5 Permata Wisata Bersinar dari Semarang yang Dibawah Radar Turis

Dari kacamata wisatawan, kota Semarang memang tidak terlalu bersinar seperti Solo dan Yogyakarta. Namun, jangan salah. Kota yang kental akan budaya Belanda dan Tiongkok ini menyimpan sejuta pesona yang wajib Anda ketahui. Semarang juga kaya akan kuliner serta arsitektur masa lampau yang masih terjaga.

Semarang terkenal dengan sebutan ‘Kota Atas’ dan ‘Kota Bawah’. Maksudnya, kota yang satu ini memiliki perbedaan suhu antara dua wilayah yang jaraknya tergolong dekat. Kota Bawah sendiri merupakan pusatnya Semarang dengan hawa atau suhu yang lebih panas karena lokasinya yang dekat dengan bibir pantai. Sebaliknya, Kota Atas cenderung berada di kawasan dataran tinggi bagian selatan sehingga suhunya jauh lebih sejuk. Patut saja Kota Semarang memiliki kawasan wisata yang cukup beragam.

Jangan lewatkan beberapa tempat seru di bawah ini ketika berkunjung ke Semarang. Apa saja?

1.    Desa Wisata Lembah Kalipancur

Biasanya Anda bisa melihat pesawat di hangar atau bandara. Namun, pemandangan tak biasa yang satu ini bisa Anda lihat di sebuah lembah yang asri dan hijau. Tepatnya di daerah Ngaliyan, Semarang.

Pesawat yang ada di sini bukan berarti pesawat yang terdampar ataupun jatuh, melainkan pesawat asli yang didatangkan menggunakan container pada tahun 2015 lalu. Pesawat dibongkar terlebih dahulu dan dirakit kembali saat tiba di Desa Wisata Lembah Kalipancur.

Awalnya, pesawat ini hendak dijadikan sebuah café bernama Aeroplane Café. Namun, hingga kini tempat ini masih menjadi spot foto favorit pengunjung Semarang.

Desa ini tak hanya melulu soal pesawat. Masih banyak wahana lainnya yang bisa Anda coba, seperti pemancingan, hutan jati, kandang ternak, penangkaran burung, kolam renang, hingga wisata kuliner.

2.    Bantir Hills

Wisata yang satu ini masih belum lama dibuka dan dikenal public. Wisata dengan ketinggian 1000 meter diatas permukaan laut ini sedang naik daun di kalangan instagramer dan traveler yang suka berburu spot foto keren. Bantir Hills menyuguhkan pemandangan Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Udara sejuk dari hutan pinus sangat menenangkan pikiran.

Jalannya masih terjal sehingga Anda harus bejalan kaki melewati rute yang menanjak. Segala rasa lelah akan teratasi dengan adanya pemandangan indah di sekeliling Anda. Sesampainya di atas, terdapat gazebo dan berbagai spot foto dengan berlatarkan panorama alam indah dari ketinggian.

3.    Watu Gunung Ungaran

Watu Gunung Ungaran juga sering dikenal dengan nama Kolam Renang Lerep. Obyek wisata keluarga ini mengusung konsep alam, budaya, serta pegunungan. Anda akan disuguhkan suasana sejuk dan nyaman dari pepohonan yang ada di sekitar Anda. Ada juga gazebo-gazebo untuk bersantai serta memancing. Bahkan, Anda bisa melihat adanya rumah joglo khas Jawa yang adem, lho!

Watu Gunung Ungaran menyediakan kolam renang dengan air dari sumber mata air alami sehingga sangat sejuk. Berenang di sini akan terasa seperti berada dalam kolam alami. Jika perut terasa lapar, Anda bisa berkunjung ke tempat makan yang menyediakan berbagai menu khas Jawa.

baca juga:

Melipir ke Kota Lawang, Malang: 5 Destinasi Seru Siap Menyambut Keluarga

 

4.    Puri Maerokoco

Nama Puri Maerokoco sendiri berasal dari kisah Mahabarata mengenai seorang dewi yang ingin memiliki seribu bangunan dalam satu malam. Puri ini memang tak dibangun semalaman, namun Anda bisa melihat puluhan rumah adat serta tradisi yang ada di Jawa Tengah. Puri ini juga sering dijuluki sebagai Taman Mini Jawa Tengah.

Anda akan menemukan rumah adat Kudus lengkap dengan ukiran khas Kudus serta miniatur Menara Kudus. Ada juga rumah adat Boyolali beserta miniature Semarang dan landmarknya yaitu Tugu Muda.

Selain rumah adat, ada banyak fasilitas lainnya mulai dari kolam pemancingan, kereta, bianglala, pasar apung, perahu, dan yang lainnya.

5.    Taman Nasional Karimunjawa, Jepara

Mumpung lagi berlibur ke Semarang, jangan lupa mampir ke Jepara. Jaraknya sekitar 90 km arah utara dari Semarang. Terdapat gugusan pulau cantik yang bisa Anda eksplore, bahkan beberapa diantaranya masih tak berpenghuni.

Karimunjawa menjadi salah satu kawasan konservasi di Indonesia. Itu karena kawasan ini memiliki koleksi fauna dan laut yang luar biasa. Ada beragam ikan warna-warni, terumbu karang, hingga aneka burung yang bersahutan.

Untuk mengadu adrenalin, cobalah untuk berenang Bersama ikan hiu di Pulau Menjangan Besar. Jangan lupa mengunjungi Bukit Joko Tuwo, puncak tertinggi di pulau utama. Disini Anda bisa melihat panorama Karimunjawa yang begitu indah. Kepulauan ini juga menjadi lokasi kerangka ikan paus purba yang hidup di masa prasejarah, lho!

Itulah destinasi favorit yang wajib Anda kunjungi saat bertandang ke Semarang. Tidak kalah seru dari kota-kota lainnya, bukan?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.