5 Tempat Wisata Alam di Riau Terindah dan Terpopuler sebagai Pusat Hiburan

Ingin liburan di luar Pulau Jawa? Anda bisa mengunjungi Provinsi Riau yang berlokasi di tengah pulau Sumatera. Tak hanya terkenal dengan kebun kelapa sawitnya, Riau juga memiliki berbagai tempat wisatanya.

Belum banyak tempat wisata buatan seperti taman bermain atau pusat-pusat hiburan yang besar di daerah ini, namun ada banyak tempat wisata alam di Riau yang bisa anda kunjungi.

Mulai dari air terjun, berbagai lokasi pantai, hingga hutan konservasi yang memiliki udara segar dan rimbun dengan pohon. Berikut beberapa tempat wisata alam di Riau yang patut anda kunjungi.

1. Taman Hutan Raya Sultan Syarif Kasim

Taman Hutan Raya Sultan Syarif Kasim berlokasi di pusat Kota Pekanbaru. Lokasi wisata satu ini merupakan kompleks hutan yang aman untuk dijelajahi. Tersedia tangga dan track khusus yang bisa anda lalui dengan santai dan nyaman. Ditemani rindangnya pohon dan udara yang sejuk, anda bisa bersantai di tempat wisata ini saat musim panas sedang terik-teriknya.

Tersedia berbagai fasilitas lengkap dan berbagai pilihan kegiatan seru yang bisa anda lakukan di Taman Hutan Raya Sultan Syarif Kasim. Mulai dari fasilitas toilet bersih, restoran, hingga tempat parkir. Anda juga bisa melakukan outbound, camping, tracking, dan off road di lokasi liburan satu ini.

2. Pulau Beting Aceh

Untuk menikmati pemandangan alam Riau yang eksotis dan menakjubkan, anda bisa berkunjung ke Pulau Beting Aceh. Pulau tanpa penghuni ini berlokasi di Kabupaten Bengkalis dan masih terjaga keasliannya. Tempat sempurna bagi penduduk Riau untuk menenangkan diri di pulau dengan pemandangan indah yang tenang.

Pulau ini dikelilingi oleh pasir pantai yang putih dan bersih. Air lautnya juga jernih dan segar. Ada sedikit bagian pepohonan di tengah pulau untuk berteduh dari panasnya matahari. Jangan lupa menjaga kebersihan jika ingin mengunjungi pulau ini, ya.

Untuk bisa bermain dan melepas penat di Pulau Beting Aceh, anda bisa menyewa kapal tradisional dari Pantai Teluk Rhu dengan harga yang cukup terjangkau.

3. Danau Koto Panjang

Jika anda lebih suka danau yang sejuk, kunjungi Danau Koto Panjang di Kabupaten Kampar, Riau. Dengan luas danau yang tak begitu luas, anda juga bisa melihat sebuah pulau kecil di tengah danau yang memberikan panorama alam indah. Tempat wisata alam satu ini masih organik dan belum dikembangkan dengan berbagai fasilitas. Namun, disitulah serunya, danau ini tidak terlalu ramai dan cukup memberikan suasana yang tenang.

Beberapa kegiatan yang bisa anda lakukan di sini adalah memancing, menjelajahi danau dengan kapal tradisional, berfoto ria, hingga camping di pinggir danau. Udaranya yang sejuk dan keaslian alam sekitar danau akan membuat anda beristirahat dengan santai.

4. Air Terjun Pangkalan Kapas

Riau memiliki lokasi wisata air terjun dengan pemandangan alam yang menakjubkan yaitu Air Terjun Pangkalan Kapas. Lokasi wisata alam yang wajib anda kunjungi satu ini berlokasi di Kabupaten Kampar, Riau.

Dengan ketinggian 150 meter, Air Terjun Pangkalan Kapas merupakan air terjun tertinggi di Riau. Area alam ini terbentuk dari dinding bantuan kapur putih yang dipahat oleh alam dan memberikan pemandangan yang unik dan memukau. Tebing di hiasi dengan pepohonan hijau yang rimbun.

Ada lokasi buta yang terletak di balik air terjun dalam bentuk gua-gua. Lokasi ini sangat populer sebagai tempat camping dengan lokasi yang tidak biasa. Anda bisa mengunjungi tempat ini hanya dengan tiket masuk seharga Rp 2.000.

5. Pulau Jemur

Satu lagi pulau eksotis yang bisa anda kunjungi di Riau adalah Pulau Jemur. Termasuk dalam gugusan Kepulauan Arwah. Pulau yang disebut sebagai zamrud Selat Malaka ini tidak memiliki penghuni dan memiliki keindahan alam yang masih terjaga keasliannya.

Pulau Jemur merupakan habitat dari fauna tropis, salah satunya adalah penyu. Anda bisa melihat habitat dari penyu hijau. Perairannya yang jernih dan memancarkan warna hijau zamrud merupakan salah satu daya tarik dari perairan di pulau ini. Anda bisa melakukan snorkelling dan melihat keindahan Pulau Jemur dari bawah laut.

Untuk bisa berkunjung ke Pulau Jemur, anda perlu naik ferry dari Pelabuhan Bagan Siapi-api dengan jarak tempuh yang cukup lama, sekitar 2 jam. Namun, keindahan Pulau Jemur akan mengobati rasa lelah anda selama perjalanan.

Itu tadi berbagai tempat wisata alam di Riau yang bisa anda kunjungi. Tetap jaga kebersihan dan selamat berlibur!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.