5 Ragam Makanan Khas Meksiko Populer Untuk Liburan Seru Foodie

Makanan Khas Meksiko – Berlibur ke Meksiko ini artinya Anda mungkin harus bersiap untuk melupakan apa itu diet dan menahan lapar. Pasalnya, Meksiko merupakan negara yang sangat kaya akan cita rasa. Makanan – makanan, kue, masakan Meksiko semuanya memiliki rasa yang sangat kuat dan kaya.

Banyak restoran maupun kafe yang menyediakan jajanan Meksiko dipadu dengan segelas minuman koktail segar untuk menemani liburan menyegarkan mata.

Mengunjungi kota Meksiko, dengan pantai – pantai yang indah dan jernih, memang sangat pas jika diselingi wisata kuliner menemukan kelezatan yang tersembunyi di sudut kota. Nah, apa saja jenis makanan Meksiko yang paling populer untuk dicoba wisatawan. Berikut jawabannya:

1. Nachos

Camilan yang satu ini memadukan cita rasa renyah dan gurih meledak di dalam mulut. Roti tortilla sebagai bahan utama menggunakan tepung jagung yang dipanggang hingga renyah dan garing seperti keripik.

Kemudian, keripik tortilla akan disiram dengan saus keju khusus untuk Nachos ataupun saus pedas sambal. Sebagai pelengkap Nachos, dalam piring juga disajikan aneka daging, sayuran, kacang – kacangan, kemudian disiram dengan lelehan saus keju ataupun bubuk cabai agar cocok untuk selera pedas.

Sedikit menyinggung tentang saus keju khusus Nachos. Biasanya, keju akan diparut atau ditaburkan di atas piring yang sudah tertata cantik dengan keripik tortilla. Lalu, dimasukkan dalam oven atau microwave sebentar (5 menit), hingga keju meleleh dan melumer di atas permukaan Nachos. Masyarakat lokal Meksiko menghidangkan Nachos sebagai menu pembuka. Baik di restoran maupun hidangan di setiap rumah. Tergantung selera, Nachos juga bisa dibuat tidak pedas agar lebih cocok untuk selera anak – anak.

2. Tamales

Jika dilihat sepintas, tamales ini mirip dengan jajanan di tanah air yang membutuhkan daun pisang atau kulit jagung sebagai pembungkus bagian luar. Tamales dibuat dari adonan tepung jagung yang diisi dengan berbagai varian sayuran, daging serta bumbu dan saus.

Umumnya, menggunakan isian berupa daging sapi asap, daging ayam atau seafood. Kemudian, adonan ini diberi bumbu khusus yang bercita rasa gurih dan sedap. Setelah  itu, adonan akan dibungkus lalu dikukus hingga matang.

Saking istimewanya, tidak setiap hari, masyarakat membuat Tamales. Untuk menikmati Tamales, ibu – ibu ataupun kaum hawa di rumah akan bahu – membahu saling membantu karena memang proses pembuatan yang agak panjang. Biasanya dibuat pada hari – hari perayaan seperti hari Natal atau perayaan spesial Meksiko.

3. Tacos

Mirip seperti kebab atau roti maryam, Taco merupakan lembaran tepung yang dipanggang dan diisi dengan berbagai jenis sayuran, daging serta saos. Makanan ini memang sangat cocok untuk camilan atau peneman masa santai saat liburan. Tidak terlalu berat, tapi cukup untuk mengenyangkan perut yang keroncongan di tengah jalan.

Banyak food truck ataupun kedai yang menjual Taco di setiap sudut kota Meksiko. Secara garis besar, lembaran tepung atau roti tortilla terbuat dari tepung terigu atau tepung gandum. Kemudian, varian daging bisa dipilih daging ayam, daging sapi atau daging babi. Sementara, sayuran yang paling umum adalah mentimun, selada, tomat, serta diberi saos mayonaise, saos keju ataupun saos pedas dan saos tomat.

Baca juga: Dahsyat! Inilah 7 Tempat Wisata Terbaik di Asia Versi Lonely Planet

4. Enchilada

Masih memakai roti tortilla, orang Meksiko juga punya Enchilada. Soal jajanan atau kudapan, sepertinya orang Meksiko memang tak pernah kehabisan ide. Namun, bedanya Enchilada disajikan dengan siraman saus yang bermacam – macam sesuai selera. Ada yang memakai saus cabai. Dan ada pula yang memakai saus keju, saus kacang ataupun saus sambal. Isian Enchilada juga lebih beragam. Sayuran, daging, seafood, kadang juga ada yang memakai kentang dan keju.

5. Burritos

Pada dasarnya, Burrito agak mirip dengan taco. Masih menggunakan roti tortilla yang terbuat dari tepung, namun perbedaannya ada pada cara melipat. Jika taco, roti tortilla dilipat separuh lingkaran, maka pada burrito, roti tortilla digulung hingga membentuk lonjong memanjang. Untuk memakannya, bisa dipotong – potong terlebih dahulu, atau langsung dilahap dengan tangan. Burrito Meksiko umumnya memakai isian daging dan saus kacang. Tapi, untuk Burrito ala Amerika, isiannya lebih bervariasi. Ada yang memakai alpukat, keju, krim mayonaise, bahkan nasi.

***

Jelajah rasa di tanah air sebagai foodie, jangan ribet dengan akomodasi dan transportasi. Serahkan pada agen wisata Jari Adventure yang berpengalaman dan pelayanan memuaskan.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *