5 Desa Terindah di Korea Selatan Untuk Liburan Rame – rame

Liburan ke Korea Selatan, bukan hanya terpikat pada wisata belanja tas atau sepatu branded. Tetapi, kebudayaan yang legendaris juga patut dikunjungi. Meski menjadi raksasa dan macan ekonomi Asia yang berusaha menancapkan kuku di persaingan bisnis dunia, Korea Selatan ternyata masih menjunjung tinggi kebudayaan lokal.

Ini terlihat dari berbagai jenis Hanok atau desa tradisional yang tetap dipertahankan, bahkan sengaja dilestarikan hingga masa sekarang masih bisa dilihat oleh anak – cucu.

Tak jarang, desa – desa tradisional ini sudah berumur ratusan abad, setia memakai atap jerami dan terbuat dari bahan – bahan kayu yang diambil dari hutan setempat.

Tidak ingin menjadi kacang yang lupa dengan kulit, warga atau penduduk lokal di Hanok tersebut pun rela menjalani kehidupan yang bersahaja dengan segala aturan tradisi yang berlaku.

Menciptakan sebuah keharmonisan antara masyarakat, alam, dan kebudayaan yang menentramkan para traveller yang berkunjung.

Seperti apa keindahan Hanok atau desa tradisional di Korea Selatan? Sudah tak sabar, yuk kita telusuri satu per satu…

Yangdong Folk Village Korea

Berada di distrik Gangdong-myeon, desa mungil yang terpencil di atas gunung Seolchan ini dibangun sesuai dengan kontur pegunungan yang tidak rata. Keindahannya tentu tak terbendung lagi. Bahkan, pada 2010 ditetapkan sebagai situs warisan budaya oleh UNESCO.

Hingga kini penduduk asli masih mendiami dan hidup sejahtera dengan aneka perkebunan sayur yang subur. Tercatat ada sekitar 160 rumah adat Yangdong terbuat dari jerami dengan arsitektur yang rumit agar tahan terpaan cuaca.

Baca juga: Kota Lembang Punya 4 Destinasi Wajib Dikunjungi, Ini Daftarnya

Songeup Folklore Village

Desa kecil yang kini disulap menjadi sebuah museum sekaligus perkampungan penduduk asli Jeju ini memiliki daya tarik yang luar biasa. Pulau Jeju yang indah memiliki sejumlah panorama yang mengesankan. Pembangunan museum dirancang untuk menjadi pusat kebudayaan pulau Jeju. Dalam kompleks seluas 150 ribu meter persegi terdiri dari  rumah – rumah adat Korea Selatan baik yang asli maupun dibuat mirip seperti aslinya.

Korean Folk Village

Desa yang ada di kota Yangin, Gyeonggi ini sengaja dijadikan museum terbesar dengan warga lokal yang mendiami seluruh kompleks. Ibaratnya, seluruh desa adalah museum tersebut. Maka, tidak heran jika kehidupan di Korean Folk Village bak kembali ke era Korea tempo dulu ketika dikuasai zaman dinasti.

Rumah tradisional banyak dijumpai di sisi jalanan berbatu yang cukup lebar. Di desa ini juga ada museum, restoran, pasar tradisional, serta aneka kegiatan tour wisata yang atraktif.

Namsangol Hanok Village

Tepat berada di kota Seoul, Namsangol Hanok Village dahulu sengaja dibangun oleh kerajaan Dinasi Joseon sebagai tempat bersantai di musim panas. Oleh karenanya, pemandangan di desa ini begitu mempesona. Bahkan, konon inilah lokasi yang paling indah di kota Seoul. Rumah – rumah tradisional masih asli seperti bentuk pertama, hanya mendapat sentuhan pemugaran di bagian yang telah lapuk. Termasuk mansion – mansion yang dahulu diperuntukkan bagi bangsawan dan pejabatmengalir tepat di sisi sungai dengan aliran air yang deras.

Buckchon Hanok Village Korea

Sesuai namanya, desa yang berada di distrik Bukchon, dekat Istana Gyeok-bokgung dan kuil jongmyo Royal Shrine ini masih menyuguhkan konsep rumah tradisional Korea yang legendaris dan sering tampil di serial TV drama Korea. Desa atau dikenal dengan sebutan Hanok Bukchon sengaja dipertahankan seperti masa dinasti Joseon. Meliputi pemukiman untuk tempat tinggal para pejabat kerajaan dari berbagai strata. Ibaratnya, pada masa dahulu, Hanok ini adalah perumahan elite para pejabat.

Desa Buckchon dihiasi atmosfer yang sangat tradisional. Jalanan dan gang sempit berliku, menanjak, terkadang curam. Rumah – rumah “gedongan” berpagar tinggi seolah menjadi saksi bisu tentang kejayaan dinasti Joseon pada masanya.

Karena keindahan dan ciri khas ini, Buckchon kerap menjadi latar setting film dan serial TV drama Korea. Salah satunya Personal Taste, yang dibintangi Lee Min Ho. Rumah tradisional berbentuk U dikeliligni kamar tertutup dengan konsep terbuka di bagian tengah. Sehingga penghuni rumah bisa bersantai sembari menatap alam yang asri ketika duduk – duduk ataupun makan bersama.

***

Liburan semakin menyenangkan bersama fasilitas agen teravel wisata Jari Adventure. Cek situsnya untuk mendapatkan info promo lengkap dan contact person.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *