5 Aturan di Danau Kakaban yang Wajib Diketahui Turis

Anda ingin melihat ubur-ubur seperti di kartun SpongeBob? Tidak perlu jauh-jauh ke Bikini Bottom looh. Di Indonesia ada danau yang menjadi habitat dari ubur-ubur ini namanya adalah Danau Kakaban. Danau ini berada di Pulau Kakaban, Kalimantan Timur yang letaknya di tengah-tengah gugus kepulauan atau terpisah dengan Pulau Kalimantan.

Danau dengan air payau ini menjadi salah satu dari dua lokasi di dunia yang memiliki keunikan berupa danau dengan ubur-ubur yang tidak menyengat. Berikut akan dijelaskan mengenai danau yang unik ini.

Sejarah Danau Kakaban

Danau Kakaban tebentuk dari air laut yang terperangkap di Pulau Kakaban, ditambah dengan air dari dalam tanah dan air hujan sejak 2 juta tahun lalu. Pulau Kakaban merupakan danau prasejarah yaitu zaman peralihan Holosin. Telaga dengan luas lima kilo meter persegi ini memiliki dinding karang yang terjal setinggi 50 meter. Dinding ini mengakibatkan air lau terperangkap di dalamnya sehingga tidak bisa keluar lagi dan menjadi danau.

Ubur-Ubur yang Berevolusi

Danau ini memiliki empat jenis ubur-ubur, yaitu Aurelia aurita, Tripedalia crysphora, Mastigias Papua, dan Cassiopeia ornata. Uniknya ubur-ubur di sini tidak ada yang menyengat, sehingga aman untuk Anda menyelam di dalam danau.

Karena keterbatasan makanan, ubur-ubur di sini beradaptasi dengan melakukan simbiosis mutualisme dengan algae. Simbiosis yang dilakukan yaitu ubur-ubur menempatkan algae pada kakinya untuk membantu algae mndapatkan sinar matahari untuk fotosintesis. Ini menyebabkan ubur-ubur berperilaku aneh dengan jalan terbalik, kaki di atas dan kepala di bawah.

Di pinggir danau tumbuh juga hutan bakau yang dihuni oleh kepiting, teripang, dan ular laut. Banyak sekali jenis-jenis hewan yang belum teridentifikasi di danau ini. Dr. Thomas Tomcik seorang ahli kelautan mengatakan Pulau Kakaban adalah surga kekayaan biologi yang ada di Indonesia.

Baca juga:

6 Tempat Wisata Keren di NTT yang Bikin Kamu Tidur Tersenyum Sepulang Liburan

 

Fasilitas dan Akomodasi

Untuk mencapai Pulau Kakaban, Anda dapat naik speedboat berkapasitas 15 orang dari Derawan, Maratua, atau Sangalaki. Dibutuhkan waktu sekira 45 menit dari Derawan, 30 menit dari Maratua, dan 20 menit dari Sangalaki. Biaya sewa speedboat adalah kurang lebih Rp500.000,- hingga Rp1.000.000,- yang dapat digunakan untuk mengunjungi ketiga pulau tersebut dalam waktu sehari.

Untuk masuk ke Danau Kakaban Anda harus membayar sebesar Rp20.000,- per orangnya. Bagi Anda yang ingin snorkeling dan membawa alat sendiri tetap dikenakan biaya sebesar Rp20.000,-. Di Pulau Kakaban tidak tersedia fasilitas untuk menginap, Anda bisa menginap di sekitar Pantai Derawan dengan harga mulai Rp50.000,- hingga Rp400.000,- per malam.

Aturan “2U” dan “3J”

Aturan ini harus Anda patuhi ketika berkunjung ke Pulau Kakaban. 2U dan 3J yang dimaksud, antara lain :

  1. Usahakan berenang lebih dahulu di Danau Kakaban baru kemudian di pantai dan lautan. Karena, plankton, larva hewan laut dan lain-lainnya, dapat terbawa ke danau. Kalau hal ini terjadi, maka hewan-hewan laut tadi dapat menjadi pesaing hidup bagi keberlangsungan hidup ubur-ubur di danau.
  2. Usahakan membawa kembali sampah ke tempat pembuangan sampah di daerah asal, atau di tempat-tempat sampah yang sudah disediakan.
  3. Jangan menangkap atau membawa ubur-ubur ke luar habitatnya, karena habitat asli ubur-ubur adalah di Danau Kakaban. Memindahkan mereka sama dengan mengusir ubur-ubur dari rumahnya sendiri.
  4. Jangan memakai tabir surya sewaktu berenang di Danau Kakaban, karena bahan kimia yang ada di tabir surya akan mencemari perairan danau dan membahayakan kehidupan ubur-ubur.
  5. Jangan membuang sampah di Pulau Kakaban karena akan mencemari keaslian dan keunikan Pulau Kakaban.

Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Itu adalah peribahasa yang harus kita pegang teguh saat berada di wilayah orang. Kita harus menjunjung tinggi adat yang berlaku di tempat yang kita tinggali. Jangan sampai kita dicap sebagai turis yang tidak menaati aturan. Selamat berlibur ke Danau Kakaban dari Jari Adventure, tour and travel..

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.