5 Potret Seni dan Budaya di Papua Nugini

 

Budaya Papua Nugini, dibumbui dengan pengaruh dari beberapa benua, lalu menemukan ekspresinya dalam seni kontemporer.

Seniman utama negara ini berlokasi di Port Moresby, dan dunia seni yang sedang berkembang seolah menunjukkan banyak harapan.

Pengunjung akan terpukau untuk melihat mural pada bangunan-bangunan penting di tanah air yang dibuat oleh beberapa seniman paling terkenal di sini.

 

  1. Museum Nasional dan Galeri Seni Papua Nugini – Port Moresby

Seseorang hanya dapat benar-benar menghargai seni kontemporer negara ini setelah mengetahui asal-usul dan tradisinya.

Museum & Galeri Seni Nasional Papua Nugini adalah tempat untuk menemukan topeng kayu, kano, dan patung tradisional.

Bangunan utamanya merupakan contoh arsitektur dan seni tradisional yang menakjubkan, dengan pilar-pilar pahatan dan atap jerami.

Bentuk dan warna karya seni tradisional itu bergema dalam lukisan dan patung masa kini.

Galeri ini menampung lebih dari 7000 koleksi seni kontemporer, menjadikannya sumber daya unik untuk seni kontemporer Papua Nugini. Berperan sebagai sumber informasi yang luar biasa tentang sejarah dan warisan negara.

Dapat memberikan pengunjung pemahaman yang lebih baik tentang pesan di balik seni kontemporer Papua Nugini.

Museum ini hadir di tiga tempat, yaitu museum utama di Waigani di Port Moresby, Museum Sejarah Modern di Gordons di Port Moresby dan J.K. Museum McCarthy di Goroka di Provinsi Dataran Tinggi Timur.

 

  1. Galeri Seni Stret – Port Moresby

Stret mungkin adalah galeri seni kontemporer utama di Port Moresby. Terdiri dari ruang galeri dan rumah produksi, berusaha untuk membawa seni lokal serta karya dari seluruh negeri ke ibu kota.

Sebuah tempat di mana seniman yang tidak dikenal dan mapan bertemu, berperan dalam mempromosikan kualitas dan orisinalitas, serta membuat seni negara dikenal masyarakat umum.

Koleksinya meliputi gambar, lukisan cat air, tinta, arang, akrilik, guas, serta patung dan tembikar. Pameran sebelumnya termasuk seniman terkenal seperti Martin Morububuna dengan karya cat airnya yang semarak, tetapi kadang-kadang, tampak kubis.

Ada pula pastel Joe Nalo dengan lukisan cat airnya yang seperti mimpi, lalu tinta potongan akrilik Heso Kiwi dan Larry Santana.

Pameran Heso dan Sonsexhibition tahun 2012 sangat penting, karena memberikan penghormatan kepada Heso Kiwi dan juga memperkenalkan karya seni putra-putranya.

Karya mereka terdiri dari gambar tinta hitam-putih yang menakjubkan, seolah menegaskan sejarah seni kontemporer negara, sambil memperkenalkan warisan saat ini.

 

  1. Seni Gamba Krai – Port Moresby

Galeri seni kontemporer lainnya yang terletak di Port Moresby, Gamba Krai Art, memamerkan dan menjual lukisan, ukiran, patung, bilum, serta keranjang.

Menonjolkan seni lokal yang tumbuh di dalam negeri. Gamba Krai mempromosikan seniman Papua Nugini dan karya seni ‘satu-satunya’. ‘Gambakrai’, yang berarti ‘warna tanah’ dalam bahasa Kuman dari Provinsi Chimbu, menyinggung langsung warna serta akar budaya lokal negara ini.

 

baca juga:

Seni di Bahama, 6 Galeri Kontemporer yang Patut Dikunjungi

 

  1. Nathalie Le Riche – Kimbe

Seni kontemporer Papua Nugini hadir di seluruh negeri, berkat beberapa seniman paling terkenal yang berkontribusi pada pemandangan kota dengan mural di bangunan utama.

Seniman Nathalie Le Riche adalah tokoh penting seni kontemporer Papua Nugini berkat lukisannya tentang flora, fauna, dan populasi lokal dalam warna-warna yang hidup.

Tokonya adalah tempat yang indah untuk melihat dan membeli beberapa lukisan serta suvenir buatan tangan. Selain itu, karya seninya juga ada di Bandara Hoskins, di mana dia melukis mural, di dinding ANZ Bank di Kimbe dan bahkan di Regional Pasifik Pesawat Kingair.

Anda dapat melihat karya seniman lokal lainnya di seluruh negeri jika memperhatikan dengan baik. Larry Santana ditugaskan untuk mendekorasi Bandara Port Moresby dan ANZAC Memorial. Energi artistik negara ini hadir di mana-mana, bahkan pengunjung bisa sangat mudah merasakannya.

 

  1. Luk Save Art Show – Port Moresby

Luk Save Art Show memungkinkan seni kontemporer di negara berkembang dapat dikenal dunia. Acara ini membutuhkan seniman terkenal dunia.

Serta, bintang yang sedang naik daun untuk mempresentasikan karya mereka selama setahun terakhir.

Sejak 2010, pertunjukan seni berakhir dengan NASFUND Art Award untuk ‘pertunjukan terbaik’. Melalui acara ini, seniman Papua Nugini telah menerima dana dan penghargaan yang terus meningkat di panggung dunia.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.