5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan di Bromo

Wisata ke Bromo merupakan perjalanan liburan impian untuk setiap orang. Keindahan gunung Bromo yang berbalut dengan kearifan budaya lokal sudah bersinar kemana – mana. Bahkan, hingga ke seluruh dunia.

Sempat menjadi buah bibir beberapa tahun terakhir di kalangan wisatawan, karena pekan event festival musik Jazz gunung Bromo. Sejumlah artis dan musisi musik Jazz kenamaan asal dalam negeri maupun luar negeri turut menghadiri event akbar tersebut.

Liburan ke gunung, umumnya kamu bakalan memilih untuk berkemah untuk menyelami keindahan alam sekitar Bromo. Akan tetapi, pada waktu – waktu tertentu sebaiknya tak perlu memaksakan diri. Karena suhu ekstrim mencapai di bawah 5 derajat bisa menganggu kesehatan.

Jangan khawatir, masih banyak kok hal – hal lain yang seru dan menakjubkan yang bisa dilakukan di kawasan wisata gunung Bromo. Apa saja? Berikut ulasan selengkapnya yang perlu kamu simak:

Hunting Foto Di Beberapa Spot Yang Instagramable

Berkunjung ke Bromo, wajib hukumnya untuk anda membawa kamera untuk mengabadikan momen dengan berlatar spot – spot yang tentunya instagram – able. Beberapa spot tersebut diantaranya adalah Pasir Berbisik, Bukit Teletubbies, Penanjakan 1 dan 2, Kawah Bromo dan Gunung Batok. Beberapa spot tersebut siap memanjakan lensa kamera anda dan semakin menambah kece foto – foto instagram anda.

Keliling Bromo Dengan Menyewa Jeep

yangandy60.blogspot

 

Bila anda datang bersama keluarga atau rombongan, tak ada salahnya bagi anda untuk mencoba keliling Bromo dengan menggunakan Jeep. Kini semakin banyak jasa penyewaan Jeep dengan harga yang bervariasi. Ada yang mematok mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Semua tergantung dari agen sewa dan kapasitas jeep yang dipilih.

Kalau anda berminat, mesin pencari Google siap membantu anda, karena anda akan menemukan begitu banyak jasa penyewaan Jeep sehingga setidaknya membuat anda lebih mudah memperkirakan dan menyiapkan budget terlebih dahulu.

Baca juga:

Kuliner khas Bromo Tengger Semeru Yang Wajib Dicoba

Keseruan Berwisata di Bromo

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Obyek Wisata Andalan di Jawa Timur

Travel Wisata Bromo – 7 Destinasi Favorit di Bromo

Travel Wisata Bromo – 6 Tips Perjalanan ke Bromo

Menikmati Sunrise di Penanjakan

Penanjakan mungkin menjadi spot favorit bagi wisatawan yang berkunjung ke Bromo, bagaimana tidak? Disinilah tempat untuk melihat indahnya matahari di pagi hari. Eits, tapi sebelum kesana ada baiknya untuk menambah informasi dulu. Jadi, Bromo memiliki dua penanjakan sekaligus, yakni Penanjakan I dan Penanjakan II.

Perbedaan diantara keduanya terletak pada ketinggiannya, jika Penanjakan I memiliki ketinggian 2.770 Mdpl (meter di atas permukaan laut), Penanjakan II memiliki ketinggian yang jauh lebih rendah. Karena itulah banyak wisatawan yang menempuh perjalanan menuju Penanjakan menggunakan Jeep. Jadi jangan heran kalau Penanjakan II selalu penuh sesak oleh pengunjung yang ingin menikmati sunrise.

Berkenalan Dengan Budaya Sekitar

ariechicarito.blogspot

Bila ingin menikmati sensasi berbeda ketika berlibur ke Bromo, mungkin bisa lakukan hal yang satu ini. Salahsatu suku yang masih mendiami kawasan Gunung Bromo adalah Suku Tengger. Suku yang cukup populer ini menganut agama Hindu dan masih memegang teguh adat istiadat mereka, contohnya adalah Upacara Kasodo. Upacara yang diadakan setiap satu tahun sekali ini mempersembahkan sesajen berupa hasil panen kepada Sang Hyang Widhi dan para leluhur Suku Tengger.

Tujuan sebenarnya adalah untuk mengangkat tabib atau dukun yang ada desa sekitaran Gunung Bromo. Jika anda benar – benar berminat, maka jangan lupa untuk mencari informasi mengenai kapan acara ini digelar. Tak perlu khawatir kesusahan mencari tempat bermalam, karena biasanya akan banyak agensi perjalanan yang menawarkan paket akomodasi selama acara ini berlangsung.

Menikmati Perjalanan Menuju Kawah Dengan Menunggangi Kuda

National Geographic.es

 

Spot lainnya yang harus anda kunjungi ketika datang ke Bromo ialah kawah Bromo. Kawah yang berketinggian 2.392 Mdpl ini memiliki medan yang cukup curam dan berbatu. Oleh karena itu, anda bisa menyewa kuda untuk menuju ke atas kawah dengan tarif Rp 50.000. Biaya tersebut sudah termasuk dengan pemandu yang siap menemani anda sampai tiba di tujuan.

**

Wisata ke Bromo, pastinya belum lengkap tanpa mencicipi soal wisata kuliner alias wisata foodie. Tenang saja, selain mencoba bakso khas Malang yang hangat untuk mengusir hawa dingin tubuhmu. Ada juga menu otentik seperti nasi jagung dan sambal serta ikan asin. Rasanya mantap membakar lidah dan menghangatkan tubuh.

kuliner bakso di Jember bakso kabut

Itu dia beberapa tips yang bisa kamu coba lakukan saat liburan ke Bromo. See you at Bromo with Jari Adventure travel agent…

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *