Empat Referensi Obyek Wisata di Yogyakarta

Obyek wisata di Yogyakarta, mungkin menjadi keyword tertinggi yang diminati para petualang rekreasi di Google. Maklum saja, sejak dahulu, Yogyakarta adalah tempat wisata favorit bagi para pelancong di tanah air setelah pulau dewata.

Biasanya banyak wisatawan yang meminta biro agen travel wisata untuk diberangkatkan liburan ke Yogyakarta.

Apa yang terlintas saat mendengar kata Yogyakarta? Biasanya, Malioboro, Pantai Parangtritis, Borobudur serta Keraton adalah beberapa spot wisata yang paling populer.

Tapi, jangan salah, kota Gudeg masih menyimpan banyak kejutan wisata yang tidak kalah menarik. Beberapa di antaranya bahkan belum terlalu populer karena masih baru saja ditemukan.

Agar tidak bosan berkunjung ke tempat-tempat yang sama di kala liburan ke Yogyakarta. Yuk, sekarang kita segera telusuri apa saja Obyek wisata di Yogyakarta?

Curug Banyunibo

Curug atau air terjun di Yogyakarta mungkin sudah banyak, tapi yang terbaru dan dirintis menjadi salah satu destinasi wisata adalah Curug Banyunibo yang berada di Desa Sendangsari, Pajangan, Kab. Bantul, Yogyakarta.

Apabila di daerah lain air terjun akan meluncur langsung dari ketinggian berpuluh meter, maka Curug Banyunibo berbeda. Air terjun mengikuti gravitasi dan meluncur di permukaan lereng yang sangat curam. Obyek wisata di Yogyakarta ini boleh menjadi sasaran liburan Anda selanjutnya.

The Ambarrukmo

Ada 3 spot wisata yang berkolaborasi dalam satu lokasi ini. The Ambarrukmo bisa menjadi salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang cocok bagi para pelancong tidak ingin capek-capek pergi dari satu daerah ke daerah lain hanya untuk berwisata.

Dalam satu lokasi The Ambarrukmo, Anda sudah bisa menelusuri keindahan suasana hotel berkelas yang bernuansa Keraton, restoran dan juga pusat perbelanjaan bergengsi di Yogyakarta.

Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Plaza Ambarrukmo, kemudian Pesanggrahan Ambarrukmo, bersatu menjadi The Ambarrukmo siap menyambut kedatangan para pengunjung ke negeri Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Semua hotel dan propertinya dimiliki oleh sang raja dan dikelola langsung oleh tangan-tangan profesional demi menjaga peninggalan sejarah Yogyakarta tetap lestari sekaligus dimanfaatkan untuk kepentingan Yogyakarta.

Menjadi sebuah Obyek wisata di Yogyakarta dengan fasilitas yang mewah, di dalam interior hotel dan pesanggrahan para pengunjung akan disuguhi deretan potret raja-raja Mataram dan keluarganya yang terpajang rapi di dinding.

 

Baca Juga : Travel Wisata Yogyakarta – 7 Spot Wajib Dikunjungi

 

Pantai Kuwaru

Wisata pantai ke Yogyakarta, pasti yang terlintas adalah Pantai Parangtritis. Untuk Obyek wisata terbaru di Yogyakarta, masih ada Pantai Kuwaru lho.

Untuk alternatif wisata pantai di Yogyakarta yang lebih tenang, silakan Anda melipir ke Pantai Kuwaru.

Letaknya berada di Kabupaten Bantul, masih satu daerah dengan Pantai Parangtritis.

Hanya saja, jika Pantai Parangtritis berpasir hitam, Pantai Kuwaru cenderung berpasir putih dengan suasana yang relatif lebih damai dan sepi.

Fasilitas umum juga sudah tersedia bagi kenyamanan pengunjung, seperti toilet, musola, tempat makan dan penginapan.

Atraksi wisata di Pantai Kuwaru, masih berkisar di sekitar bibir pantai seperti berenang, wisata perahu, atau sekedar mencari kerang untuk cinderamata.

Di dekat lokasi juga sudah banyak para pedagang makanan atau oleh-oleh untuk tempat beristirahat dan wisata belanja para pengunjung Pantai Kuwaru.

Air Terjun Sidoharjo

Namanya juga masih sedikit asing karena Obyek wisata di Yogyakarta ini masih baru saja dirintis.

Berada di daerah Kulonprogo, para pengunjung yang ingin menikmati segarnya hawa pegunungan serta suara gemuruh air terjun di lingkungan yang asri, boleh segera berlibur ke Air Terjun Sidoharjo.

Untuk pengunjung yang berasal dari perkotaan, Air Terjun Sidoharjo menawarkan rekreasi otak dan mata yang sangat menenangkan.

Hawa yang segar ditambah udara sejuk, indera pendengaran dan penglihatan dimanjakan dengan pesona air terjun yang meluncur dari atas ketinggian 75 meter.

Batu-batu cadas yang menghiasi di bawah air terjun seakan menambah kesan bahwa air terjun ini masih perawan dan belum tersentuh oleh para pengelola obyek wisata yang profesional.

Ke depannya, para wisatawan berharap agar obyek wisata terbaru di Yogyakarta juga mendapat perhatian yang lebih baik dari pihak pengelola atau pemerintah.

Kalau, obyek wisata di Yogyakarta juga mendapat penanganan yang baik, maka keuntungan atau pendapatan dari hasil wisata juga akan kembali ke kas kota Yogyakarta agar bisa  dimanfaatkan bagi seluruh rakyat Yogyakarta.

Jadi, baik pengunjung maupun kota Yogyakarta sendiri akan sama-sama diuntungkan.

Itu dia beberapa daftar Obyek wisata di Yogyakarta yang bisa Anda jadikan referensi untuk rencana liburan berikutnya. Mudah-mudahan saja, Obyek wisata di Yogyakarta akan kian bertambah dari tahun ke tahun agar para pengunjung semakin betah dan meningkat.

Tunggu apalagi, sudahkah Anda berlibur ke Yogyakarta? Yuk, rencanakan liburan sekarang! Kami siap membantu perjalanan wisata Anda. (Jari Adventure-Det-foto media-cdn.tripadvisor.com)

 

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.