5 Seni Instalasi Publik yang Memukau Mata Dunia

Ketika berlibur ke suatu negara, mungkin Anda pernah menjumpai sebuah seni instalasi publik yang memukau. Entah di dalam perjalanan atau di sebuah tempat yang Anda kunjungi.

Instalasi yang mengandung seni kini mulai diminati masyarakat. Arsitektur menarik dan berbeda dari bangunan di sekitarnya seolah memberikan sentuhan di tengah kota.

Selain itu, seni instalasi juga menjadi salah satu daya tarik wisatawan kala berkunjung ke sebuah kota. Dengan bentuknya yang artistic, seni instalasi tentu diburu untuk menjadi latar berfoto yang fotogenik.

Berbagai orang dengan talenta seninya menghasilkan karya yang dapat dinikmati oleh semua orang. Inilah beberapa seni instalasi publik memukau dunia yang harus Anda lihat. Salah satunya berada di Indonesia lho!

1.      Aventura Mall Slide Tower – Miami

Yang pertama Anda bisa berkunjung ke Miami. Seni Instalasi yang satu ini adalah karya dari Carsten Holler, seorang seniman asal Belgia. Ia menciptakan sebuah karya seni slide raksasa dengan tinggi mencapai 28 meter.

Terletak di kawasan Aventura Mall, Miami membuat instalasi ini dikunjungi banyak wisatawan serta menjadi daya Tarik tersendiri untuk mendatangkan banyak pengunjung.

Anda dapat menyusuri slide ini dengan kecepatan hingga 15 mil per jam, lho! Namun tenang saja. Slide ini dibangun dengan material berupa logam, sehingga Anda tidak perlu mengkhawatirkan kekuatan dari slide untuk menahan beban.

Di bagian atas juga tertutup untuk keamanan para pengunjung. Tertarik mencoba?

2.      Bridging Home – London

Sebagai kota urban terbesar kedua di Eropa sekaligus landmark dari Inggris membuat London dikunjungi banyak wisatawan dunia.

Jika Anda salah satunya, maka tempat ini harus Anda kunjungi. Bridging Home, sebuah instalasi public yang bisa Anda temukan di atas jembatan Wormwood Street. Wormwood Street sendiri adalah salah satu jalan tersibuk yang ada di kota London.

Bridging Home merupakan karya dari Do Ho Suh yang berupa replica rumah tradisional Korea yang disebut Hanok. Tujuan Do Ho Suh dalam membangun instalasi ini yaitu untuk mengingatkan wisatawan yang berlalu Lalang dengan sejarah migran di London.

Dirinya sendiri memiliki pengalaman berpindah-pindah dari negara satu ke negara lainnya.

3.      Forever Bicycle – Sao Paulo

Seniman asal China bernama Ai Weiwei memang terkenal akan karyanya yang kritis terhadap pemerintahan di negara asalnya. Salah satunya adalah Forever Bicycle. Karya yang dibuat di Sao Paulo ini terbuat dari 1.200 sepeda yang melambangkan kebebasan bergerak.

Forever Bicycle dan karya Ai Weiwei lainnya melebur dalam Raiz Exhibition di Ibirapuera Park, Sao Paulo, Brasilia. Dengan begitu, Anda dapat melihat beragam karya menarik yang dihasilkan oleh seniman jenius yang satu ini.

4.      The Constellation – Abu Dhabi

The Constellation, sebuah karya seni public yang dibangun sebagai bentuk penghormatan kepada seorang pemimpin sekaligus pendiri Uni Emirat Arat bernama Sheikh Zayed bin Sultan Al Nayhan. Beliau memperjuangkan berbagai hal di negeri ini mulai dari perdamaian, hak perempuan, toleransi serta lingkungan.

Bangunan yang dirancang oleh seniman Ralph Helmick ini terdiri atas 1.327 bentuk geometris dimana semua itu melekat dengan 1.110 kabel. Sehingga instalasi setinggi 100 meter ini menghasilkan karya seni yang bersinar seperti bintang saat malam hari. Sungguh mengesankan, bukan?

Kemerlap lampu yang bersinar saat malam menjadi symbol pengharapan visi abadi dari Sheikh Zayed yang selalu mengilhami masyarakat UAE dan sekitarnya. Itu mengapa, The Constellation menjadi salah satu pavilion bersejarah di Abu Dhabi.

Baca juga

5.      Getih Getah – Jakarta

Dari luar negeri, mari beralih ke negeri kita tercinta Indonesia. Instalasi public bernama Getih Getah dapat Anda temukan di Jakarta. Karya ini terbuat dari 1.500 bambu dan 73 bambu penyangga, dimana angka tersebut melambangkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73.

Getih Getah hasil karya Joko Avianto dibuat dalam rangka memeriahkan pesta Asian Games 2018 lalu. Dengan bentuk seperti ikatan tambang yang tuturnya melambangkan persatuan, membuat seni instalasi ini menarik perhatian banyak pengunjung.

Setiap instalasi tentu dapat menarik perhatian wisatawan dan masyarakat setempat. Dibalik seni yang indah, tentu ada suatu arti dibalik karyanya. Bagaimana menurut Anda?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.