5 Tempat Wisata di Raja Ampat Dengan Keindahan Alam Tropis yang Eksotis

Raja Ampat merupakan salah satu permata tersembunyi di Indonesia. Lokasi ini mulai populer di kalangan turis dalam maupun luar negeri meski masih terbatas dalam fasilitas dan akomodasi yang mewah seperti di Bali dan Lombok. Pantainya yang memiliki air laut jernih dan berbagai situs wisata alam yang masih terjaga keasliannya, menyajikan pemandangan eksotis yang menawan.

Ada berbagai lokasi wisata alam yang patut anda kunjungi saat berlibur di Raja Ampat. Cocok untuk anda yang betah bermain di air atau tak keberatan menikmati teriknya matahari di daerah tropis. Berikut beberapa tempat wisata di Raja Ampat yang sayang jika dilewatkan.

1. Pulau Misool

Pulau Misool merupakan salah satu dari 4 pulau utama di Raja Ampat, Papua Barat. Lokasi ini memiliki berbagai situs alam yang indah dan berbagai kegiatan menarik yang bisa anda ikuti. Snorkeling dan diving merupakan kegiatan yang wajib anda lakukan ketika berada di Pulau Misool. Pulau ini memiliki banyak titik diving dengan keindahan bawah laut yang menawan.

Untuk menyelam lebih dalam di kejernihan laut Raja Ampat, anda juga bisa melakukan Scuba Diving. Anda bisa menyelam hingga 25 meter dalamnya namun masih melihat biota laut di perairan yang jernih. Jika anda memilih untuk berpetualangan di permukaan laut, anda bisa menyewa perahu untuk menjelajahi hutan mangrove di Pulau Misool. Jangan lupa juga berkunjung ke Goa Putri Termenung yang memiliki keindahan stalaktit.

2. Pianemo

Pianemo merupakan salah satu ikonik dari Raja Ampat. Lokasi ini memiliki titik bukit tertinggi yang telah dibangun trek untuk berjalan dan anak tangga agar pengunjung dapat naik bukit dengan nyaman. Lokasi ini terdiri dari 300 anak tangga sebelum sampai di puncak, pastikan anda mengenakan alas kaki yang nyaman. Segala kelelahan anda akan terbayar dengan pemandangan yang menanti ketika anda sudah sampai di puncak.

Sampai di balkoni puncak, anda bisa menikmati pemandangan pulau-pulau dan perairan Raja Ampat yang indah dan mempesona. Banyak orang biasanya mengambil foto di lokasi ini.

3. Telaga Bintang Raja Ampat

Masih dalam wilayah Pianemo, anda wajib mengunjungi keindahan Telaga Bintang di Raja Ampat. Sesuai dengan namanya, telaga ini memiliki bentuk seperti bintang dengan air yang jernih dan segar. Telaga dikelilingi oleh bukit karang yang tinggi membentuk 5 sudut, dihiasi dengan hijau pepohonan tropis yang memberikan nuansa sejuk di daerah tropis ini.

Jika melalui bukit Pianemo anda hanya bisa melihat bentuk bintang sempurna telaga ini, anda bisa merasakan kesegaran air telaga dengan menuruni bukit dan bermain di dalam air secara langsung. Anda juga bisa melihat keindahan bawah air karena airnya yang masih jernih.

4. Pulau Gam

Berikutnya ada Pulau Gam yang menjadi salah satu pulau dengan keindahan bawah laut dan alam sekitarnya. Anda bisa melihat beberapa spesies burung khas Papua di hutan mangrove yang ada di pulau ini.

Kegiatan yang paling populer dilakukan di Pulau Gam adalah snorkeling. Manta Ray merupakan titik paling populer untuk melakukan snorkeling. Bagi anda yang sudah sering melakukan kegiatan air satu ini, anda bisa mencoba snorkeling hingga kedalaman 4 meter. Untuk anda yang masih pemula, ada instruktur snorkeling  yang siap memandu anda.

5. Pulau Kofiau

Ingin tempat liburan dan bersantai yang masih sepi pengunjung? Kunjungi Pulau Kofiau di Raja Ampat. Pulau ini merupakan lokasi yang masih jarang dikunjungi oleh turis, namun tersembunyi keindahan alam yang tidak kalah dengan pulau-pulau lainnya. Perairan di pulau ini memiliki keindahan terumbu karang yang senantiasa dijaga oleh warga sekitar. Pulau Kofiau juga menyajikan pemandangan bukit vulkanik yang diselimuti dengan tumbuhan tropis yang indah.

Ada berbagai kegiatan yang bisa anda lakukan ketika berkunjung di Pulau Kofiau. Mulai dari berenang di perairan alami, berjemur di pantai, snorkeling, diving, hingga underwater photography bagi anda yang memiliki hobi fotografi alam.

Menjelajahi hutan tropis di Pulau Kofiau juga bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan. Jika anda beruntung, anda bisa melihat burung merah, dan berbagai jenis fauna eksotis yang tinggal di pulau ini.

Itu tadi beberapa tempat wisata di Raja Ampat yang patut anda kunjungi. Selamat berlibur!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.