5 Negara yang Melazimkan Rok Pada Pria, Unik dan Mencengangkan!

Di Indonesia, umumnya pria menggunakan bawahan celana Panjang maupun pendek. Sedangkan wanita bisa menggunakan celana serta rok. Namun, apakah hal ini berlaku di semua negara? Apa ada negara yang melazimkan rok pada pria?

Nyatanya, tidak semua negara menerapkan kebiasaan seperti ini. Pria tidak harus menggunakan celana Panjang atau pendek, melainkan menggunakan rok, lho!

Kebiasaan ini bisa terjadi akibat berbagai factor dari negara tersebut. Bisa berdasarkan budayanya, atau sejarah. Selain itu, penggunaan rok di beberapa negara tersebut sudah sangat lazim.

Untuk itu, Anda tidak perlu terheran-heran saat bertemu pria memakai rok jika berkunjung ke 5 negara di bawah ini. Apa saja? Simak pembahasannya berikut ini.

 

1.      Skotlandia – Klit

Negara yang satu ini memang terkenal akan busana nya yang khas. Salah satunya adalah Klit. Klit merupakan jenis pakaian yang digunakan di acara resmi seperti peresmian, maupun pernikahan. Pakaian jenis ini pasti sudah tidak asing lagi.

Jika Anda pernah menonton tayangan asal Skotlandia, akan ada banyak adegan pria yang menggunakan rok bermotif kotak dengan warna merah atau hitam.

Bicara soal bahan, Klit menggunakan bahan wol sehingga bertekstur halus. Motif dibuat kotak dengan warna merah atau hitam.

Penggunaan Klit memiliki sejarah di Skotlandia karena telah digunakan sejak 1000 tahun silam. Sudah sangat lama, bukan?

 

2.      Samoa – Lavalava

Salah satu negara terkecil di dunia yang satu ini ternyata memiliki kebiasaan unik bagi para pria. Samoa sendiri terletak di Kawasan Samudra Pasifik dan memiliki keindahan pantai yang menawan.

Jika Anda berlibur ke Samoa, tidak perlu heran karena Anda akan bertemu banyak pria yang menggunakan pakaian bawahan seperti rok. Rok yang dikenal dengan sebutan Lavalava ini digunakan oleh Sebagian besar pria di Samoa.

Bahkan, tak jarang para polisi setempat yang menggunakan lavalava saat bertugas. Lavalava biasanya memiliki motif bercorak nuansa pantai atau hanya menggunakan warna putih polos saja. Lavalava termasuk pakaian tradisional yang Samoa miliki.

 

3.      Bhutan – Gho

Dari Samoa, kini kita beralih ke Bhutan. Bhutan memiliki pakaian tradisional, salah satunya ialah Gho. Gho biasanya digunakan untuk bermacam kegiatan biasa hingga yang resmi.

Mulai dari sekolah, bekerja di kantor, bahkan acara pemerintahan. Gho sendiri seakan telah menjadi identitas bagi penduduk Bhutan.

Namun, nyatanya penggunaan Gho sendiri tidak lah mudah. Masyarakat Bhutan sendiri tak jarang untuk meminta bantuan orang lain untuk merapikan pakaiannya.

Gho memiliki berbagai motif dan bisa dipakai Panjang, atau hanya mencapai lutut. Jika Anda berkunjung ke Bhutan, Gho tentu patut Anda coba.

 

4.      Fiji – Sulu

Pernahkah Anda berkunjung ke Fiji? Fiji ialah negara yang berada di Melanesia. Menurut sejarah, sebelum Kawasan ini diduduki oleh Inggris di abad ke -19, pria yang hidup di kawasanini tidak menggunakan pakaian.

Lalu, muncullah pakaian yang dibuatkan untuk para pria dan bertahan hingga saat ini yang biasa disebut Sulu.

Sulu adalah rok yang panjangnya hanya mencapai lutut. Biasanya, pakaian ini wajib digunakan bagi anak sekolah, para polisi, bahkan militer.

Rok Sulu terlihat lebih formal dan cocok dipadukan dengan atasan yang resmi. Meski begitu, tidak semua pria menggunakan Sulu.

Mereka juga menggunakan bawahan celana Panjang seperti pada umumnya.

 

baca juga:

Asyik! 3 Negara Bebas Visa yang Bisa Kamu Kunjungi Tanpa Ribet

 

5.      Yunani – Fustanella

Negara yang satu ini sangat kental akan budaya dan sejarahnya. Salah satu yang bertahan hingga saat ini ialah Fustanella. Fustanella merupakan pakaian menyerupai rok yang lazim digunakan di Yunani.

Dulunya, fustanella biasa dipakai dalam acara resmi seperti upacara militer, lho!

Namun kini, pakaian ini dapat Anda temukan pada pria yang menjaga keamanan di Yunani. Dengan style yang unik dan berbeda, membuat pakaian ini menjadi daya Tarik wisatawan yang berlibur ke Yunani.

Fustanella menjadi salah satu dari banyaknya kekayaan budaya dari negara peradaban ini.

Itulah ke 5 negara dengan pemakaian rok pada pria yang sangat lazim. Selain Indonesia, masih banyak negara lainnya dengan budaya unik yang menyimpan banyak sejarah. Jangan heran saat berkunjung ke sana, ya!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.