih baik sekarang. Danau yang luas dan melegenda di Bandung ini kerap menjadi sasaran pengunjung yang ingin lari dari hiruk – pikuk perkotaan dan aktivitas kerja yang penuh tekanan.

Udara segar, bersih dan pemandangan alam yang menghijau tampak sejauh memandang,. Menambah keelokan danau yang berada di Desa Ciburuy kec. Padalarang ini. Untuk menjangkau lokasi, pengunjung dapat melewati jalan raya Bandung – Jakarta vi tol Padalarang.

Situ Patengan

Menjejakkan kaki di Situ Patengan, kamu akan seketika merasakan kesejukan yang luar biasa hingga menusuk tulang. Maklum saja, lokasinya ada di ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut. Patut jika cuaca dingin yang sejuk dan udara bersih yang alami membuat rongga paru – paru bernapas dengan lebih segar.

Berada di kawasan Desa Patengan, Kec. Ciwidey, Situ Patengan menawarkan pemandangan dataran tinggi yang memukau dilihat dari ketinggian pegunungan yang melingkupinya.

Para pedagang yang berjajar menawarkan sejumlah makanan, minuman serta souvenir yang bisa dijadikan oleh – oleh khas Bandung.

Baca juga:

Situ Cileunca

Masih menawarkan suasana alami danau yang asri, Situ Cileunca menjadi alternatif destinasi liburan di akhir pekan yang berlokasi di daerah Pangalengan.

Berbeda dengan danau lain yang masih asri dan belum terjamah. Situ Cileunca sudah jauh lebih baik. Selain nuansa kontemplatif untuk menyejukkan pikiran, pengunjung juga bisa menikmati panorama dengan berkemah atau mencoba arung jeram.

Bahkan, tersedia perahu yang bisa disewa untuk rombongan sekitar 10 orang mengelilingi danau. Tak jauh dari lokasi ini, terdapat kebun stroberi dan bermacam – macam jenis olahan berry yang akan menambah keseruan liburan.

Situ Cipanunjang

Sesuai namanya, Situ Cipanunjang merupakan danau atau situ untuk mendukung dan menunjang kebutuhan air dan rekreasi warga Bandung.

Di sekitar danau, pemandangan pegunungan yang damai dan tenang akan meneduhkan hati. Berada di Desa Pulosari Kec. Pangalengan, Bandung. Atau sekitar 45 km dari Alun – alun kota Bandung.

***

Ingin segera menyambangi lokasi danau tersebut untuk menenangkan pikiran? Pastikan Anda mengajak keluarga untuk liburan rame – rame yang menyenangkan. Jari Adventure, siap membantu menyempurnakan liburan ke seluruh destinasi di Indonesia.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *