4 Petualangan Mendebarkan Bersama Satwa Liar di Indonesia

 

Bayangkan diri Anda berada di tengah hutan belantara, melihat pepohonan rimbun yang berdiri tegak. Dedaunan berdesir lembut dan angin bertiup menerpa wajah. Ketika mulai menjelajahi jauh ke dalam hutan, Anda mendengar makhluk-makhluk eksotis berkeliaran.

Jantung Anda tentu akan memompa dengan antusias. Kaki melangkah maju, memulai petualangan di antara satwa liar.

Kedengarannya seperti adegan sebuah film, bukan? Kabar baiknya situasi tersebut nyata, dan bisa Anda alami langsung di Indonesia!

Diberkati dengan hutan hujan tropis, negara ini membanggakan alam dan makhluknya yang luar biasa. Bahkan, banyak tumbuhan dan hewan yang hanya bisa ditemukan di Bumi Pertiwi.

Berikut daftar petualangan seru yang mendebarkan dalam rangka mengunjungi satwa liar seperti di habitat asalnya.

 

  1. Melihat Gajah Sumatera di Taman Nasional Way Kambas, Lampung

Rencanakan perjalanan Anda untuk mengunjungi Taman Nasional Way Kambas agar berkesempatan mengamati Gajah Sumatera yang terancam punah di habitatnya. Mamalia besar ini berdiri dengan tinggi sekitar 2 meter dan berat 5 ton.

Berkeliaran di sekitar hutan tropis berdaun lebar dan lembab, pemakan aneka jenis tanaman, bahkan menaburkan benih ke mana pun mereka pergi. Hal tersebut membuat Gajah Sumatera berkontribusi terhadap ekosistem hutan yang sehat.

Anda dapat mengamati spesies eksotis ini dan gajah lainnya di Taman Nasional Way Kambas di Lampung, yang dikenal sebagai Pusat Pelatihan Gajah. Cukup mengasyikkan, bukan?

 

  1. Mengamati Rafflesia Arnoldii di Taman Nasional Kerinci Seblat, Sumatera Barat

Ukurannya besar dan warnanya cerah mencolok, Rafflesia arnoldii patut Anda amati langsung minimal sekaliseumur hidup. Sebagai bunga terbesar yang tercatat dengan lebar 105 cm dan berat sekitar 11 kg, spesies ini bukan sembarang tanaman.

Satu fakta unik tentang flora ini adalah baunya yang super busuk hingga bisa membuat Anda mual. Tidak seperti penyerbukan pada spesies lain, Rafflesia arnoldii menarik lalat menggunakan aroma yang sangat bau.

Jika tertarik mengamatinya secara langsung, Anda dapat berkunjung ke Taman Nasional Kerinci Seblat, Sumatera Barat. Saat berada di sana, wisatawan dimungkinkan pula untuk menyaksikan Harimau Sumatera, serta lanskap menakjubkan yang ditawarkan taman nasional.

Tak boleh ketinggalan, pastikan juga Anda mampir ke warisan hutan hujan tropis di Padang, Sumatera Barat. Pulau satu ini memang menyimpan banyak kekayaan alam milik Bumi Pertiwi, di mana salah satunya adalah jajaran bukit barisan.

 

baca juga:

Taman Nasional Gunung Merbabu, Riset Dulu Sebelum Muncak!

 

  1. Mengintip Aksi Monyet Hidung Panjang di Taman Nasional Sebangau, Kalimantan Tengah

Bagi hewan lain, memilih tempat yang bagus untuk beristirahat itu sederhana. Namun di hutan rawa gambut, monyet berhidung panjang berayun melalui pepohonan demi menemukan tempat tidur yang aman di malam hari. Hidup mereka mungkin bergantung padanya.

Di alam liar, monyet berhidung panjang atau bekantan ini berusaha untuk menjauhkan diri dari jangkauan pemangsa yang mungkin mengintai di malam hari.

Memiliki penampilan tidak biasa, dengan hidung panjang mencapai wajah mereka. Bekantan mungkin terlihat lemah, tapi jangan tertipu. Proporsi lengan yang kuat memungkinkan mereka berayun dari cabang ke cabang.

Makhluk herbivora ini dapat ditemukan di Taman Nasional Sebangau, Kalimantan Tengah. Di sana, pengunjung bisa mencoba berpetualang ke Bukit Bulan, di mana Anda akan melihat Sungai Bulan. Raih kesempatan menyaksikan pemandangan yang spektakuler.

 

  1. Menyaksikan Pesona Merak Hijau Jawa di Taman Nasional Baluran, Jawa Timur

Ingin melihat seekor burung dengan warna-warna cerah yang mencolok? Itulah Merak Hijau Jawa! Spesies endemik pulau Jawa, yang dapat dilihat di hutan belantara terbuka Taman Nasional Baluran, Jawa Timur.

Habitatnya di sabana, Merak Hijau bisa terbang dalam jarak pendek saat melarikan diri dari pemangsa atau mencari makan. Burung eksotis yang memiliki ekor berwarna cerah dengan bitnik seperti mata, dikenal juga sebagai ocellus hias.

Saat berada di Taman Nasional Baluran, Anda juga punya kesempatan menjelajahi dataran rendah dan hutan bakaunya. Kunjungi hewan yang lain seperti macan tutul, kucing bakau, kancil, dan masih banyak lagi.

Semua keseruan di atas bisa dirasakan di berbagai provinsi di Indonesia. Jangan sampai terlewat, segera rencanakan liburan akhir tahun Anda.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.