5 Tempat Wisata Turki yang Jadi Saksi Abad Kejayaan Dinasti Ottoman & Romawi

Tempat Wisata Turki – Berlibur rame – rame ke Turki, akan membuka banyak khazanah pengetahuan baru terutama tentang sejarah kejayaan Bangsa Romawi dan Dinasti Ottoman milik Islam. Tidak lupa, bangunan megah berarsitektur unik, tentu semakin menambah keceriaan liburan menakjubkan. Selamat datang di Turki, negeri berhias sejuta bangunan antik.

Selcuk

Selcuk adalah sebuah kota kecil yang menyimpan banyak bangunan kunu bersejarah mulai dari era Yunani, Romawi hingga Ottoman. Seakan menjadi tempat peradaban 3 periode berbeda, Selcuk rasanya cocok untuk anda yang senang menyambangi kawasan bersejarah atau sekedar hunting bangunan – bangunan kuno yang estetik. Ada reruntuhan kota tua Ephesus yakni peninggalan pada era Yunani Kuno, Gereja St. Paul di era Romawi dan Masjid Ali Bey pada era Ottoman.

 

Tips bila anda benar – benar ingin mengeksplorasi kawasan sejarah ini, lebih baik membeli kartu Museum Pass dengan kisaran harga sekitar Rp 865.000 dan sudah bisa menikmati seluruh museum di Turki. Namun bila anda hanya ingin menjelajahi ke Ephesus saja maka cukup membayar Rp 190.000. Masuk ke dalam Ephesus maka anda akan merasakan sensasi seperti kembali pada masa keemasan Yunani kuno ribuan tahun silam. Ada pula objek wisata lainnya yang bisa dikunjungi yakni theater yang dahulunya pernah menjadi tempat berkumpulnya masyarakat untuk melihat pertarungan antara gladiator dan para hewan buas. Bagaimana, tertarik menelusuri sejarah peradaban masa lampau di kota kecil ini?

Kastil Bodrum

Dibangun pada tahun 1402 ini termasuk dalam salah satu monumen terbaik di dunia yang masih terjaga. Bangunan Kastil Bodrum seakan menjadi saksi bisu perabadan manusia beradab – abad silam, terlihat dari beragam barang peninggalan seperti perunggu, tembikar, barang – barang pecah belah hingga hasil karya yang terbuat dari logam. Sempat menjadi bagian dari tujuh keajaiban dunia, tak heran bila Kastil Bodrum begitu populer di kalangan wisatawan.

Letaknya berada di bagian barat daya Turki, tepatnya di Kota Bodrum. Destinasi wisata ini dikenal dengan harta karun bawah lautnya, sehingga tak hanya kastil, disini juga terdapat Museum of Underwater Archaeology. Tak hanya sekedar melancong, anda juga bisa belajar sejarah lewat beragam koleksi berharga jutaan dolar berupa kapal karam yang ada di Lut Aegean. Jadi setelah jalan – jalan di Kastil Bodrum, jangan lupa mampir di Museum of Underwater Archaeology ya!

 

Hippodrome

Pada masa lampau, orang – orang Romawi begitu menyukai pacuan kuda seperti yang sering kita lihat di film. Bangunan yang memiliki tinggi kurang lebih 117 meter dan panjang 480 meter ini berlokasi di Istanbul. Di Hippodrome yang dibangun sejak masa kekaisaran Romawi Byzantium, anda bisa menyaksikkan langsung peninggalan tersebut. Tahun 600 H/1204 M, pasukan salib sempat membubarkan serta menghancurkan Hippodrome, sejak itu bangunan ini tak lagi populer. Namun setelah Bunzatium dikalahkan oleh kekhalifahan Utsmani, Hippodrome pun mulai diaktifkan lagi.

Baca juga:

Mevlana Museum

Mevlana Museum terletak di Konya, yakni sebuah kota kecil yang ada di Turki. Begitu banyaknya pengingkut aliran sufi yang bermukim di wilayah ini, akhirnya terciptalah tarian Samaa atau Whirling Derbishes. Tarian ini begitu unik karena para penari terus bergerak memutar berlawanan dengan arah jarum jam sambil melafalkan kalimatullah dengan maksud menggapai kesempurnaan dalam tiap doa yang dipanjatkan.

 

Salah seorang tokoh sufi terkenal bernama Jalaludin Rumi atau biasa disapa Mevlana, memberikan pengaruh besar di Turki hingga dunia atas karya – karyanya sastranya, puisi contohnya. Sebagai bentuk penghormatan, dibuatlah sebuah museum bernama Mevlana Museum yang menyimpan berbagai karya Rumi. Tak hanya berupa peninggalan, makam Rumi dan beberapa keturunannya juga disemayamkan disana.  Megahnya bangunan museum yang satu ini akan membuat anda berdecak kagum, jadi jangan lupa sempatkan mampir bila berkunjung ke Turki.

Gunung Nemrut

 

Gunung Nemrut atau dalam bahasa lokal Turki disebut Nemrut Dagi adalah areal pekuburan kerajaan Commagene dengan ketinggian 2.150 meter. Di atas gunung tersebut, terdapat kuburan Raja Antiochus yakni pemimpin kerajaan Commagene yang dikelilingi beberapa patung ukuran raksasa. Ia menginginkan agar rakyatnya terus memujanya meski telah meninggal.

Kini yang tersisa adalah kepala patung- patung yang terpisah dari badannya. Jangan salah, ukuran kepalanya saja tingginya bisa mencapai tinggi orang dewasa. Meski begitu, hal tersebut lah yang justru menambah kesan seram tersendiri.  

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *